JAKARTA – Semakin meningkatnya permintaan konsumen terhadap kelengkapan produk otomotif secara online, mendorong Lazada Indonesia menghadirkan berbagai inovasi layanan yang memberikan para penggunanya pengalaman berbelanja terbaik.
Lazada Indonesia mencatat rekor penjualan yang mencapai hampir tiga kali lipat di kanal LazOtomotif, dalam tiga tahun terakhir. LazOtomotif dirancang untuk para konsumen yang ingin berbelanja spare parts (komponen cadangan), produk perawatan kendaraan, modifikasi, dan perlengkapan berkendara secara online.
Ini membuktikan bahwa LazOtomotif menjadi platform pilihan bagi para seller marketplace dan berbagai brand otomotif ternama dalam berinovasi dan memberikan layanan terbaik bagi konsumen.
“Misi Lazada adalah untuk menjadikan LazOtomotif sebagai pendamping andal yang dapat membantu memenuhi kebutuhan produk otomotif, baik dengan menyediakan berbagai produk otomotif populer dan kebutuhan perawatan berkala, serta menghadirkan pilihan seller yang dapat memberikan jasa layanan end-to-end,” ucap Canggih Satriatama, VP Automotive Category Lazada Indonesia.
LazOtomotif menyediakan berbagai produk sesuai kebutuhan konsumen yang terbagi dalam 15 kategori. Mulai dari Interior hingga Eksterior Mobil, Suku Cadang, Motor, Velg, Ban, Aksesoris hingga Oli dan Pelumas Kendaraan.
Pilihan produk-produk yang dihadirkan oleh LazOtomotif juga melihat trend kebutuhan konsumen dalam memenuhi keperluan otomotifnya. Baik perawatan kendaraan bermotor secara berkala, perbaikan spare parts hingga modifikasi kendaraan yang dapat meningkatkan performa.
“Pertumbuhan seller UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) kategori otomotif mencapai dua kali lipat yang turut disertai dengan meningkatnya pertumbuhan pembeli pada kategori ini,” sambung Canggih.
“Trend pembelian kelengkapan produk otomotif secara online ini sangat menarik untuk ditelusuri bagaimana para seller yang sebelumnya punya pengalaman berjualan secara langsung, baik untuk bengkel lokal maupun bengkel berjaringan, kini turut menangkap antusiasme konsumen untuk dapat melakukan pembelian barang secara online,” ungkap Julian Johan (Jejelogy), salah satu penggemar otomotif.
“Para konsumen di kategori ini sangat mementingkan kredibilitas platform dalam mengkurasi toko resmi yang dapat memberikan kepastian kualitas produk serta layanan yang andal,” lanjutnya.
LazOtomotif memberikan para konsumen secara gratis jasa pemasangan untuk beberapa tipe produk seperti ganti oli, pasang aki. Dan, gratis jasa pemasangan onderdil-onderdil yang membutuhkan keahlian teknisi.
Seperti salah satu mitra seller dengan inovasi model penjualannya di Lazada, yaitu Astra Otoparts. Anak perusahaan Astra Group ini berhasil mengkombinasikan berbagai lokasi toko otomotif dan bengkel yang tersebar di berbagai wilayah untuk memberikan layanan bagi konsumen yang melakukan pembelian produknya melalui LazOtomotif.
“Untuk memperluas jangkauan konsumen, wilayah maupun segmentasi, kami memilih mitra kerjasama dengan kesamaan visi demi layanan terbaik bagi konsumen dalam pembelian produk otomotif,” bilang Lie Se Chiang selaku Head of Retail Marketing and Business Development PT Astra Otoparts.
“Model penjualan yang Astra Otoparts di LazOtomotif adalah dengan konsep ‘Do It For Me’. Yaitu fasilitas langsung pasang tanpa biaya dengan menunjukan bukti pembelian melalui Lazada,” jelasnya.
Pada perayaan Harbolnas 2023 nanti, para konsumen setia LazOtomotif bisa menikmati penawaran menarik seperti flash sale sepedamotor, diskon dan promo untuk helm sport, kelengkapan audio mobil hingga aksesoris berkendara untuk persiapan musim hujan. ##