JAKARTA — Selepas meluncurkan Kymco X-Town pada 2020, Kymco Indonesia absen meluncurkan produk baru hingga Juni 2022, dengan Kymco Like ABS 150i. Skutik ini bergaya vintage atau antik.
Dari depan Kymco Like ABS 150i, aura retro langsung terlihat dengan headlight seperti-bulat dengan bohlam halogen. Namun, desain panel body samping dan bagian lampu belakang kurang selaras dengan desain bagian depan. Lampu-lampu belakangnya sendiri sudah menganut LED.
Skutik yang menyasar kaum perempuan aktif ini memiliki beberapa keunikan:
- Pertama, dalam mengeluarkan atau menurunkan footpeg (pijakan kaki) penumpang. Anda harus menarik sebuah tuas di bagian bawah depan jok pengendara untuk mengeluarkan atau menurunkan footpeg tersebut.
- Kedua, posisi tutup tangki bensin berada di depan lutut kiri pengendara atau di balik perisai. Kondisi ini memudahkan pengendara saat mengisi bensin, karena tidak perlu membuka jok seperti skuter-skuter umumnya. Volume tangki bensin 5,4 liter.
- Ketiga, untuk mengakses jok di bawah jok, pengendara tinggal memutar kunci, maka jok akan terangkat secara otomatis.
Beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh Kymco Like ABS 150i berupa bagasi di bawah jok yang luas, di mana bisa menampung sebuah helm half face plus beberapa barang; flatboard (lantai rata) yang membebaskan kedua kaki pengendara bergerak; cantolan (hook) depan; serta USB charger di dalam bagasi.
Menariknya, instrument panel Kymco Like ABS 150i sudah digital berkelir biru terang, dengan menampilkan speedometer, tachometer, kondisi BBM (bahan bakar minyak), waktu, odometer, trip meter.
Skutik Kymco Like ABS 150i memiliki dimensi panjang 1805 mm, lebar 690 mm, tinggi 1125 mm, dengan wheelbase 1240 mm. Ground clearance 120 mm dengan ukuran ban depan 90/90-12 dan belakang 100/90-10, sering bersinggungan dengan speed bump (polisi-tidur).
Kymco menanam mesin 149,6cc, 1-silinder, 2-katup, fuel injection, dengan tenaga 10,6 HP pada 7.900 rpm dan torsi 10,7 Nm pada 6.000 rpm. Rasio kompresi mesin 10,2:1 dengan bore 57,4 mm dan stroke 57,8 mm. Mesin terasa mulus dan bertenaga ketika putaran mesin menengah-atas.
Seperti skuter-skuter Kymco lainnya yang terkenal nyaman, mengendarai Kymconya pun demikian. Joknya terasa empuk mendukung ‘rasa’ suspensi yang relatif lembut (teleskopik di depan dan Swing Arm with 3 Preload Adjustment di belakang). Mengendarainya tidak melelahkan. Namun, kenyamanan tersebut dicederai dengan getaran mesin yang agak mengganggu saat kita menemui kemacetan, hingga harus berhenti — menurut Kymco putaran mesin saat idle 1.800 rpm.
Rem depan cakram (180 mm) dilengkapi kaliper 2 piston ABS dari Continental Jerman. Rem belakangnya tromol.
Lalu bagaimana dengan banderolnya? PT Smart Motor Indonesia (Kymco Indonesia) melepas Kymco Like ABS 150i dengan harga Rp 35.500.000,00, tentu saja lebih mahal dibandingkan para pesaingnya dari Jepang seperti Honda Vario 160 (Rp 26 jutaan). ##