MIOVENI – Sejauh ini, mobil listrik masih dianggap sebagai mobil mahal. Namun, Dacia membuat mobil listrik murah.
Bahkan, brand di bawah payung Groupe Renault ini mengklaim bahwa Dacia Spring merupakan mobil listrik termurah di Eropa. Pemesanannya bisa dilakukan mulai 20 Maret 2021.
Di Prancis, harga Renault Spring dimulai € 12.403 atau setara dengan Rp 213 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk pemotongan pajak dari Pemerintah Prancis.
Mobil listrik murah ini memiliki daya jelajah 305 kilometer di dalam kota dan 230 kilometer kombinasi dalam-luar kota. SUV listrik kecil ini pun sanggup mengangkut 4 orang.
Ciri khas SUV terlihat pada lengkungan-roda (fender) lebar, roof rail, panel sill depan yang diperkuat, skid plate belakang, dan tinggi (151 mm saat kosong).
Dengan bahu lebar dan kap mesin yang membulat, all-new Dacia Spring terasa sekokoh tampilannya. Siluetnya yang meyakinkan memberi gambaran tegas tentang seberapa luas bagian dalamnya. Namun dia masih merupakan mobil kota dengan ukuran compact: panjang 3,73 m, lebar 1,58 m (tidak termasuk kaca spion) dan tinggi 1,51 m (saat kosong dan termasuk palang atap).
Bagasi belakang menyediakan kapasitas penyimpanan terbaik di kelasnya: 270 liter VDA (tidak termasuk boot bawah kompartemen untuk roda cadangan opsional) hingga 290 L. Statistik tersebut setara dengan mobil-mobil di segmen atasnya.
Kursi belakang dapat dilipat untuk menambah modularitas. Di bawah kapasitas pemuatan rak dengan demikian mencapai 620 liter.
Tersedia pada tipe-tipe tertentu, sistem multimedia Media Nav mencakup layar-sentuh 7 inci, navigasi, radio DAB, Apple CarPlay, dan smartphone berkabel yang kompatibel dengan Android Auto mirroring, Bluetooth, port USB, dan output tambahan. Aktivasi pengenalan suara (melalui smartphone) terletak di roda kemudi. Dengannya, Anda dapat mengaktifkan suara dan mengontrol iOS atau wizard Google pada Ponsel cerdas.
Pabrikan asal Rumania ini membekali mobil listrik murah Dacia Spring dengan motor listrik 33 kW atau setara dengan 44 HP dengan baterai 27,4 kWh. Beroperasi tanpa oli dan dengan komponen-komponen yang bergerak jauh lebih sedikit daripada pada mesin pembakaran internal (misalnya tanpa sabuk transmisi), motor listrik mobil sederhana, andal, dan kuat.
Pemilik mobil listrik murah ini butuh waktu 1,5 jam dari kondisi baterai kosong untuk mengisi baterai Li-ion hingga 100% dari terminal DC 30 kW. Sementara untuk mengisi hingga 80% butuh waktu kurang dari 1 jam di fasilitas yang sama.
Jika pemilik mobil listrik termurah di Eropa ini mengisi baterai di rumah 2,3 kW, maka butuh waktu kurang dari 14 jam hingga mencapai 100%.
Mobil listrik termurah ini menganut sejumlah fitur keselamatan pembatas kecepatan, ABS, ESC, distribusi pengereman elektronik (EBD), 6 kantong udara, lampu otomatis, dan pengereman darurat otomatis. Fitur yang terakhir aktif sedini mungkin pada 7 km/jam dan menggunakan radar yang dipasang di depan untuk mendeteksi jarak ke kendaraan di depan (baik itu stasioner atau bergerak). Jika terdeteksi risiko tabrakan, pengemudi diberi visual dan audio peringatan, maka sistem meningkatkan kinerja pengereman jika risiko masih ada saat pengemudi mengerem. Jika pengemudi tidak mengerem cukup atau sama sekali, sistem menambahkan tambahan atau penuh kekuatan untuk rem. ##