Jakarta — Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025 telah usai digelar. Sponsor Platinum pameran motor terbesar di Indonesia tersebut, PT Federal International Finance (FIFGROUP) sukses mengoleksi total transaksi pembiayaan Rp 7,9 miliar.
Pencapaian FIFGROUP di IMOS 2025 mengalami kenaikan dibandingkan IMOS 2024, di mana meraih nilai pembiayaan Rp 6,8 miliar. Kesuksesan ini dipengaruhi oleh pameran produk pembiayaan, program promo spesial, hingga aktivitas hiburan yang interaktif yang digelar oleh anak perusahaan PT Astra International Tbk ini selama pameran 25-28 September 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang.
Sebagai “Satu Solusi Pembiayaan”, FIFGROUP menghadirkan seluruh jajaran bisnisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. Pembiayaan sepedamotor baru Honda melalui FIFASTRA, pembiayaan elektronik dan perabot rumah tangga via SPEKTRA, pembiayaan multiguna melalui DANASTRA, dukungan bagi pelaku usaha mikro lewat FINATRA, hingga pembiayaan syariah untuk ibadah Haji dan Umrah melalui AMITRA.
“Tahun lalu FIFGROUP membukukan transaksi sebesar Rp6,8 miliar di IMOS 2024. Pada 2025 ini, FIFGROUP berhasil mencatat nilai pembiayaan sebesar Rp7,9 miliar atau naik sekitar 16%. Capaian ini tentu tidak lepas dari dukungan dan kepercayaan masyarakat, dan menjadi motivasi bagi FIFGROUP untuk terus memberikan pelayanan terbaik,” ujar Daniel Hartono, Direktur FIFGROUP.
Selain pertumbuhan transaksi, perusahaan ini juga mencatat peningkatan pada jumlah pembiayaan kendaraan sepedamotor, sebanyak 311 unit atau naik 1,6%. Sementara pada IMOS 2024 sebanyak 306 unit.
Kenaikan pembiayaan sepedamotor baru Honda oleh FIFGROUP dirangsang oleh potongan cicilan pembiayaan hingga Rp12,3 juta, cashback angsuran Rp600 ribu dan cashback tambahan Rp1 juta bagi pemilik akun AstraPay.
Selama pameran IMOS 2025, booth FIFGROUP menyajikan berbagai aktivitas menarik yang berhasil menyedot perhatian banyak pengunjung. Salah satunya adalah program FIFGROUP Pegang Asyik yang memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk memenangkan hadiah utama berupa satu unit Honda PCX.
Sejumlah workshop edukatif dan inspiratif pun digelar di booth, salah satunya bertema FIFGROUP Aman Berlalu Lintas (FABL). Bersama Astra Honda Motor (AHM), perusahaan pembiayaan yang berdiri sejak tahun 1989 ini mengajak para pengunjung pameran mengikuti workshop keselamatan berkendara yang mengedukasi pentingnya menjaga keselamatan diri maupun para pengguna jalan lainnya.
Kepedulian terhadap lingkungan dan kreativitas pun ditunjukkan oleh FIFGROUP, melalui workshop kreasi seni daur ulang bertajuk “Karya Recycle dari Sampah” bersama seniman Teguh Joko Dwiyono. Melalui karya yang diberi nama Wayang Art, hasil kreasi dari UMKM binaan Yayasan Dharma Bakti Astra, sampah plastik diolah menjadi karya seni bernilai tinggi yang menghadirkan sentuhan lokal dan budaya di tengah pameran otomotif modern.
“Kumpul Bareng Warga” pun turut meramaikan booth FIFGROUP dengan menghadirkan berbagai narasumber inspiratif, mulai dari petualang dan content creator Kristian Hansen, tokoh nasional Fadel Muhammad, hingga Ryan Nus, influencer ojek online yang berbagi kisah kesehariannya. Sesi ini menghadirkan perspektif segar dan dekat dengan kehidupan masyarakat, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman yang lebih interaktif.
Menariknya lagi, FIFGROUP juga menyelenggarakan Financial Literacy Media Battle yang mempertemukan 20 jurnalis otomotif dan ekonomi bisnis sebagai finalis untuk beradu pengetahuan seputar literasi keuangan dan otomotif.

Tidak hanya fokus pada hiburan dan edukasi, FIFGROUP juga menunjukkan komitmen sosialnya melalui kegiatan Satu Aksi Peduli. Pada kesempatan ini, FIFGROUP menyalurkan bantuan sosial senilai Rp40 juta kepada Yayasan Sahabat Yatim Rawa Mekar Jaya dan Panti Asuhan Suaka Kasih Bunda. Langkah ini menjadi bukti nyata bahwa keberadaan Perusahaan di pameran motor itu tidak hanya memberikan nilai tambah bagi industri otomotif, tetapi juga menghadirkan manfaat langsung bagi masyarakat.
Tak dipungkiri, selama 36 tahun FIFGROUP telah menjadi teman perjalanan masyarakat, khususnya para pelanggan, dalam meraih impian-impian mereka.
IMOS 2025 sendiri menampilkan 21 brand sepedamotor yang terdiri dari Honda, Suzuki, TVS, Yamaha, Alva, Aprilia, Benda, Harley-Davidson, Italjet, Keeway, Kupprum, Moto Guzzi, Morbidelli, Piaggio, Polytron, QJ Motor, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, Wmoto, dan Zontes. Lebih dari 50 produk dari industri-industri pendukung, seperti aksesoris, apparel, pelumas, teknologi digital, dan suku cadang, juga turut meramaikan pameran.
AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) sebagai penyelenggara, menyatakan jumlah pengunjung IMOS 2025 mencapai 103.789 orang, lebih banyak dibandingkan penyelenggaraan tahun 2024 dengan 98.791 pengunjung. ##