JAKARTA – Kalau kita berbicara mengenai mobil-mobil Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pasti kita akan mengenal mesin MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system). Mesin MIVEC pertama kali digunakan pada 1992 pada Mitsubishi Mirage, dan sejak itu Mitsubishi Motors telah menambahkan sejumlah perangkat tambahan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik.
Ini merupakan nama umum untuk semua mesin yang dilengkapi dengan mekanisme pengaturan valve-timing (waktu bukaan katup udara dalam mesin) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mesin secara otomatis. MMC telah lama berfokus pada teknologi untuk mengatur kinerja waktu (valve timing) dan besarnya bukaan katup udara dalam mesin (valve lift) dengan tujuan menghasilkan tenaga besar, konsumsi bahan bakar efisien, dan emisi gas buang yang rendah.
Mitsubishi Motors kemudian terus mengembangkan mesin MIVEC menjadi mesin all-new MIVEC yang mengendalikan intake valve timing (waktu bukaan katup udara masuk) dan besarnya valve lift pada waktu yang sama, sepanjang waktu.
Teknologi MIVEC juga disematkan pada mobil-mobil penumpang Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia saat ini XPANDER 4A91 MIVEC 1.5L DOHC 16 Valve (104PS/6,000rpm dan 141Nm/4,000rpm); OUTLANDER SPORT 4B11 16 Valve MIVEC DOHC berkapasitas 2,000 cc (150PS/ 6,000rpm dan 197 Nm) / 4,200rpm); ECLIPSE CROSS 4B40 DOHC MIVEC 1.5L Turbocharged (150PS / 5,500rpm dan 250 Nm / 2,000-3,500 rpm).
Tidak hanya model kendaraan penumpang yang berbahan bakar bensin saja yang dilengkapi dengan tekonologi mesin MIVEC, mobil diesel Mitsubishi Motors juga dibekali mesin dengan teknologi tersebut: PAJERO SPORT varian Dakar 4×4, Dakar Ultimate, dan Dakar 4×2 yang dihadirkan dengan mesin 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged and Intercooled. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga besar mencapai 181PS / 3,500rpm dan dilengkapi dengan teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) yang mampu mengoptimalkan kinerja turbin sehingga mesin semakin prima dan tangguh. Selain Pajero SPORT, New TRITON yang baru saja diluncurkan di Indonesia pada tahun 2019 lalu juga dibekali teknologi MIVEC dengan mesin 4N15 DI MIVEC DOHC 16 valve Direct Diesel Injection, Intercooled & Turbocharged untuk varian Ultimate dan juga Exceed. Dengan mesin ini, New TRITON mampu menghasilkan tenaga maksimum 181PS/3,500rpm dan torsi maksimum 430 Nm/2,500rpm, sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisis CO2.
Kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang baru saja diluncurkan pada Juli 2019 lalu, OUTLANDER PHEV juga dibekali mesin MIVEC yang melengkapi kecanggihan dan berbagai fitur yang dimilikinya. OUTLANDER PHEV hadir disematkan mesin 4B12 2.4L DOHC MIVEC 4 (empat) silinder dengan tenaga maksimum 128PS/4,500rpmdan torsi maksimum 199Nm/4,500rpm. Mesin ini direkomendasikan menggunakan bahan bakar bensin RON Min.95, disamping itu mobil ramah lingkungan ini juga menggunakan tenaga listrik sehingga bahan bakar bensin yang digunakan bukanlah sumber energi utama untuk menggerakan mesin.##