TORRANCE — Honda Performance Development (HPD) akan menampilkan Honda CR-V Hybrid Racer. Mobil balap Honda ini akan tampil di seri perdana INDYCAR Firestone Grand Prix of St. Petersburg 2023.
Seri balapan hybrid sendiri akan digelar di NTT INDYCAR SERIES 2024. Dan, akhir pekan ini para penggemar balap di Amerika Serikat berkesempatan mengintip potensi Honda CR-V Hybrid Racer.
“Kendaraan proyek ini adalah ‘binatang buas’ INDYCAR dalam ‘pakaian domba’ Honda CR-V,” kata David Salters, presiden dan direktur teknis untuk Honda Performance Development, divisi balap Amerika Utara dari American Honda dan Acura.
“Honda CR-V Hybrid Racer adalah ‘laboratorium listrik bergulir’ kami, untuk menyelidiki ke mana pria dan wanita berbakat dari HPD dan Honda dapat pergi dengan elektrifikasi, teknologi hibrida, dan bahan bakar 100% terbarukan. Ini melambangkan etos fun-to-drive Honda, menampilkan elektrifikasi dan itu hanya mengguncang akar budaya mobil dan warisan balap kami! Kami mempersembahkan Honda CR-V Hybrid Racer – alias ‘The HPD Beast’!”
Diciptakan dan dirancang oleh para insinyur di Honda Performance Development di California dan desainer dari North America Auto Design Division (NAAD) American Honda; kemudian dibangun di Honda Automotive Development Center (ADC) di Ohio oleh Honda of America Racing Team (HART); mobil balap ini menempatkan unit tenaga dan transmisi Honda V6 INDYCAR 2.2 liter twin-turbocharged yang dialiri listrik dan transmisi di bawah bodywork mobil untuk menciptakan “laboratorium bergulir” untuk pengembangan lanjutan teknologi elektrifikasi oleh Honda dan HPD.
Mobil balap Honda ini beroperasi dengan bahan bakar balap Shell yang 100% terbarukan; dan menampilkan Skeleton Supercapacitors terkemuka di dunia dan teknologi motor hybrid Empel MGU.
Chassis tabung baja Chromolymobil dibalut dengan bodywork “hybrid” yang dirancang oleh NAAD. Dari garis sabuk (waistline) ke atas, mobil balap ini menggunakan body baja CR-V generasi keenam produksi standar, termasuk kaca depan kaca, jendela, dan bahkan sunroof. Setengah bagian bawah adalah konstruksi karbon-komposit, menggabungkan splitter depan besar dan spatbor melebar. Sayap belakang yang sama besar dan pintu half-cut kupu-kupu di kedua sisi untuk pengemudi dan penumpang melengkapi bodywork.