BRUSSELS — Toyota Hilux GR SPORT II hadir untuk mereka yang mendambakan Toyota Hilux yang lebih macho dan ganas di medan offroad. Beberapa sentuhan baru diberikan oleh Toyota Motor Europe (TME) untuk kendaraan pickup ini.
Toyota Hilux GR SPORT II diposisikan di jajaran teratas dari model ini dan terinspirasi dari kendaraan Dakkar Rally. Model baru menambahkan lebih banyak kesan pada gaya eksterior. Penampilannya yang mengesankan dan kesan yang terarah dipertegas oleh pegas koil dan peredam belakang yang dicat merah, kaliper rem merah, spatbor depan hitam kokoh, dan velg hitam 17 inci dengan desain baru.
Velg baru ini juga berkontribusi pada performa kendaraan dengan area pelek yang besar yang mengurangi hambatan aerodinamis dan desain jari-jari tengah yang hemat beban.
Toyota Hilux GR SPORT II GR SPORT II semakin menonjol dengan grille atas dan bawah berpola G-mesh hitam, dengan nama TOYOTA yang dieja dengan gaya klasik. Tema detail hitam berlanjut dengan tangga samping, kaca spion, gagang pintu, palang sport aero, dan bemper belakang. Underrun depan berwarna perak dan emblem khas GR Sport melengkapi tampilannya.
Kesan sporty pada Toyota Hilux GR SPORT II juga terlihat jelas pada desain kabinnya. Tema monokrom hitam menciptakan kesan penuh gaya, dengan aksen merah mencolok, seperti sabuk pengaman yang kontras.
Karakter sporty tercermin dalam penyediaan kontrol dayung untuk pemilihan perpindahan gigi manual dan pedal sport aluminium.
Kursi-kursi sporty dilapisi dengan kombinasi suede sintetis hitam dan jok sport kulit, dengan jahitan dan perforasi perak yang memberikan kenyamanan luar biasa serta cengkeraman lebih baik, meminimalkan tergelincir saat para penumpang mengalami gaya lateral yang lebih tinggi.
Melengkapi tampilan dan nuansa kabinnya adalah ornamen serat karbon baru pada trim pintu dan dasbor, yang juga menampilkan detail GR pada tampilan informasi dan instrumentasi.
Toyota Hilux GR SPORT mendapay peningkatan sudut pendekatan (approach angle) dari 29° menjadi 30° dan ground clearance yang lebih tinggi – 323 mm, dan pelebaran jarak antar-roda depan dan belakang, masing-masing sebesar 135 mm dan 155 mm.
Sistem suspensi telah direvisi dengan peningkatan lebar lengan depan sebesar 70 mm, penggunaan batang anti-roll tubular yang lebih ringan, dan reposisi rakitan pegas dan peredam lebih jauh ke luar. Di bagian belakang, as roda memiliki penampang persegi baru dan peredam telah direposisi ulang, ke bagian luar rangka kendaraan.
Ubahan-ubahan tersebut tidak mengorbankan kinerja aerodinamis, berkat pengenalan efek “tirai udara” baru. Hal ini diciptakan oleh kombinasi grille baru, bezel lampu kabut, over-fender lebar, sports bar, penutup dek, dan desain velg alloy. Setiap elemen telah disesuaikan untuk mengurangi hambatan dan berkontribusi pada efisiensi aero keseluruhan kendaraan.
Langkah-langkah untuk mendapatkan pengendaraan yang lebih mulus dan lebih stabil di medan apa pun meliputi peredam monotube baru dengan piston berdiameter besar (46 mm) sebagai pengganti unit twin-tube sebelumnya. Ini memberikan kinerja lebih baik dan respons lebih cepat dalam kondisi yang sulit.

Toyota Hilux GR Sport II dilengkapi sistem multimedia Toyota Smart Connect +, yang diakses melalui layarsentuh 8 inci atau menggunakan fungsi perintah suara. Para pengguna juga dapat menghubungkan smartphone atau tablet mereka secara nirkabel ke sistem menggunakan Apple CarPlay® atau Android Auto®.
Paket multimedia mencakup akses ke navigasi perjalanan berbasis cloud, yang menggunakan informasi kejadian lalu lintas waktu nyata yang terus diperbarui untuk perencanaan rute yang akurat dan efisien. Ada juga sistem navigasi tertanam yang dapat digunakan saat tidak ada koneksi data ke cloud yang tersedia.
Toyota Hilux GR Sport II mempertahankan mesin 2.8 liter turbodiesel yang menghasilkan tenaga 204 DIN hp/150 kW dan torsi 500 Nm, dipadukan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.
Selain varian baru di atas, TME pun meluncurkan Toyota Hilux Hybrid. Teknologi yang dihadirkan merupakan hibrida ringan (mild hybrid). ##