Tokyo/Leinfelden — Kemarin (10/6), Daimler Truck dan Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan penyelesaian Perjanjian Definitif untuk mengintegrasikan Mitsubishi Fuso dan Hino Motors secara setara. Sebuah perusahaan induk baru akan didirikan dan mulai beroperasi mulai April 2026.
Dengan mengintegrasikan Mitsubishi Fuso dan Hino Motors, Daimler Truck dan Toyota Motor Corporation (TMC) bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bisnis di berbagai bidang seperti pengembangan, pengadaan, dan produksi. Dengan ini, mereka berharap dapat meningkatkan daya saing produsen kendaraan komersial Jepang secara signifikan dan memperkuat fondasi industri otomotif di Jepang dan Asia.
Perusahaan induk baru akan memberikan para pelanggan, berbagai pemangku kepentingan, dan industri otomotif kontribusi dengan membantu memecahkan berbagai masalah seputar kendaraan komersial, seperti netralitas karbon dan efisiensi logistik, sekaligus berupaya mewujudkan masyarakat mobilitas yang berkelanjutan dan sejahtera serta memperkuat bisnis kendaraan komersial secara global melalui pengembangan teknologi CASE (Connected, Autonomous, Shared, Electric), termasuk hidrogen.
“Integrasi Mitsubishi Fuso dan Hino Motors yang kini telah diputuskan benar-benar bersejarah. Kami menyatukan dua mitra yang kuat untuk membentuk perusahaan yang lebih kuat dan untuk berhasil membentuk dekarbonisasi transportasi. Bersama-sama, Mitsubishi Fuso dan Hino Motors memiliki potensi besar untuk memanfaatkan skala―dan skala adalah kunci untuk menang dalam transformasi teknologi industri kami. Karl Deppen adalah pemimpin yang berpengalaman dan kuat yang memahami seluruh rantai nilai bisnis kami, dan karena itu saya yakin bahwa ia dapat membawa perusahaan baru ini ke tingkat berikutnya,” kata Karin Rådström, CEO, Daimler Truck.
Sementara Koji Sato, CEO, Toyota, menyatakan “Kami percaya bahwa masa depan adalah milik kita bersama untuk dibangun. Kesepakatan akhir hari ini bukanlah tujuan, melainkan garis awal. Keempat perusahaan kami, yang bertujuan untuk mencapai masyarakat mobilitas berkelanjutan, akan terus menciptakan masa depan kendaraan komersial bersama-sama.”
Perusahaan induk yang mengintegrasikan Mitsubishi Fuso dan Hino Motors akan dimiliki oleh Daimler Truck (25%) dan TMC (25%). Perusahaan baru akan bermarkas di Tokyo dan dipimpin oleh Karl Deppen (saat ini menjabat sebagai Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation President and CEO).
Sebagai informasi Daimler Truck merupakan pemegang saham mayoritas (sekitar 89%) di Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC). Sementara TMC memegang lebih dari 50% saham di Hino Motors. ##