Minggu, September 28, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

40 tahun kiprah Honda kembangkan olahraga balap nasional

by Eko Nugroho
Agustus 2, 2025
Honda

40 tahun Honda berkiprah di ajang balap nasional

Share on FacebookShare on Twitter

Tangerang – Empat dekade berkiprah di lintasan balap Tanah Air, Honda bukan hanya cerita masa lalu, tetapi juga fondasi kuat untuk masa depan motorsport Indonesia. Dengan reputasi yang dibangun dari keandalan nyata di lintasan, pabrikan ini terus melaju sebagai merek yang paling dipercaya oleh pembalap, tim, dan setiap pecinta kecepatan di Indonesia.

Menurut Honda, motorsport adalah bagian dari DNA mereka. Sejak era Grand Prix pada 1970-an hingga pembentukan tim Honda Racing Indonesia (HRI), pabrikan Jepang ini terus konsisten di berbagai ajang balap nasional. Karakter mobil yang berdesain sporty, performa berkendara “fun to drive” menjadi buktinya.

Melalui semangat “Everyone Can Race”, memberi kesempatan yang sama untuk semua orang mencapai prestasi di lintasan balap bersama Honda. Hal ini tercermin dalam model-model produksi massal seperti Brio dan City Hatchback, dikenal sebagai mobil harian namun populer di kalangan pembalap pemula karena kelincahan, efisiensi, dan daya tahannya.

Baca Juga :

IIMS 2026 ekspansi lahan pameran

Mitsubishi XFORCE dengan tingkat keselamatan tertinggi

Ini daftar keunggulan Mitsubishi Destinator

“Mobil Honda sangat mudah dalam hal perawatan. Sistem mekanisnya dirancang agar efisien dan tidak merepotkan, meskipun digunakan dalam tekanan tinggi di lintasan. Hal inilah yang membuatnya menjadi brand yang dipercaya oleh pembalap profesional maupun tim independen,” tukas Renaldi Hutasoit, mantan pembalap tim HRI.

Honda juga berkontribusi mendukung ekosistem balap yang aman dan profesional. Sejak 2013, merek berlogo huruf H ini telah menyediakan official car di berbagai ajang balap nasional, termasuk Safety Car, kendaraan untuk Clerk of the Course (COC), dan Fast Doctor, yakni kendaraan darurat yang bertugas sebagai tim medis di lintasan balap.

Bentuk nyata dukungan terhadap regenerasi pembalap, merek ini secara konsisten menyediakan wadah bagi para pembalap muda Indonesia untuk berkembang melalui berbagai ajang One Make Race (OMR) seperti Honda Jazz Speed Challenge (HJSC), Honda Brio Speed Challenge (HBSC), dan Honda City Hatchback Speed Challenge (HCHSC).

Pembalap One Make Race Romy Tahrizi mengatakan, “Karakter mesin dan sasis mobil Honda sangat cocok untuk pembalap yang ingin berkembang. Selain memberi performa optimal, mobil-mobil ini juga mudah dikendalikan dan memudahkan adaptasi. Sejak awal karier saya hingga hari ini, mobil Honda selalu jadi partner yang bisa diandalkan di setiap lintasan.”

Ajang HBSC sendiri menjadi salah satu kelas One Make Race paling ramai dan kompetitif dalam kalender balap nasional. Kompetisi ini, menjadi ajang pembuktian dan pembinaan para pembalap muda untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi. Contohnya seperti Kejuaraan Nasional Indonesia Touring Car Race (ITCR).

Alvin Bahar, Director dan juga Pembalap tim HRI mengatakan, “Ketangguhan serta keandalan mobil Honda terbukti secara nyata di lintasan, musim demi musim, mobil-mobil tersebut tetap stabil dan kompetitif meskipun melewati beberapa seri balap tanpa perlu overhaul besar. Dengan sistem perawatan yang efisien, tim bisa fokus penuh pada strategi dan performa di lintasan.”

Di usianya yang ke-40 meramaikan balap nasional, Honda menandai tonggak sejarah penting dengan peluncuran logo khusus 40 Years of Honda Racing Indonesia di pameran Indonnesia International Motor Show (IIMS) 2025, disusul livery balap edisi khusus, hingga kemenangan gemilang di Mandalika Festival of Speed (MFoS) 2025.

Pencapaian Ini bukan hanya sekadar selebrasi, tapi juga validasi bahwa mobil Honda adalah kendaraan yang dipercaya dan terbukti menghadapi kerasnya kompetisi balap. Tim HRI akan kembali berpartisipasi di ajang Mandalika Festival of Speed (MFoS) 2025 pada bulan Oktober dan Desember mendatang dengan target meraih kemenangan dan juga meraih gelar juara nasional.

Yessy Anastasia, PR & Event Dept Head PT HPM mengatakan, “Bagi Honda, dunia balap bukan sekadar adu kecepatan, tetapi bagian dari DNA kami yang sudah berjalan selama 40 tahun di Indonesia. Lewat filosofi Everyone Can Race, kami ingin dunia balap dapat diakses siapa saja, untuk membuktikan performa dan ketangguhan teknologi kami, yang digunakan sehari-hari tapi terbukti mampu di lintasan.

Dia menambahkan, Honda akan terus mendukung dunia balap di Indonesia, karena semangat kompetisi dan pembinaan talenta ini adalah bagian penting dari perjalanan mereka. ##

Tags: GIIAS 2025HondaHonda BrioHonda Brio Speed ChallengeHONDA CITY HATCHBACKHonda City Hatchback Speed ChallengeHonda Racing IndonesiaIndonesia Touring Car RacePT Honda Prospect Motor
Previous Post

New Kia Sonet, SUV stylish untuk gaya hidup perkotaan

Next Post

Beli Mobil Toyota berpeluang Innova Zenix Hybrid

Related Posts

IIMS 2026
Berita

IIMS 2026 ekspansi lahan pameran

September 28, 2025
Mitsubishi XFORCE
Berita

Mitsubishi XFORCE dengan tingkat keselamatan tertinggi

September 27, 2025
Mitsubishi Destinator
Berita

Ini daftar keunggulan Mitsubishi Destinator

September 27, 2025
Suzuki Fronx GIIAS Semarang 2025
Berita

Suzuki gelar promo Double Bonus di GIIAS Semarang 2025

September 27, 2025
Test Ride Motor IMOS 2025
Berita

Mau test ride banyak motor? Hanya di IMOS 2025

September 27, 2025
FIFASTRA
Berita

Konsumen untung besar, FIFASTRA potong cicilan motor hingga Rp12 jutaan di IMOS 2025

September 27, 2025

TERBARU

IIMS 2026
Berita

IIMS 2026 ekspansi lahan pameran

September 28, 2025
Mitsubishi XFORCE
Berita

Mitsubishi XFORCE dengan tingkat keselamatan tertinggi

September 27, 2025
Mitsubishi Destinator
Berita

Ini daftar keunggulan Mitsubishi Destinator

September 27, 2025
Suzuki Fronx GIIAS Semarang 2025
Berita

Suzuki gelar promo Double Bonus di GIIAS Semarang 2025

September 27, 2025
Test Ride Motor IMOS 2025
Berita

Mau test ride banyak motor? Hanya di IMOS 2025

September 27, 2025
FIFASTRA
Berita

Konsumen untung besar, FIFASTRA potong cicilan motor hingga Rp12 jutaan di IMOS 2025

September 27, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

aion ut
Berita

Review Aion UT, mobil listrik pertama keluarga

September 23, 2025
BYD ATTO 1
Berita

Test Drive BYD ATTO 1 dengan rute Joglosemar

Agustus 15, 2025
Mitsubishi Destinator
Berita

Mencoba Mitsubishi Destinator di GIIAS 2025

Juli 30, 2025
Suzuki Fronx 2025
Berita

Review Suzuki Fronx Hybrid

Juli 1, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.