Jakarta – Beberapa waktu lalu kami berkesempatan memacu Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS (Toyota Safety Sense) mengelilingi Banten. Performa mesin turbo Toyota Raize menjadi salah satu faktor yang membuat kami sangat terkesan.
Mesin Toyota Raize tipe ini memiliki kapasitas bersih 998 cc dan dibulatkan menjadi 1.000 cc. Kode mesin ini adalah 1KR-VET yang belum pernah ada di model-model Toyota Indonesia.
Dapur pacu 1.000 cc dengan turbo ini berkonfigurasi 3-silinder segaris yang dikawal dengan sistem injeksi Electronic Fuel Injection khas Toyota. Dari mesin ini, tenaga yang bisa dihasilkan cukup besar. Bahkan menjadi paling besar di dalam mobil kelas 1.000 cc.
Toyota Raize 1.0 Turbo dapat merilis tenaga hingga 98 PS pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 14,3 Kg.m atau sekitar 140 PS.
Selain Toyota Raize bermesin 1.000 cc dengan turbo yang kami gunakan, Toyota Raize juga hadir dengan mesin berkapasitas 1.200 cc yang lebih ekonomis.
Tipe Toyota Raize 1.2 memiliki kode mesin WA-VE. Model mesin ini sendiri belum pernah ada di model-model Toyota Indonesia. Sebelumnya model yang hadir dengan mesin berkapasitas 1.200 cc antara lain adalah Toyota Calya dan Agya namun dengan kode mesin berbeda.
Dapur pacu 1.200 cc tanpa turbo ini berkonfigurasi tiga silinder segaris yang dikawal dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi Electronic Fuel Injection khas Toyota.
Dari mesin ini, tenaga yang bisa dihasilkan adalah 88 PS pada 6.000 Rpm dengan torsi tertingginya di angka 112 Nm atau 11,5 Kg.m. Raize 1.2 tersedia dalam pilihan transmisi manual dan berteknologi CVT. Tenaga yang diakomodir transmisi tersebut disalurkan ke dua roda depan.
Secara keseluruhan, kedua model mesin Toyota Raize yang dihadirkan memberikan sensasi yang menyenangkan saat dikendarai. Terlebih beragam fitur canggih dan juga fitur keselamatan yang turut dihadirkan memberikan nilai lebih bagi penggunanya. ##