TANGERANG – Memiliki slogan “Pakarnya Truk dan Bus”, tak lepas dari kemampuan Hino menjaga layanan purnajualnya. Pabrikan kendaraan niaga Jepang ini sudah memiliki jaringan distribusi luas di Tanah Air.
Kalau ditotal, ada 161 jaringan outlet, 8 depo sukucadang, 611 service bay, dan 159 mobile workshop service yang tersebar di wilayah Aceh hingga ke Papua.
Memiliki jaringan distribusi luas di Tanah Air, menjadi salah satu pemicu banyaknya penggunaan truk dan bus Hino. Apalagi, merek yang identik dengan kelir hijau muda ini juga selalu menyiapkan program-program menarik untuk konsumennya.
Free Service Program Hino salah satunya. Para konsumen akan mendapat layanan gratis perawatan berkala hingga 40.000 kilometer atau setara 2 tahun pemakaian, terhitung sejak konsumen menerima kendaraan baru yang dibeli dari dealer resmi. Cakupannya gratis biaya jasa, sukucadang, serta penggantian pelumas dan cairan komponen kendaraan berdasar buku petunjuk.
Tak hanya untung dari segi gratis biaya perawatan, memanfaatkan layanan Free Service Program juga menghadirkan keuntungan lain. Contohnya seperti performa kendaraan selalu terjaga, masalah teknis pada kendaraan dapat diketahui lebih awal, hingga meningkatkan nilai jual kembali truk dan bus Hino karena setiap riwayat servis tercatat dalam Warranty and Service Booklet.
Apabila Free Service Program selesai, konsumen pun dapat melanjutkannya dengan program Contract Service, layanan kesepakatan kerjasama perawatan kendaraan dengan bengkel dealer Hino dalam jangka waktu tertentu. Nilai plusnya sudah pasti biaya lebih murah, tidak ada kenaikan harga karena layanan terikat dalam waktu tertentu, serta mendapat prioritas saat servis.
Layanan Contract Service Hino pun fleksibel, Hino Motors Sales Indonesia menyiapkan layanan servis di dealer dengan benefit berupa kesetaraan potongan harga sukucadang di dealer seluruh Indonesia. Selain itu, biaya jasa servis mengikat, tidak diperlukan pembayaran tunai, serta stok sukucadang melimpah.
Selanjutnya, Hino juga siapkan layanan servis di lokasi konsumen. Ada dua layanan, yakni Service On Call yang memungkinkan mekanik mendatangi lokasi konsumen untuk pengerjaan perbaikan dan overhhaul. Sementara Service On Site memungkinkan mekanik datang dan menetap di lokasi konsumen untuk jangka waktu tertentu.
Merek ini juga memiliki layanan purnajual lain yang tak kalah menguntungkan, yakni Maintenance Leasing. Program ini menyediakan paket bundling berupa pembelian truk dan bus Hino baru di dealer resmi, plus gratis perawatan kendaraan selama 3 tahun atau setara 120.000 kilometer. Tentu, konsumen tak perlu pusing-pusing untuk melakukan perawatan berkala.
Bagi konsumen yang memiliki truk dan bus Hino berstandar Euro 4, tersedia benefit tambahan berupa perpanjangan masa garansi. Selain menghadirkan ketenangan pikiran, layanan ini juga menambah keuntungan konsumen karena dapat mengirit biaya operasional kendaraan.
Urusan sukucadang, perusahaan pun sediakan komponen sesuai kebutuhan. Ada Hino Genuine Parts yang menjanjikan komponen berkualitas buatan Jepang seperti yang terpasang pada kendaraan baru, lalu Hino Original Parts produksi lokal berstandar pabrik yang menawarkan masa pakai lebih lama, serta Smart Choice Parts berharga terjangkau untuk menekan biaya operasional kendaraan.