Tokyo – Lexus UX 300e sebagai pilihan terbaik kendaraan listrik sudah mendapat pembaruan, sebagai bagian dari keinginan dan kebutuhan konsumen. Yup, mobil berbasis Battery Electric Vehicle (BEV) sesuai dengan visi elektrifikasi “Lexus Electrified”, jarak tempuhnya bertambah 40%.
Adapun kebaruan di Lexus UX 300e diyakini jarak tempuhnya berkat battery extended, kini bisa menempuh jarak 450 km. Versi sebelumnya hanya bisa menempuh 300 km, seperti yang digunakan di gelaran KTT G20 yang sedang diuji okeh Paspampres, kabarnya disiapkan oleh PT Toyota-Astra Motor sebanyak 143 unit.
Bagi yang melesatkan model teranyar Lexus UX 300e ini di jalan raya patut bersabar, karena kuartal kedua 2023 baru dilakukan pengiriman. Membahas kebaruannya, pengembangan di rangkaian baterai adalah dari sebelumnya hanya 54,4 kWh, versi terbaru UX 300e ini telah memakai kapasitas 72,8 kWh, menjadikan jarak tempuhnya mencapai 450 km.
Tak sekadar meningkatkan jarak tempuh, Lexus UX 300e ini juga telah menyempurnakan kemampuan di jalan raya, sehingga pengendara bisa lebih percaya diri berkat pengendalian lebih presisi menyalurkan performa. Berbagai fungsi penunjang pengendara dan penumpang juga ditambahkan serta teknologi keselamatan, hingga fitur terkini dalam hal sistem multimedia.
Agar lebih sempurna pengendaliannya, Lexus melakukan pengujian UX 300e terbaru ini di Toyota Technical Center Shimoyama. Distribusi bobot kendaraan dihadirkan di bagian kolong kendaraan dengan menata baterainya. Didukung fitur standar Performance Damper di bagian belakang.
Mendukung kedinamisan berkendara, bodi dibuat rigid dengan menambahkan 20 titik pengelasan di sisi samping dan belakang pintu, dan pemnyempurnaan Electric Power Steering (EPS). Suspensi juga sudah disempurnakan redamannya untuk mobil listrik ini. Begitu juga dengan redaman ke permukaan jalan dan suara nagin diminimalisir akibat tak ada lagi suara mesin dan transmisi, bertujuan meningkatkan kenyamanan dan kesenyapan kabin.
Lexus Safety System + yang menjadi andalan teknologi keselamatan telah ditambah lagi untuk mengejar Lexus UX 300e sebagai kendaraan paling aman. Pre-Collision System kini bisa mendeteksi sepeda di siang hari dan juga pejalan kaki saat malam, memanfaatkan kamera tunggal dan radar gelombang milimeter, bisa mendeteksi kedatangan pengguna jalan lain di persimpangan.
Emergency Steering Assist juga telah ditambahkan guna memberikan arah yang tepat ketika pengendara lengah. Ada juga Lane Tracing Assist (LTA), memastikan kendaraan tetap di tengah jalan, memaksimalkan teknologi AI, sehingga kemudi bisa lebih halus digunakan. Dynamic Radar Cruise Control kini sudah ada fungsi kontrol kecepatan saat di tikungan, ditambah lagi all-speed tracking. Fitur ini bisa menjaga akselerasi dan deselerasi untuk mengatur jarak dengan kendaraan di depan ketika melaju di jalur bebas hambatan.
Emergency Driving Stop System memberikan kewaspadaan pengendaraan melalui audio dan visual. Pengereman juga lebih halus bila menggunakan Lane Tracing Assist. Kemudian lampu hazard akan menyala dan membunyikan klakson untuk memberikan perhatian kepada orang di sekitar, sehingga bisa lebih cepat melakukan penanganan. Bila kendaraan sudah berhenti, sistem akan membuka pintu dan melakukan panggilan darurat secara otomatis melalui Help Net.
Sistem multimedia sudah memakai layar lebih lebar yakni 12,3 inci, resolusi lebih tinggi dan dapat dioperasikan melalui sentuhan. Posisi layar multimedia ini juga sudah lebih dekat, sehingga saat mengoperasikannya tak mengubah posisi punggung menyandar di jok, lebih ergonomis.
Dua colokan USB type-C sudah disiapkan di bagian depan, mempermudah dalam pengisian ulang baterai ponsel. Wireless charging tempatnya telah diperlebar. Tombol pemanas yang sebelumnya di bagian tengah konsol, posisinya kini berada di atas konsol. Lampu LED digunakan untuk penerangan lebih baik saat mencari barang di kabin.
Fungsi perintah suara “Hey Lexus!” juga telah disempurnakan untuk mendapatkan kenyamanan, meski musik tengah mengalun, masih bisa digunakan dengan baik. Sistem perintah suara ini juga bisa disetel seperti melakukan perbincangan, tapi ini berbicara dengan mobil.
Fitur “My Lexus” yang dapat dioperasikan melalui ponsel bisa melihat langsung level baterai dan sisa jarak tempuhnya. Bisa pula mengoperasikan penyejuk kabin, sehingga kabin mobil sudah terasa sejuk ketika masuk. Ada fungsi “My Car Start Lock” memungkinkan mematikan fungsi EV untuk beberapa waktu. Sehingga bisa lebih aman ketika ditinggal lama.
Spesifikasi Lexus UX 300e terbaru:
Jarak tempuh : 450 km
Konsumsi energi : 166.7 Wh/km
Kapasitas baterai : 72.8 kWh
Fast Charging Standard : CHAdeMO
Tenaga : 203 ps
Torsi : 300 Nm