Mandalika – PT Hyundai Motorsport Indonesia adakan IONIQ 5 N Mandalika Track Day di Sirkuit Mandalika, dengan mengajak awak media test drive merasakan langsung performa mobil listrik Hyundai IONIQ 5 N.
Tim redaksi Otobisnis.id beruntung, bisa menjadi bagian orang pertama yang merasakan langsung performa Hyundai IONIQ 5 N di Sirkuit Mandalika.
Kami diberikan kesempatan, untuk mencoba mengendarai dan menjajal berbagai fitur berteknologi canggih yang ada di IONIQ 5 N.
Seperti yang telah disebutkan oleh HMID, tiga pilar utama Hyundai N yang diwariskan ke Ioniq 5 N, yaitu Racetrack Capability, Corner Rascal, dan Everyday Sports Car. Hal itu berkaitan dengan fitur-fitur yang bisa dijajal saat di sirkuit Mandalika kali ini.
Trek lurus sepanjang 740 meter, bisa dimanfaatkan menggunakan N Launch Control. Fitur ini memberikan traksi maksimal, untuk start dengan cepat untuk memacu kecepatan IONIQ 5 N dari posisi diam dengan maksimal seperti menggunakan mobil balap profesional.
Fitur itu bisa juga dimaksimalkan dengan N Grin Boost untuk melaju lebih cepat di lintasan lurus. N Grin Boost memberikan dorongan instan dari motor listrik ganda IONIQ 5 N dengan meningkatkan output daya hingga 641 dk dan torsi 770 Nm selama 10 detik, sehingga kecepatan 0 ke 100 kpj bisa dicapai dalam waktu 3,4 detik.
Namun, klaim kecepatan maksimal di angka 260 kpj di trek lurus Mandalika, test driver sempat mencatatkan 210 kpj sebelum mencapai braking point menuju tikungan pertama.
Sirkuit Mandalika sendiri memiliki total 17 belokan yang bervariasi, baik itu tikungan tajam maupun high speed corner.
Saat melewati high speed corner, pengemudi juga dimanjakan dengan N Pedal yang memberikan turn-in instan dan meningkatkan sensitivitas throttle dengan cara meningkatkan regenerative braking untuk menciptakan transfer bobot secara lebih dinamis.
N Torque Distribution juga untuk mendapatkan handling kendaraan yang lebih presisi terhadap berbagai situasi tikungan.
Fitur ini memungkinkan pengemudi menyesuaikan distribusi torsi di bagian depan dan belakang cukup dengan mengatur slider di layar head unit.
N Torque Distribution, terinspirasi dari mobil-mobil WRC untuk beradaptasi di berbagai karakter tikungan.
Menghadapi tikungan 10 yang terkenal tajam, Sobat tetap bisa melakukan ‘seperti’ perpindahan gigi menggunakan fitur N e-Shift.
Jadi, kami bisa berbelok dengan lebih nyaman berkat deselerasi. Fitur ini pun akan bermanfaat bagi pemilik IONIQ 5 N saat harus mengurangi kecepatan di tol ataupun melalui tikungan tajam di perkotaan.
Tak hanya itu, fitur N Active Sound+ menyediakan tiga mode suara yang bisa dipilih, yaitu ignition, evolution, dan supersonic. Jadi, pengemudi dapat merasakan sensasi suara deru knalpot serupa mesin ICE selama berkendara dengan mode suara Ignition, atau menggunakan mode Evolution yang terinspirasi dari N 2025 Vision Gran Turismo serta mode Supersonic yang karakternya diklaim mirip dengan suara pesawat jet tempur.
Efek suara ini pun berguna saat berkendara di tengah kota untuk menjaga pengguna jalan lain aware dengan keberadaan kita, mengingat kendaraan listrik terkenal dengan suaranya yang senyap.
N Battery Pre-Conditioning juga bisa mengoptimalkan daya baterai sesuai kebutuhan. Ada dua mode yang tersedia, yaitu Drag untuk mengutamakan performa dan Track untuk mengutamakan efisiensi.
Pada kegiatan test drive di Hyundai IONIQ 5 N Mandalika Track Day ini, kami diberikan beberapa kali kesempatan untuk melakukan putaran di Sirkuit Mandalika.
Tak hanya itu, kami juga diberikan kesempatan untuk duduk di kursi penumpang depan belakang sementara mobil dikemudikan oleh pembalap profesional.