Tangerang — Selain brand image (citra merek) dan produk, layanan purnajual menjadi salah satu pertimbangan banyak orang dalam memilih mobil. Jika layanan purnajual, yang meliputi perawatan sebuah merek buruk maka akan berdampak merosotnya citra dan penjualan. Ini sering terjadi.
Salah satu aspek layanan purnajual adalah ketersediaan komponen atau onderdil kendaraan. Menurut Suzuki kehadiran spareparts (onderdil) andal adalah salah satu faktor penting dalam memberikan setiap pemilik kendaraan rasa tenang, terlebih di era teknologi canggih seperti hybrid yang saat ini kian populer.
Christiana Yuwantie, Spareparts Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), menyebutkan bahwa Suzuki telah mempersiapkan ketersediaan spareparts di setiap bengkel resmi sebelum mendistribusikan mobil-mobilnya ke para konsumen.
“Ketersediaan sparepart dari Suzuki tidak perlu dikhawatirkan karena sudah dipastikan ketersediaannya di bengkel resmi. Untuk komponen-komponen fast moving maupun yang rutin dibutuhkan sudah dipastikan siap dan tersedia di bengkel resmi Suzuki terdekat. Tidak terkecuali untuk model-model hybrid Suzuki yakni Suzuki Ertiga Hybrid, Suzuki XL7 Hybrid dan Suzuki Grand Vitara,” terangnya.
Bahkan, agar para pemilik mobil Suzuki lebih mudah mendapatkan onderdil, kini, bisa dibeli via apliaski digital MySuzuki. Melalui aplikasi ini para pelanggan tidak perlu khawatir mengenai ketersedian stok, karena bisa memanfaatkan fitur chat untuk konfirmasi. Tak hanya kemudahan bertransaksi saja, MySuzuki juga menawarkan pilihan jenis pembayaran serta pengiriman suku cadang, di mana bisa dikirim ke rumah atau mengambil di dealer terdekat yang sudah tersebar di area Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.
Untuk dapat menggunakan aplikasi MySuzuki, para pemilik mobil Suzuki harus mengunduhnya dari Play Store untuk smartphone Android atau Apps Store untuk iPhone.
Di sisi lain, Suzuki memiliki 191 outlet bengkel resmi, 52 outlet service point di seluruh Indonesia, layanan home service, layanan Halo Suzuki 24 Jam di nomor 0800-1100-800, moving service dan fleet service.
Service point merupakan pengembangan jaringan agar dapat menjangkau daerah-daerah pinggir kota. Service point dirancang untuk kendaraan niaga Suzuki Carry, namun tetap bisa menerima servis mobil penumpang.
Lalu ada Moving Service Suzuki yang bisa mendatangi perkebunan atau pedesaan yang berjarak lebih dari 30 km atau membutuhkan durasi berkendara lebih dari 1 jam untuk bisa sampai ke bengkel resmi.
Untuk para pelanggan dalam kategori perusahaan disediakan layanan Fleet Service. Tim Service dari bengkel resmi Suzuki akan menyambangi para pelanggan.
Home service Suzuki melayani perawatan berkala (1.000 km, 5.000 km dan per 10.000 hingga 20.000 km), perbaikan-perbaikan ringan, ganti baterai, dan ganti pelumas, dan perbaikan-perbaikan yang dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 120 menit atau 2 jam.
Layanan Home Service Suzuki dimulai pada 2015. Layanan ini sangat laris semasa pandemic Covid-19. ##