Rabu, Juni 4, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

First Drive Honda City Hatchback RS 2022

by Indra Prabowo
Februari 6, 2022
City Hatchback RS
Share on FacebookShare on Twitter

Baca Juga :

Tertarik beli Palisade Hybrid? Pesan saja di Hyundai Gowa

Omoda C9 PHEV superirit BBM

Diton Raih Penghargaan Top Brand Award 2024

JAKARTA — Setelah belasan tahun menjadi salah satu mobil hatcback terlaris di Indonesia, Honda Jazz telah memasuki masa purnatugas (2003-2021). Posisinya digantikan oleh Honda City Hatchback RS sejak awal Maret 2021.

Honda City Hatchback RS punya tanggungjawab tidak mudah karena dia harus melampaui prestasi Honda Jazz. Generasi keempat Honda Jazz sendiri tidak dijual di Indonesia hingga kini, meski sudah diluncurkan di Tokyo Motor Show 2019 dan dijual di Jepang sejak Februari 2020. Mungkin, desain unik generasi keempat tidak akan memenuhi selera orang-orang Indonesia.

Pekan lalu, Otobisnis.com berkesempatan mengencani Honda City Hatchback RS dari Jakarta-Bogor. Sebagai pengganti Honda Jazz, model ini memiliki headroom lebih rendah apalagi di bagian belakang. Namun, legroom para penumpang depan dan belakang terasa cukup (dimensi secara keseluruhan dan wheelbase lebih panjang).

Dengan membawa emblem “RS” (Road Sailing), mobil yang berplatform sama dengan Honda City Sedan ini terlihat sporty dalam dan luar.

INTERIOR

Di dalam aura sporty terlihat dari dominasi warna hitam dan aksen merah di beberapa bagian. termasuk jahitan jok, audio steering switch, shift knob, A/C, dan meter cluster.

city-hatchback-rs-6
city-hatchback-rs-4

Di tengah dashboard terdapat sebuah sistem audio layar-sentuh yang menjadi pusat fitur hiburan dan dapat terkoneksi dengan smartphone pengemudi. Touchscreen ini pun menampilkan lingkungan belakang mobil saat tuas transmisi digeser ke “R”.

Sebagai pengemudi dengan tinggi badan 165 cm duduk dengan nyaman. Jok terasa empuk dan menunjang selama berkendara. Paddle shfiter menambah kenikmatan berkendara.

EKSTERIOR

Secara desain, Honda City Hatchback RS lebih agresif dan sporty dibandingkan saudaranya Honda City Sedan yang cenderung elegan, apalagi generasi keempat Honda Jazz.

City Hatchback RS

Kesan angker terlihat dari sabuk hitam yang melintang di depan, bumper terpahat dan desain kedua lampu depan yang menajam. Sementara bagian buritan mobil berusaha menyamai karakter bagian depan mobil, namun, menurut kami kurang meninju. Dua tutup kaca spion dan keempat velg hitam menambah kesan agresif.

FITUR

Ada satu fitur yang paling menarik dari berbagai fitur (kenyamanan, keselamatan dan keamanan) yang dimiliki oleh Honda City Hatchback RS. Fitur Remote Engine Start memungkinkan kita menyalakan mesin dan AC untuk menyejukkan kabin sebelum kita masuk via remote control. Namun, setelah pengemudi masuk dan ingin mengendarainya, dia perlu menyalakan mesin kembali karena mesin dan AC akan mati.

Fitur Remote Engine Start ditemukan di Honda Accord, Honda CR-V dan Honda Civic.

Fitur-fitur lain yang dibawa adalah cruise control, audio steering switch, hands-free telephone (HFT) switch dengan Voice Recognition, ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal, APAR (Alat Pemadaman Api Ringan), smart key with keyless entry, immobilizer, dan alarm system.

MESIN

Honda Motor membenamkan mesin 4-silinder segaris 1.5L, DOHC, 16-katup, i-VTEC, DBW (drive by wire) di bawah tudung depan Honda City Hatchback RS. Tenaga puncaknya 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Tenaga dan torsinya terbesar di kelasnya (Toyota Yaris 107 PS dan 140 Nm). Anda bisa memilih transmisi manual 6-speed atau CVT, seperti yang kami kendarai.

ON THE ROAD

Kemudi Honda City Hatchback RS terasa agak padat saat melaju pada kecepatan menengah – atas. Tentu, ini membuat pengemudi semakin percaya diri. Pengendaraannya sendiri terasa kokoh.

Meski demikian, responsivitas mesin kurang galak ketika transmisi diparkir di “D”. Berbeda certita setelah tuas diarahkan ke “S”, mobil lebih galak.

Anyway, dengan semua karakter yang dimiliki oleh Honda City Hatchback RS jauh lebih menyenangkan dibandingkan Honda Jazz generasi ketiga yang tidak lagi dijual di Indonesia. ##

Daftar Harga Honda City Hatachback RS 2022:

  • Manual 6-speed Rp 330.900.000,00
  • CVT Rp 340.900.000,00

Tags: HondaHonda CityHONDA CITY HATCHBACKHONDA CITY HATCHBACK 2022
Previous Post

Honda ADV150 Jadi Skutik Resmi MotoGP Mandalika 2022

Next Post

Team Land Cruiser dan G-Shock Lahirkan Jam Tangan Keren

Related Posts

Hyundai Palisade Hybrid
Berita

Tertarik beli Palisade Hybrid? Pesan saja di Hyundai Gowa

Juni 4, 2025
Omoda C9 PHEV
Berita

Omoda C9 PHEV superirit BBM

Juni 3, 2025
Diton raih penghargaan Top Brand Award 2024
Berita

Diton Raih Penghargaan Top Brand Award 2024

Juni 3, 2025
Mikuni
Berita

Mikuni dan Suzuki kembangkan kendaraan listrik

Juni 3, 2025
Peluncuran mobil BAIC BJ40 Plus rakitan lokal Indonesia
Berita

Dirakit di Indonesia, harga BAIC BJ40 Plus turun

Juni 2, 2025
Wuling Xing Guang 2025
Berita

Wuling luncurkan sedan canggih di bawah Rp200 juta

Juni 2, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.