SALT LAKE CITY — Toyota GR Supra transmisi manual 2023, kini, sudah tersedia di dealer. Pilihan ini menambah dimensi baru pada pengalaman pengemudi.
Pada 2019, ketika Toyota meluncurkan Toyota SGR Supra, hanya tersedia pilihan transmisi otomatis 8-speed. Dan, kini, para penggemar sports car bertransmisi manual bisa meminang varian baru.
“Ketika kami mengungkapkan Toyota GR Supra pada 2019, kami memanfaatkan papan nama warisan untuk Toyota,” kata Mike Tripp, wakil presiden Pemasaran dan Komunikasi Kendaraan Toyota Motor Sales USA. “Tetapi kami secara teratur ditanya apakah akan ada versi manual. Kami segera mengambil umpan balik itu dan mulai mengembangkannya, dan kami senang bahwa kami sekarang dapat memberikan para pelanggan pelengkap yang sempurna untuk torsi tinggi, mesin output tinggi GR Supra transmisi manual 6-speed.”
Toyota GR Supra transmisi manual 2023 hanya terpasang di varian bermesin 3.000cc 6-silinder segaris, twin-scroll turbocharger. Anda tidak akan menemukannya di varian bermesin 2.000cc, 4-silinder, twin-scroll turbocharger.
Dikembangkan oleh Toyota GAZOO Racing Engineers bekerjasama dengan Toyota Motor Europe dan pemasok transmisi Jerman ZF, transmisi manual sports car legendaris ini dibuat dengan komponen-komponen yang dirancang khusus untuk menyesuaikan dengan karakteristik tenaga dan torsi dari mesin 3.0 liter 382 hp.
Tim teknik menggabungkan rumah transmisi dan gear set yang telah ada, mengembangkan tuas persneling baru dan menghilangkan elemen-elemen tidak diperlukan, seperti paket akustik, di mana mengurangi bobot, membawa GR Supra transmisi manual berbobot sekitar 1,5 ton.
Di jantung transmisi GR Supra transmisi manual 2023 adalah kopling berdiameter besar yang baru direkayasa dengan pegas diafragma diperkuat. Dengan area gesekan lebih besar dan pegas lebih kuat, komponen baru ini memiliki kemampuan performa tinggi yang sesuai untuk digunakan dengan mesin torsi tinggi, sekitar 500 Nm.
Gearbox manual juga dilengkapi Intelligent Manual Transmission (iMT) yang diprogram dengan software baru yang mengutamakan performa sporty. Saat menaikkan gigi, parameter disetel untuk mengoptimalkan torsi mesin pada saat mengopling dan pelepasan kopling; pada downshifts, software menyertakan pencocokan putaran untuk kinerja konsisten. iMT diatur sebagai default (bawaan), tetapi, jika diinginkan oleh pengemudi, dapat dimatikan dalam Mode Individual.
Untuk mendukung take-off (lepas landas), rasio final drive telah dipersingkat, dari 3,15 (di GR Supra transmisi otomatis) menjadi 3,46 (di versi M/T). Hasilnya adalah respons dan persneling yang sesuai untuk performa mobil sport dan pabrikan memperkirakan waktu 0-100 kpj ditempuh 4,2 detik (versi A/T 3,9 detik).
Perhatian juga diberikan pada bagaimana perpindahan gear secara manual dapat diakomodasi di kokpit pengemudi. Rasio tuas secara khusus diatur untuk meminimalkan upaya yang diperlukan untuk melakukan perpindahan gigi dan menggunakan gigi mundur. Sementara berat dan bentuk shift knob, bersama dengan kualitas shift engagement, semuanya telah ditentukan dengan tepat. Ergonomi juga dipertimbangkan, karena unit konsol dan posisi pemilih mode penggerak disesuaikan untuk memberikan jarak 1,7 inci antara tuas transmisi dan panel kontrol.
Toyota GR Supra transmisi manual hanya akan dijual sebanyak 500 unit untuk pasar Amerika Serikat. Harga mobil ini dari USD 52,500 atau setara dengan Rp 783 juta. ##