TOKYO — Jika sistem tukar baterai (battery swap) hanya popular di motor listrik, maka tidak lama lagi segmen truk akan menerapkannya. Isuzu Motors menamakannya EVision Cycle Concept.
Solusi pertukaran baterai truk EVision Cycle Concept dikenalkan oleh Isuzu Motors di Japan Mobility Show 2023. Solusi pertukaran baterai dari Isuzu mewakili jalan lain menuju netralitas karbon (CN).
Perusahaan memanfaatkan pengetahuan teknologi yang diperoleh melalui partisipasi dalam proyek yang ditugaskan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Jepang untuk truk EV dengan baterai yang dapat ditukar.
Pada kendaraan listrik baterai (BEV), di mana waktu tunggu (waktu henti) untuk pengisian daya merupakan kelemahan utama, solusi ini dapat dengan cepat mengganti baterai yang habis dengan baterai sudah diisi dayanya, sehingga sangat mengurangi waktu tunggu dan mewujudkan pengoperasian lebih efisien.
Selain itu, biaya dan beban pada jaringan tenaga listrik dapat dikurangi dengan mengisi daya baterai pada periode di luar jam sibuk ketika tarif listrik lebih rendah atau ketika beban listrik di lokasi bisnis rendah. Dengan memisahkan baterai dari kendaraan, baterai dapat dikelola secara mandiri, sehingga memungkinkan pertukaran baterai antartruk dan membuka pintu bagi aplikasi lain seperti penyimpanan energi dari sumber terbarukan.
Di sisi lain, Isuzu Motors menampilkan Isuzu Erga EV di Japan Mobility Show 2023. Ini merupakan bis listrik rute.
Isuzu Erga EV mewujudkan masa depan transportasi umum, desain lantai datar secara signifikan meningkatkan keselamatan penumpang dan teknologi BEV sangat mengurangi dampak lingkungan. Peluncuran kendaraan ini di Jepang direncanakan pada akhir FY2024 (berakhir 31 Maret 2025).
Erga EV merupakan bus rute BEV berlantai datar pertama yang dikembangkan oleh Isuzu untuk mewujudkan nol emisi karbon. Fleksibilitas tata letak BEV memungkinkan penghapusan langkah-langkah di bagian belakang bus, menciptakan interior berlantai datar sepenuhnya, memungkinkan para penumpang naik dan turun bus dengan mudah seperti bus konvensional bermesin diesel.
Semua kursi Erga EV dapat diakses tanpa tangga, sehingga pergerakan di dalam bus benar-benar bebas hambatan. Selain itu, akselerasi dan deselerasi bus lebih mulus, serta tingkat getaran dan kebisingan yang lebih rendah, memaksimalkan keselamatan dan kenyamanan para penumpang. Dengan perbaikan ini, Isuzu bertujuan untuk menghilangkan seluruh kecelakaan di dalam pesawat, seperti terjatuh. ##