TANGERANG – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) meluncurkan Mazda CX-3 Kuro dan Mazda CX-60 Sport di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Dua varian baru tersebut akan menambah lengkap jajaran produk pabrikan Jepang ini, sekaligus menambah pilihan baru bagi konsumen akan kendaraan SUV premium.
“Kami bangga memperkenalkan penyegaran dari dua model andalan. Mazda CX-3 Kuro dan Pro AutoExe, compact SUV yang telah menjadi satu backbone penjualan kami sepanjang taun 2023 dan 2024, dikenal dengan SUV stylish yang fun to drive. Sementara Mazda CX-60 Sport, large premium SUV yang dapat sambutan luar biasa, kini tampil lebih fresh dan fitur yang paling melekat ke konsumen dengan tetap mempertahankan khas berkendara Mazda,” Kata Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia.
Mazda CX-3 Kuro dan Pro AutoExe
Sejak diluncurkan di Indonesia pada 2017 silam, Mazda CX-3 menjadi SUV berukuran kompak terfavorit Mazda. Total penjualannya mencapai 1.277 unit sepanjang 2024, menjadikannya sebagai lini produk paling laris. Demi mengapresiasi pelanggan, Mazda CX-3 Kuro Edition dan Pro AutoExe diluncurkan. Kedua varian ini, tampil lebih sporty, dengan meningkatkan rasa berkendara yang semakin fun-to-drive.
Untuk mengenali edisi terbaru ini, terdapat ciri khas berupa penyematan desain honeycomb front grille terbaru, yang memperkuat tampilan eksterior dengan nuansa modern dan dinamis. Di dalam kabinnya, pelanggan akan dimanjakan dengan sistem audio premium hasil kolaborasi Mazda dengan JBL.
Memiliki pembaharuan pada sisi eksterior dan interior, nyatanya baik Mazda CX-3 Kuro Edition dan Pro AutoExe sama-sama ditenagai oleh mesin SKYACTIV-G kompresi tinggi, bertransmisi otomatis 6-percepatan SKYACTIV-DRIVE, serta dibekali fitur i-Stop untuk efisiensi bahan bakar. Meski begitu, keduanya varian memiliki perbedaan kubikasi mesin, 1.5 liter untuk Kuro Edition, dan Pro AutoExe berkubikasi mesin 2.0 liter.
Lebih lanjut, pada Mazda CX-3 Pro AutoExe dibekali aksesoris orisinil dan sukucadang performa berupa strut bar, floor cross bar, lower arm bar, air filter, dan premier muffler untuk meningkatkan pengalaman berkendara. Sementara penyematan wheel nut, sport pedal set, ball-shape shift knob, serta sport steering wheel supaya menambah kuat karakter sporty mobil ini.
Dikenalkan di GIIAS 2025, Mazda CX-3 Kuro Edition ditawarkan secara OTR Jakarta seharga Rp. 417,7 juta, dan Rp 565,5 juta untuk CX-3 Pro AutoExe. Keduanya tersedia secara bertahap di jaringan dealer resmi Mazda di seluruh Indonesia.
Mazda CX-60 Sport dan Pro
Selain CX-3 yang menjuarai penjualan di segmen compact SUV, jagoan lain Mazda Indonesia di Tanah Air adalah Mazda CX-60. Model ini membukukan total penjualan sebanyak 278 unit sepanjang 2024. Menjadikannya sebagai posisi teratas pada kategori segmen large SUV Mazda.
Memperkuat posisinya, Mazda CX-60 kini hadir dalam dua edisi terbaru, Sport Edition dan Pro Edition. Kedua model dirancang untuk menjawab kebutuhan mobilitas urban dengan karakter berbeda, namun saling melengkapi demi menyesuaikan gaya hidup, serta preferensi, dan price point konsumen masa kini.
Mazda CX-60 Pro menawarkan tampilan maskulin dan performa bertenaga, pilihan ideal bagi mereka yang menyukai tantangan. Didukung oleh sistem i-ACTIV All Wheel Drive, yang mampu mendukung stabilitas dan manuver optimal kendaraan, bahkan dalam kecepatan tinggi.
Sementara itu, Mazda CX-60 Sport ditujukan bagi gaya hidup yang aktif, menawarkan efisiensi berkendara yang cerdas sebagai sebuah nilai tambah, serta kenyamanan. Varian terbaru ini menjadi pilihan strategis bagi konsumen yang menginginkan CX-60 dengan price point yang lebih kompetitif, tanpa mengorbankan rasa berkendara premium khas perusahaan.
Meski memiliki perbedaan, namun keduanya hadir dengan desain modern yang mencerminkan identitas kuat CX-60 sebagai “The Noble Toughness” di jajaran SUV pabrikan. Semua itu, dibuktikan dengan penyematan bar-type front grille, chrome signature wing, serta aksen matte black pada side signature, window line, dan cladding.
Di dalam kabin, Mazda CX-60 dilengkapi dengan media display berukuran 12.3 inci, Wireless Apple CarPlay dan Android Auto, serta wireless charger. Konsumen pun akan dimanjakan dengan sistem audio BOSE 12-speaker, demi menghadirkan kualitas suara yang imersif dan memukau.
Urusan performa, baik CX-60 Sport maupun varian Pro mengusung mesin SKYACTIV-G 2.5L. keluaran tenaga mesin akan diatur oleh sistem transmisi otomatis 8-percepatan tanpa torque converter, sehingga menghasilkan performa yang halus dan responsif.
Dipasarkan secara OTR Jakarta, Mazda CX-60 Sport diniagakan seharga Rp. 699 juta dan untuk varian Pro ditawarkan seharga Rp. 818,8 juta. Sama seperti CX-3, kedua large SUV ini akan tersedia secara bertahap di jaringan dealer resmi Mazda di Indonesia. ##