JAKARTA — Memasuki 2022, Daihatsu langsung mengukir 2 sejarah baru yakni dari sisi penjualan dan market share di Indonesia.
“Daihatsu bersyukur dapat mengawali penjualan awal 2022 dengan mencetak rekor market share tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Indonesia,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO
Pertama, penjualan ritel Daihatsu membukukkan 17.506 unit pada Januari 2022, atau naik 83,7% dibandingkan Januari 2021 lalu 9.528 unit. Raihan ini juga membuat market share Daihatsu cetak rekor tertinggi sepanjang sejarah, yaitu sebesar 22,3%.
Dalam hal kontribusi model, secara berturut-turut, penjualan Daihatsu pada Januari 2022 terbagi menjadi 2 komposisi dengan jenis mobil penumpang sebesar 71%, dan jenis kendaraan niaga 29%.
Khusus pada jenis mobil penumpang, penjualan Daihatsu secara berturut-turut didominasi oleh Daihatsu Sigra sebanyak 4,9 ribu unit, atau berkontribusi 28%; disusul Ayla 2,4 ribu unit (14%); Daihatsu Xenia 1,9 ribu unit (11%); Daihatsu Terios 1,3 ribu unit (8%); dan Daihatsu Rocky 1,2 ribu (7%).
Pada jenis kendaraan niaga, Daihatsu Gran Max PU (Pick Up) berkontribusi 3,8 ribu unit (22%); disusul Gran Max Minibus (termasuk Blind Van) 1,4 ribu unit (8%). ##