Brussels – Toyota Motor Europe meluncurkan Toyota GR Yaris hidrogen versi eksperimen. Bahan bakar hidrogen, tangki bahan bakar dan proses pengisian bahan bakar kendaraan eksperimental sama seperti yang ditemukan di Toyota Mirai, kendaraan listrik sel bahan bakar andalan Toyota yang tersedia secara komersial.
Namun, sementara Mirai menggunakan reaksi kimia dalam sel bahan bakar untuk menghasilkan energi, Toyota GR Yaris eksperimental menampilkan mesin pembakaran internal dengan hidrogen sebagai bahan bakar.
Sementara teknologi mesin pembakaran hidrogen masih dalam tahap awal pengembangan konseptual dan eksperimen, yang dimulai pada tahun 2017 dan belum siap untuk komersialisasi, Corolla Sport bertenaga hidrogen eksperimental Toyota telah memberikan performa tinggi di acara motorsport di Jepang dengan emisi hampir nol.
GR Yaris eksperimental dan Corolla Sport bertenaga hidrogen dilengkapi dengan mesin G16E-GTS, 1,6 liter, 3-silinder segaris, turbo yang sama yang ditemukan di GR Yaris, tetapi dengan pasokan bahan bakar dan sistem injeksi yang dimodifikasi untuk digunakan dengan hidrogen sebagai bahan bakar.
Corolla Sport bertenaga hidrogen eksperimental telah berkompetisi dalam seri balap Super Taikyu di Jepang sejak Mei tahun ini di bawah cabang ROOKIE Racing dari Toyota GAZOO Racing.
“Kami telah mengambil langkah pertama untuk bersaing dengan dan mengembangkan mesin bertenaga hidrogen kami dengan pola pikir menghadapi tantangan. Saya membayangkan segalanya akan terlihat sedikit berbeda 10 tahun dari sekarang, dan saya berharap orang-orang akan melihat ke belakang dan melihat bagaimana kami menerima tantangan dengan positif dan menikmati setiap momennya,” kata Akio Toyoda, President of Toyota Motor Corporation.
Hidrogen terbakar lebih cepat daripada bensin, menghasilkan responsivitas yang baik sekaligus memberikan kinerja lingkungan sangat baik. Selain sangat bersih, pembakaran hidrogen memiliki potensi tambahan untuk menyampaikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dengan sensasi akustik dan sensorik yang menjadi ciri mesin pembakaran internal.
Untuk mencapai netralitas karbon, Toyota telah memperkuat upayanya, seperti mempromosikan penggunaan hidrogen melalui mempopulerkan FCEV dan berbagai produk bertenaga sel bahan bakar lainnya. Dengan menyempurnakan lebih lanjut teknologi mesin hidrogen melalui motorsport, Toyota bermaksud mewujudkan masyarakat berbasis hidrogen yang lebih baik lagi.