JAKARTA – Kontes modifikasi Daihatsu Dress-Up e-Challenge (DDeC) 2023 bertujuan untuk mendekatkan perusahaan dengan para konsumennya, terkhusus kawula muda. Gelaran ini ada berkat kerjasama antara PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan Hot Import Night (HIN), festival otomotif terkemuka global bagian dari International Modified (IAM).
DDeC digelar supaya kawula muda mampu secara positif mengekspresikan kreativitasnya lewat modifikasi seluruh model Daihatsu, dengan tetap memperhatikan aspek-aspek keamanan dan kenyamanan kendaraan.
Hadir sejak 2014 lalu, kontes modifikasi mobil Daihatsu ini rutin digelar tiap tahun dan saat ini mencapai usia satu dekade. Kalau ditotal sejak pertama kali diadakan, kompetisi ini sudah menjaring sebanyak lebih dari 7 ribu modifikator Tanah Air.
Bahkan pandemi yang melanda beberapa tahun lalu, tak menghentikan terselenggaranya gelaran ini. Daihatsu memetakan ulang untuk melombakan mobil modifikasi secara virtual. Pandemi Covid kelar, gelaran DDeC tahun ini digelar secara hybrid, offline dan online di area regional, yaitu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Bali.
Pada kontes modifikasi DDeC tahun ini, tercatat sebanyak 1.374 mobil modifikasi Daihatsu turut berpartisipasi. Penyelenggara kontes menerapkan skema eliminasi dan diseleksi secara bertahap. Dalam hal penjurian, penilaian tak hanya berdasar pada hasil kurasi dewan juri saja, publik atau netizen juga berkontribusi melakukan pemungutan suara.
Kawula muda yang memiliki kreativitas juga diajak untuk mengikuti kontes modifikasi virtual DDeC. Sebanyak 163 peserta yang gape memodifikasi mobil Daihatsu lewat aplikasi editing komputer telah daftar.
“Kami melihat, ada nih anak-anak muda yang hobi modifikasi tapi belum memiliki mobil Dihatsu, makanya kami mengadakan kategori virtual. Antusiasmenya tinggi sekali. Untuk kategori virtual, targetnya 100 peserta, tapi yang daftar hampir 200,” kata Elvina Afni, Customer Satisfaction & Value Chain (CSVC) Division Head, PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
Gelaran Daihatsu DDeC 2023 menyediakan hadiah total senilai Rp 75 juta. Modifikator terpilih juga mendapat trophy, yang diberikan saat lolos putaran awal hingga seterusnya dengan nilai hadiah terus meningkat.
Mengomentari kontes modifikasi ini, Masato Harada, Marketing Director PT ADM mengatakan, “Kami mengapresiasi Sahabat Muda Kreatif yang telah berpartisipasi dalam program kontes modifikasi tahun ini. Program ini terus mendapat sambutan positif selama 1 dekade dengan peningkatan jumlah peserta yang terus naik setiap tahunnya.”
“Semoga kontes DDeC dapat menjadi sarana positif bagi Sahabat Muda Kreatif dalam adu kreativitas melalui modifikasi mobil, serta membuat Daihatsu semakin dekat dengan masyarakat Indonesia,” tutup Masato Harada.