JAKARTA — Setelah belasan tahun menjadi salah satu mobil hatcback terlaris di Indonesia, Honda Jazz telah memasuki masa purnatugas (2003-2021). Posisinya digantikan oleh Honda City Hatchback RS sejak awal Maret 2021.
Honda City Hatchback RS punya tanggungjawab tidak mudah karena dia harus melampaui prestasi Honda Jazz. Generasi keempat Honda Jazz sendiri tidak dijual di Indonesia hingga kini, meski sudah diluncurkan di Tokyo Motor Show 2019 dan dijual di Jepang sejak Februari 2020. Mungkin, desain unik generasi keempat tidak akan memenuhi selera orang-orang Indonesia.
Pekan lalu, Otobisnis.com berkesempatan mengencani Honda City Hatchback RS dari Jakarta-Bogor. Sebagai pengganti Honda Jazz, model ini memiliki headroom lebih rendah apalagi di bagian belakang. Namun, legroom para penumpang depan dan belakang terasa cukup (dimensi secara keseluruhan dan wheelbase lebih panjang).
Dengan membawa emblem “RS” (Road Sailing), mobil yang berplatform sama dengan Honda City Sedan ini terlihat sporty dalam dan luar.
INTERIOR
Di dalam aura sporty terlihat dari dominasi warna hitam dan aksen merah di beberapa bagian. termasuk jahitan jok, audio steering switch, shift knob, A/C, dan meter cluster.
Di tengah dashboard terdapat sebuah sistem audio layar-sentuh yang menjadi pusat fitur hiburan dan dapat terkoneksi dengan smartphone pengemudi. Touchscreen ini pun menampilkan lingkungan belakang mobil saat tuas transmisi digeser ke “R”.
Sebagai pengemudi dengan tinggi badan 165 cm duduk dengan nyaman. Jok terasa empuk dan menunjang selama berkendara. Paddle shfiter menambah kenikmatan berkendara.
EKSTERIOR
Secara desain, Honda City Hatchback RS lebih agresif dan sporty dibandingkan saudaranya Honda City Sedan yang cenderung elegan, apalagi generasi keempat Honda Jazz.
Kesan angker terlihat dari sabuk hitam yang melintang di depan, bumper terpahat dan desain kedua lampu depan yang menajam. Sementara bagian buritan mobil berusaha menyamai karakter bagian depan mobil, namun, menurut kami kurang meninju. Dua tutup kaca spion dan keempat velg hitam menambah kesan agresif.
FITUR
Ada satu fitur yang paling menarik dari berbagai fitur (kenyamanan, keselamatan dan keamanan) yang dimiliki oleh Honda City Hatchback RS. Fitur Remote Engine Start memungkinkan kita menyalakan mesin dan AC untuk menyejukkan kabin sebelum kita masuk via remote control. Namun, setelah pengemudi masuk dan ingin mengendarainya, dia perlu menyalakan mesin kembali karena mesin dan AC akan mati.
Fitur Remote Engine Start ditemukan di Honda Accord, Honda CR-V dan Honda Civic.
Fitur-fitur lain yang dibawa adalah cruise control, audio steering switch, hands-free telephone (HFT) switch dengan Voice Recognition, ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal, APAR (Alat Pemadaman Api Ringan), smart key with keyless entry, immobilizer, dan alarm system.
MESIN
Honda Motor membenamkan mesin 4-silinder segaris 1.5L, DOHC, 16-katup, i-VTEC, DBW (drive by wire) di bawah tudung depan Honda City Hatchback RS. Tenaga puncaknya 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Tenaga dan torsinya terbesar di kelasnya (Toyota Yaris 107 PS dan 140 Nm). Anda bisa memilih transmisi manual 6-speed atau CVT, seperti yang kami kendarai.
ON THE ROAD
Kemudi Honda City Hatchback RS terasa agak padat saat melaju pada kecepatan menengah – atas. Tentu, ini membuat pengemudi semakin percaya diri. Pengendaraannya sendiri terasa kokoh.
Meski demikian, responsivitas mesin kurang galak ketika transmisi diparkir di “D”. Berbeda certita setelah tuas diarahkan ke “S”, mobil lebih galak.
Anyway, dengan semua karakter yang dimiliki oleh Honda City Hatchback RS jauh lebih menyenangkan dibandingkan Honda Jazz generasi ketiga yang tidak lagi dijual di Indonesia. ##
Daftar Harga Honda City Hatachback RS 2022:
- Manual 6-speed Rp 330.900.000,00
- CVT Rp 340.900.000,00