JAKARTA — Persaingan dunia pelumas yang ketat membuat PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) senantiasa memperkuat jajaran bisnisnya untuk kategori mobil penumpang, sepedamotor, dan industri pada sektor transportasi, manufaktur, pertambangan, dan energi.
Produsen pelumas Federal Oil dan Mobil Lubricants ini memperluas jaringan distribusi penjualan berfokus pada daerah-daerah potensial dengan berkolaborasi melalui mitra jaringan di mana saat ini berjumlah lebih dari 40 distributor nasional, untuk menjangkau lebih dari 16 ribu mitra bengkel termasuk Federal Oil Center dan Mobil Car Care, serta bengkel-bengkel mandiri yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia. Daerah-daerah potensial meliputi Sumatera, Jawa, dan Bali.
Perluasan jaringan distribusi tersebut didukung oleh terobosan-terobosan digital marketing. Salah satunya dengan menghadirkan official store di beberapa marketplace terbesar yakni Tokopedia dan Shopee.
Di samping semua hal di atas, EMLI melakukan sejumlah inovasi untuk produk-produknya. Untuk Federal Oil, sepanjang 2022 dan awal 2023 telah meluncurkan oli untuk motor matic premium yaitu Federal Racing Matic, dan teknologi anti-counterfeit yang disematkan pada kemasan produk, serta berbagai program online dan offline yang melibatkan konsumen, mekanik, dan bengkel, seperti promo konsumen Sobek Berhadiah (SOBER), Mechanic Contest, nonton langsung MotoGP dan bertemu pembalap Tim Gresini Racing.
Untuk produk pelumas mobil Mobil Lubricants didukung oleh aktivasi marketing seperti Mobil1 Bus Double Dekker dan pameran di sejumlah pusat keramaian yang bertujuan memberikan pengalaman tersendiri bagi para target konsumennya, untuk merasakan langsung sensasi berkendara menggunakan produk-produk Mobil Lubricants.
Selain itu, dari sisi Business-to-Business (B2B) Mobil Lubricants juga aktif menyelenggarakan berbagai seminar bagi para pelaku industri yang bekerjasama dengan beberapa asosiasi terkait.
“Kami terus berusaha memahami dan berupaya untuk selalu adaptif dalam melihat perkembangan pasar pelumas dan otomotif Tanah Air. Oleh karena itu, pentingnya untuk selalu melakukan langkah-langkah yang tepat, terukur, dan relevan dari setiap program kami. Sebagai organisasi yang terintegrasi, kami harus mampu mempersiapkan diri di berbagai situasi, agar dapat mempertahankan kepercayaan para konsumen,” ujar Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia.
Kembali ke Federal Oil. Merek pelumas motor ini telah lebih dari 10 tahun mendukung Tim Gresini Racing, mulai dari kelas Moto2 hingga kelas utama MotoGP. Pada tahun perdananya di MotoGP, tim yang didukung oleh Federal Oil ini berhasil menempati posisi ketiga klasifikasi Tim.
Mobil Lubricants juga bersama Tim Red Bull Racing F1 yang mencatatkan sejarah baru dengan berhasil mempertahankan gelar juara dunia selama dua musim secara beruntun (2021 & 2022), dan mendominasi sejumlah balapan sepanjang musim berlangsung. [Agus Tumoko]