Jumat, Oktober 31, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

BMW M 1000 RR Pakai Suspensi Pengembangan dari ZF

by Kusnadi Cahyono
Agustus 9, 2022
Share on FacebookShare on Twitter

Munich – ZF Friedrichshafen AG, atau lebih dikenal ZF, mendapat tantangan dari BMW Motorrad Motorsport melakukan kolaborasi di dunia balap kembangkan BMW M 1000 RR.

ZF yang biasa dikenal menghadirkan teknologi transmisi, kali ini mengembangkan peranti suspensi untuk motor balap BMW M 1000 RR untuk tim BMW Motorrad World Endurance. Berupa suspensi garpu teleskopik untuk bagian depan yang terbuat dari karbon.

BMW Motorrad Motorsport Director Marc Bongers mengatakan saling melengkapi dalam kolaborasi ini. Faktor penting adalah melakukan pengembangan komponen bersama rekanan dan bisa memenuhi kebutuhan spesifikasi motor. “Karena melalui komponen ini secara langsung berdampak pada kami dan juga buat konsumen, sekaligus memungkinkan meningkatkan performa BMW M 1000 RR di FIM EWC,” ujar Bongers.

Baca Juga :

SUV listrik Honda 0 α akan dijual pada tahun 2027

Geely Starray mulai dijual di Indonesia

BYD RACCO menyengat para pabrikan Jepang

Sebagai informasi ZF merupakan perusahaan teknologi yang menghadirkan komponen global untuk kendaraan penumpang, motor, kendaraan komersial, dan teknologi industri. ZF dan BMW sudah melakukan kerjasama beberapa tahun belakangan.

Bagian dari kerjasama tersebut adalah kustom untuk kopling balap dan suspensi untuk mobil balap BMW mulai dari F1, DTM, 24 Hours of Nurburgring atau di Formula BMW. Mulai musim ini ZF terlibat bersama BMW Motorrad Motorsport dalam pengembangan teknologi.

Adapun teknologi suspensi depan model garpu yang dipakai oleh BMW M 1000 RR terbuat dari carbon fibre composite. Teknologi komponen suspensi ini untuk kali pertama di gunakan di dunia balap, di bagian tabung luar terbuat dari serat karbon, sedangkan bagian tabung dalam hybrid terbuat dari metal carbon fibre composite. Sedangkan bagian kaki garpu dari besi yang direkatkan ke hybrid inner tube.

Keuntungan dari peranti suspensi dari ZF ini adalah bobotnya lebih ringan, sehingga bisa lebih efisien ketika balap ketahanan. Tingkat kekakuan redaman juga bisa diubah secara sistematis yang tentunya berdampak pada pengendalian motor.

Penggunaan material dan teknologi ini membuat getaran di motor bisa teredam lebih baik. Dalam pengembangan memang diuji kelenturan ketika mendapat beban ekstrem saat akselerasi hingga deselerasi. Masukan dari pembalap juga penting agar sesuai dengan tujuan hadirkan keandalan di motor.

ZF Engineer Henner Fröderking mengatakan bahwa pengembangan komponen untuk dunia balap selalu menantang dari pandangan para ahli. “Berbagai hal dari fungsi di ringkas menjadi kecil, dan kebutuhannya secara jelas berbeda dari versi produksi,” ujarnya.

Dalam pengembangannya sangat berbeda berbanding gunakan besi. Mulai dari kalkulasi desain elemen terutama kekauannya. Struktur tiap lapisan harus tepat, kemudian diuji ketahanan bobotnya, agar memberikan tingkat keamanan terbaik.

Kemampuan suspensi depan dalam memberikan redaman ke permukaan aspal menjadi hal penting bagi pembalap agar ban tetap menapak dengan baik, terutama saat menikung dan pengereman. [KC]

Tags: BMW M 1000 RRBMW Motorrad MotorsportBMW Motorrad World EnduranceZF Friedrichshafen AG
Previous Post

Mobil Listrik Murah Wuling Air Mulai Diproduksi

Next Post

Volvo Group akan Produksi Baterai Skala Besar untuk Truk

Related Posts

Honda 0 α
Berita

SUV listrik Honda 0 α akan dijual pada tahun 2027

Oktober 31, 2025
Geely Starray
Berita

Geely Starray mulai dijual di Indonesia

Oktober 31, 2025
BYD RACCO
Berita

BYD RACCO menyengat para pabrikan Jepang

Oktober 30, 2025
MITSUBISHI ELEVANCE
Berita

Mitsubishi Elevance PHEV, spekulasi masa depan Pajero Sport

Oktober 29, 2025
Daihatsu K-Vision
Berita

Daihatsu hadirkan mobil hybrid dan listrik di JMS 2025

Oktober 29, 2025
Nissan Elgrand 2027
Berita

Nissan Elgrand 2027 pastikan para penumpang nyaman dan tidak ‘mabuk’

Oktober 29, 2025

TERBARU

Honda 0 α
Berita

SUV listrik Honda 0 α akan dijual pada tahun 2027

Oktober 31, 2025
United Bike Espana E1
Berita

United Bike Perkuat Segmen Kendaraan Listrik Lokal Lewat Espana E1

Oktober 31, 2025
Geely Starray
Berita

Geely Starray mulai dijual di Indonesia

Oktober 31, 2025
AION UT
Berita

AION UT mulai diserahkan oleh GAC Indonesia ke para pelanggan

Oktober 30, 2025
BYD RACCO
Berita

BYD RACCO menyengat para pabrikan Jepang

Oktober 30, 2025
MITSUBISHI ELEVANCE
Berita

Mitsubishi Elevance PHEV, spekulasi masa depan Pajero Sport

Oktober 29, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

Jaecoo J5 EV
Mobil Baru

Review JAECOO J5 EV di lintasan aspal dan offroad ringan

Oktober 29, 2025
Jaecoo J5 EV
Mobil Baru

Jaecoo J5 EV ungkap interior jelang peluncuran

Oktober 23, 2025
Citroen C3 Aircross
Berita

Citroen C3 Aircross SUV jadi pilihan menarik di kelas Rp300 jutaan

Oktober 13, 2025
Chery Tiggo 9 CSH AWD
Berita

Chery Tiggo 9 CSH AWD mobil all-in-one untuk keluarga

Oktober 12, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.