Borgo Panigale – Ducati Panigale V4 R terbaru menjadi pamungkas di penghujung tahun 2022 guna memuaskan hasrat para penggemar motor kencang asal Italia. Dikabarkan bahwa penyempurnaan teknis dilakukan menganut teknologi dari MotoGP dan Superbike, seperti penggunaan connecting rod titanium dan piston berlapisan DLC (Diamond Like Carbon).
Diyakini New Ducati Panigale V4 R ini memiliki performa yang sebanding dengan motor balap Ducati yang ikut kejuaraan WorldSBK. Dari mesin berkapasitas 998 cc tersebut mampu hadirkan tenaga 218 hp pada 15.500 rpm, adapun putaran mesinnya bisa tembus 16.500 rpm pada gigi enam.
Oh iya, bila bermain di sirkuit tentunya bebas menggunakan knalpot racing. Bisikan dari teknisi Ducati untuk tenaganya bisa makin ganas lagi menembus 237 hp, ada tambahan 3 hp lagi berbanding pendahulunya. Tentunya perlu penanganan khusus terhadap putaran mesin yang kian tinggi. Ducati Corse melibatkan Shell untuk penanganannya. Diklaim mampu mereduksi gesekan hingga 10% sehingga bisa meningkatkan tenaga lebih dari 3,5 hp, bahkan bisa +4,5 hp.
Sekadar info dari Shell bahwa racikan aditifnya dari pengalaman di dunia balapan, khusus untuk motor rpm tinggi yang gunakan kopling kering. Faktanya bahwa kopling ini digunakan di disiplin balap MotoGP dan WorldSBK yang memungkinkan menggunakan aditif, akan menjadi kendala pada torsi bila digunakan di motor berkopling basah. Elemen kimia ini dicampurkan di base oil yang didedikasikan untuk kuantiti dan persentasi menjamin keseimbangan antara performa dan perlindungan mesin.
Adanya kombinasi knalpot racing dan penggunaan pelumas khusus dari Shell ini New Ducati Panigale V4 R semakin beringas suguhan tenaganya mencapai 240,5 hp.
Nah, membahas oli ini sejurus dengan connecting rod titanium yang ternyata bagian tengahnya dilubangi dan ini menjadi yang pertama untuk diterapkan di motor jalan raya. Lubang berukuran 1,6 mm guna memberikan tambahan semburan ke bagian bawah kepala silinder sehingga mengoptimalkan pelumasan dan berikan daya tahan di kondisi ekstrem.
Sementara itu, untuk teknologi DLC yang digunakan di piston New Ducati Panigale V4 R untuk meminimalisir gesekan antara piston dan liner. Teknologi ini kali pertama digunakan di motor jalan raya, sebab biasanya hanya ditemui di motor balap MotoGP dan balap Formula 1. Geometri baru di bagian piston membuat bobotnya lebih ringan 5 gram, berdampak pada geakan inersia dan berefek pada daya tahan.
Poros kem juga dibuat lebih agresif untuk berikan angkatan klep bertambah 1 mm. Modifikasi ini berdampak semakin panjangnya nafas motor ketika berakselerasi. Lebih sadisnya lagi, rasio gear New Ducati Panigale V4 R gunakan perbandingan gigi yang sama dengan motor balap Ducati di WorldSBK.
Meningkatkan kemampuan di lintasan dalam hal cengkeraman ke permukaan aspal, Panigale V4 R memakai suspensi yang memang sudah disiapkan khusus yakni Öhlins NPX25/30 pressurized fork untuk bagian depan dan Öhlins TTX36 untuk bagian belakang.
Tampilan keren New Ducati Panigale V4 R ditunjang oleh adanya sayap depan layaknya motor MotoGP Ducati Desmosedici GP sebagai peningkat aerodinamika. Fairing juga telah disempurnakan untuk mengoptimalkan pendinginan mesin dan aliran udara.
Simak Galerinya: