JAKARTA – Motul merupakan merek pelumas premium asal Perancis yang dijual di Indonesia sejak 1990 silam. Produk-produknya acapkali dipakai pengguna kendaraan yang tak hanya mementingkan perawatan saja, tetapi juga soal performa jempolan. Tak heran, kalau penggunanya tersegmentasi pada kalangan menengah ke atas.
Dengan kesan produknya yang terbatas untuk kalangan atas, uniknya, baru-baru ini Motul Indonesia telah membukukan penjualan yang naik secara signifikan. Membuktikan bahwa konsumen saat ini lebih mengedepankan kualitas suatu produk pelumas, demi performa kendaraan lebih mumpuni.
“Maret 2024, pelumas Motul membukukan penjualan tertinggi sejak hadir di Indonesia. Trend kenaikan ini sudah terjadi sejak Maret 2023, dan memang siklus penjualan tertinggi terjadinya sebelum Lebaran,” ucap Bayu Kurniawan, Head of Marketing – Motul Indonesia Energy (MIE).
Ia menambahkan, “Komposisinya, produk yang paling banyak terjual adalah untuk jenis skutik seperti pelumas Motul Scooter Power LE dan Expert LE. Lalu, produk pelumas lain untuk sepedamotor berjenis sport seperti Motul 5100 juga banyak peminatnya. Sementara produk 300V yang belum lama hadir, penjualannya lebih sedikit, karena ditujukan untuk kebutuhan spesifik seperti balap.”
Penjualan yang tinggi, tentunya tak lepas dari berbagai strategi promosi penarik minat. Bayu mengatakan, saat ada perhelatan besar seperti World Superbike yang digelar di sirkuit Mandalika 2022 silam, menjadi ajang promosi bahwa pelumas Motul itu beragam jenisnya. Gayung bersambut, penjualan menjadi ngebut.
“Para pengguna Motul di Indonesia biasanya memiliki beberapa kendaraan, dan loyal. Jadi setelah mereka terbiasa menggunakan pelumas ini, mereka tidak akan beralih ke produk lain. Hal itu, yang akhirnya meningkatkan penjualan,” lanjutnya
Perusahaan ini memiliki strategi unik dalam berbisnis. Dengan mulusnya penjualan pelumas ini, sudah pasti biaya produksinya bisa ditekan. Namun, Motul tidak serta-merta menurunkan harga jual. Prinsip mereka, kelebihan profit akan diberikan lagi kepada konsumen dengan harapan, supaya produk-produknya lebih banyak yang menikmati.
“Motul sekarang sedang fokus kepada produk-produk di luar oli mesin. Kami menyediakan produk-produk esensial seperti di motor ada scooter gear, pelumas rantai, sampai minyak rem serta pelumas shock absorber, dan di mobil ada oli transmisi, termasuk cairan pendingin mesin. Kalau konsumen ke bengkel mau ganti oli mesin, bisa tebus produk esensial dengan harga lebih murah. Kami bundling semua dengan Motul karena kami yakin bagus untuk kendaraan,” tutup Bayu. ##