JAKARTA – Kemarin (18/3) Toyota umumkan recall fuel pump (pomba bahan bakar) atas sejumlah model mobil yang dijual di Indonesia. Recall model-model mobil Toyota meliputi:
-
Toyota Alphard tahun produksi 2017-2019
-
Toyota C-HR tahun produksi 2018-2019
-
Toyota Corolla tahun produksi 2019
-
Toyota Camry tahun produksi 2019
-
Toyota Voxy tahun produksi 2018-2019
-
Toyota Kijang Innova tahun produksi 2018-2019
-
Toyota Fortuner tahun produksi 2018-2019
-
Toyota Hilux tahun produksi 2019
-
Toyota Avanza tahun produksi 2017-2019
-
Toyota Rush tahun produksi 2017-2019
Pengumuman tersebut merupakan perluasan cakupan model-model yang masuk ke dalam aktivitas recall sebelumnya. Pada Juli 2020, Toyota Indonesia umumkan recall Alphard produksi tahun 2017—2018, Corolla produksi tahun 2018, FJ Cruiser produksi tahun 2013—2014, dan Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi tahun 2017—2019 dengan masalah yang sama – fuel pump (pompa bahan bakar).
Pekerjaan pemeriksaan dan penggantian komponen fuel pump membutuhkan waktu 2-4 jam di bengkel resmi Toyota. Para pemilik mobil tidak dikenai biaya alias gratis.
Selain aktivitas penggantian komponen fuel pump pada beberapa model tertentu tersebut, Toyota juga recall Toyota Hilux tahun produksi Juni—Desember 2018 untuk masalah brake booster. Hal itu disebabkan karena adanya potensi yang dapat mempengaruhi mekanisme kinerja proses pengereman. Pengerjaan pengecekan dan penggantian brake booster ini berlangsung sekitar 0.5 – 3.5 jam di bengkel resmi.
Para pelanggan bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315. Atau kunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc untuk melakukan pengecekan, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam program recall Toyota.
“Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan. Dan, kami berterima kasih atas respon yang cepat dan aktif dari pelanggan selama ini, sehingga persentase kendaraan yang sudah diperbaiki cukup tinggi,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), kemarin 18/3). ##