TANGERANG — Tahun ini Honda Brio memasuki usia ke-10 tahun. Inilah salah satu city car berbentuk hatchback yang laris di pasar Indonesia.
Honda Brio hadir pertama kali di Indonesia pada 2012 setelah diluncurkan di India dan Thailand. Di Indonesia, hatchback ini hadir di Indonesia sebagai first entry model yang menyasar segmen anak-anak muda dan pembeli mobil pertama.
Sambutan yang luar biasa dari masyarakat Indonesia ditandai dengan penjualan lebih dari 8 ribu unit dalam waktu lima bulan sejak diluncurkan pertama kali Indonesia, dan bahkan tercatat sebagai city car terlaris pada 2012.
Pada 2013, PT Honda Prospect Motor mengadopsi model Honda Brio untuk mengikuti program Low Cost Green Car (LCGC) yang dikeluarkan pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Perindustrian no.33/2013 tentang “Pengembangan Produksi KBH2.”
Sejalan dengan peraturan tersebut, munculah Honda Brio Satya. Selain itu Honda juga mengumumkan komitmen jangka panjangnya untuk melakukan investasi serta lokalisasi untuk model ini dengan nilai total investasi mencapai 1,2 triliun rupiah dan dilanjutkan dengan investasi untuk pengembangan model di masa mendatang sebesar 5,1 triliun rupiah.
Honda Brio series tidak hanya diproduksi secara lokal di Karawang, Indonesia, tetapi juga terus meningkatkan kandungan lokalnya dari tahun ke tahun, mulai dari eksterior, interior, body, chassis, mesin hingga sistem kelistrikan.
Produksi model ini juga melibatkan banyak supplier lokal Indonesia yang jumlahnya juga meningkat dari tahun ke tahun. Dengan tingkat local purchase mencapai 95%, Model ini saat ini tercatat sebagai model Honda dengan local purchase tertinggi. Volume produksi hatchback murah ini di Indonesia kembali meningkat pada 2015, seluruh varian ini resmi diproduksi secara lokal di Indonesia.
Pada 2016, tepatnya di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS), Honda meluncurkan Satya bertransmisi CVT, menyusul saudara kandungnya. Dua tahun kemudian, di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 (GIIAS 2018), generasi kedua diluncurkan.
Sejak diluncurkan 2012, penjualan Honda Brio series telah melebihi 453 ribu unit di Indonesia. Angka tersebut menjadikannya sebagai city car terlaris di Tanah Air.
“Honda Brio menjadi model terpenting bagi Honda karena merupakan mobil nasionalis kebanggaan Indonesia, dan banyak memberikan kontribusi untuk mendukung industri otomotif dan ekonomi secara umum di Indonesia melalui investasi dan aktivitas ekspor. Tak hanya itu, kesuksesannya juga memungkinkan Honda untuk mengembangkan model-model lain yang khusus dirancang untuk konsumen di Indonesia. Karena itu, kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk seluruh konsumen, dan kami berkomitmen untuk terus menghadirkan produk-produk yang berkualitas untuk Indonesia,” kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.
Sejumlah komunitas model ini telah hadir: Honda Brio Community (HBC), Honda Brio Club Indonesia (HBCI), Brionesia, ANBRIO, dan lain-lain. ##