JAKARTA — Busi berperan sangat besar dalam proses pembakaran mesin bensin. Komponen ini berfungsi menghasilkan bunga api ketika proses pengapian.
Mengingat pentingnya peran komponen ini membuat para pemilik mobil atau motor dilarang memilih busi sembarangan. Busi berkualitas tentunya yang harus dipilih, namun di pasaran banyak pilihan. Salah satu rekomendasi adalah NGK.
NGK memiliki keunggulan di mana dapat dilihat melalui varian/tipe, mulai dari Nickel hingga MotoDX dengan keunggulan pada bahanlnya. Namun apabila dibedah lebih dalam, NGK menghadirkan lebih banyak perbedaan pada struktur busi dan proses manufaktur serta komponen yang berasal langsung dari Jepang.
Diko Oktaviano sebagai Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia menjelaskan, “Pada proses manufaktur kami menggunakan serbuk khusus (sealing powder) yang berfungsi sebagai penguat struktur bentuk busi serta menahan kebocoran gas yang muncul dari ruang bakar.”
Selain menggunakan serbuk khusus, proses merapatkan metal shell pada busi NGK juga menggunakan proses cold caulking dan disertai dengan Insulator yang dibuat di Jepang. Banyaknya komponen impor membuat salah satu alasan harga busi NGK lebih mahal dibanding para kompetitor, namun di sisi lain keunggulan dia memberikan jaminan kualitas seperti struktur dengan bahan khusus yang membuat busi lebih padat, komponen dan proses manufaktur dengan standar kualitas Jepang.
Jika membandingkannya dengan busi kompetitor ataupun NGK imitasi yang beredar di pasaran, maka NGK menggunakan Sealing Powder khusus yang tidak dimiliki oleh kompetitor sehingga memmengaruhi kualitas, khususnya dalam hal durabilitas. Selain itu keunggulan lainnya terdapat pada insulator yang dibuat di Jepang dengan standar manufaktur ketat.
Pada busi imitasi, banyak ditemukan struktur busi serta proses pembuatan yang tidak layak manufaktur sehingga sangat mempengaruhi kinerja ruang bakar yang berpotensi bisa merusak mesin kendaraan. Dapat disimpulkan untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan seperti kerusakan pada mesin kendaraan, sebaiknya hindari menggunakan busi imitasi atau busi dengan struktur maupun komponen yang kurang baik agar performa kendaraan tetap prima.
Agar konsumen terhindar dari busi NGK palsu, Anda bisa lihat dengan mata telanjang di empat bagian, pertama tulisan NGK lebih pudar, ketrikan log number lebih kasar serta kombinasi huruf dan angka tidak beraturan. Pada bagian busi gasket terpisah dengan busi dan yang terakhir bentuk ground elektroda lebih kasar.
“Untuk menghindari pemalsuan busi NGK, Anda bisa membeli di bengkel atau toko yang sudah terafiliasi. Kami juga sudah memiliki official store di e-commerce Tokopedia da Shopee”, tutup Diko. ##