Jakarta — Mobil-mobil dengan ladder frame (chassis) masih menjadi favorit, di tengah serbuan mobil-mobil dengan chassis monocoque, di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Mobil dengan ladder frame (chassis) punya 2 keunggulan.
Ladder frame (sasis rangka tangga) adalah bentuk desain sasis kendaraan tertua. Chassis ini menampilkan dua batang panjang yang dihubungkan oleh beberapa batang melintang. Desain ini telah lama digunakan pada kendaraan-kendaraan yang membutuhkan daya tahan tinggi, seperti truk, SUV, dan mobil off-road.
Sementara konstruksi monocoque chassis mengintegrasikan casis dan tubuh kendaraan menjadi satu bagian, sehingga disebut unibody. Sasis monokok dirancang untuk melindungi ruang kabin dari benturan.
Salah satu mobil ladder frame yang beredar dan laku keras di Indonesia adalah Mitsubishi Pajero Sport. SUV 7-seater ini diluncurkan oleh Mitsubishi Motors di Indonesia pada tahun 2009, untuk pertama kalinya. Tahun lalu (2024), model ini mendapat sejumlah penyegaran.
Dengan grille depan hexagonal dan bumper depan serta belakang yang didesain ulang menjadikan penampilannya yang lebih tegas dan berkarakter. Desain baru untuk alloy wheel hingga 18-inch dengan pilihan monotone dan two-tone dan memberikan kesan tersendiri yang menambah daya tarik penampilan model ini.
Sisi interior Mitsubishi Pajero Sport ditingkatkan secara signifikan dengan tampilan sporty premium yang dirancang untuk kenyamanan optimal di semua kursi. Didesain untuk meningkatkan kenyamanan dan modernitas dengan synthetic leather disertai heat guard two-tone color yang memadukan warna elegan hitam dan burgundy.
Dilengkapi juga dengan dekorasi dark titanium di ornamen pintu, ventilasi AC, dan setir pengemudi. Tidak hanya itu, detail perubahan dilakukan pada setir multi fungsi, sunroof atau rear seat entertainment, 8-inch digital driver display, black ceiling, Dual Zone AC dengan nanoe X, wireless charger, serta detail lainnya.
Mitsubishi Pajero Sport dengan 2 pilihan mesin diesel
Pilihan pertama mesin berkode 4N15 yang dibawa oleh varian Dakar. Mesin ini memiliki kubikasi 2.442cc dengan turbo intercooler diesel Euro 4 dan konfigurasi 4-silinder. Tenaga yang dihasilkan mencapai 181 PS dengan torsi puncak 430 Nm. Spesifikasi ini memberikan akselerasi yang kuat dan responsif, ideal untuk medan offroad dan perjalanan jarak jauh.
Varian Dakar diperkaya dengan sistem bantuan pengemudian canggih Diamond Sense yang terdiri dari sejumlah fungsi: Adaptive Cruise Control (with Low-Speed Follow), Forward Collision Mitigation, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Warning, Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS), Multi Around View Monitor, Lane Change Assist, Auto High Beam, Auto Headlight, dan Tire Pressure Monitoring System.
Varian Exceed dan GLX menggendong mesin berkode 4D56 4-silinder 2.477cc turbodiesel intercooler. Mesin Euro 4 ini mengeluarkan tenaga 136 PS dengan torsi 324 Nm. Mesin ini dirancang untuk memberikan keseimbangan antara performa dan efisiensi bahan bakar, cocok untuk penggunaan sehari-hari.
Mitsubishi Motors mengklaim ladder frame Pajero Sport mempunyai banyak keunggulan, yakni:
- Tangguh di Medan Berat. Ladder frame dirancang untuk menahan beban berat dan tekanan dari jalanan ekstrim seperti berbatu, lumpur, dan tanjakan terjal. Struktur ini sangat ideal untuk kegiatan off-road
- Ground Clearance Tinggi. Ladder frame membuat mobil ini memiliki ground clearance yang tinggi, memungkinkan kendaraan untuk melewati medan yang tidak rata atau berat tanpa mudah menyentuh permukaan jalan
- Lebih Mudah Diperbaiki. Karena tubuh kendaraan dan rangka terpisah, kerusakan pada salah satunya tidak selalu berarti harus memperbaiki keseluruhan kendaraan. Ini membuat proses perbaikan lebih cepat dan biaya bisa lebih rendah
- Kenyamanan Redaman. Dengan body dan chassis terpisah dapat meredam getaran dengan lebih baik, sehingga vibrasi dari pergerakan suspensi tidak banyak tersalurkan ke kabin, memberikan kenyamanan lebih saat berkendara
- Tahan Puntir. Ladder frame memiliki kekuatan torsi yang tinggi, artinya lebih tahan terhadap puntiran saat kendaraan melintasi jalanan tidak rata. Ini sangat penting untuk menjaga kestabilan mobil di medan off-road
- Kemampuan Angkut Lebih Baik. SUV-SUV dengan ladder frame seperti Pajero Sport umumnya punya kapasitas angkut dan tarik yang lebih tinggi. Cocok untuk membawa barang berat, menarik trailer, atau bahkan digunakan untuk keperluan ekspedisi
- Performa Off-Road Lebih Unggul. Pajero Sport dipadukan dengan sistem penggerak 4×4 canggih. Jika digabungkan dengan ladder frame, hasilnya adalah performa off-road yang sangat mumpuni, siap menaklukkan berbagai kondisi jalan.
“Mengenai Pajero Sport, orang-orang selalu mempertanyakan mengenai kenyamanan ladder frame. Hebatnya dari Pajero Sport adalah bersaudara dengan Triton. Jadi sebenarnya struktur sasis yang dibikin itu, strukturnya sekuat Triton. Sehingga Pajero Sport diajak ke mana saja, tidak perlu diragukan. Nah, yang seru Pajero Sport 4×2 banyak terjual. Artinya, sebenarnya mobil ini dengan ladder frame itu overspec. Jadi tidak perlu khawatir untuk perawatan dan lain-lain, karena ini udah pasti kuat banget,” kata Rifat Sungkar, brand ambassador Mitsubishi Motors Indonesia. ##
Daftar Harga Mitsubishi Pajero Sport on-the-road Jakarta (per Oktober 2025):
- Exceed M/T 4×2 Rp607.150.000
- Exceed A/T 4×2 Rp593.000.000
- Dakar A/T 4×2 Rp665.300.000
- Dakar Ultimate 4×2 Rp718.450.000
- Dakar Ultimate 4×4 Rp779.650.000
















