Munich – ZF Friedrichshafen AG, atau lebih dikenal ZF, mendapat tantangan dari BMW Motorrad Motorsport melakukan kolaborasi di dunia balap kembangkan BMW M 1000 RR.
ZF yang biasa dikenal menghadirkan teknologi transmisi, kali ini mengembangkan peranti suspensi untuk motor balap BMW M 1000 RR untuk tim BMW Motorrad World Endurance. Berupa suspensi garpu teleskopik untuk bagian depan yang terbuat dari karbon.
BMW Motorrad Motorsport Director Marc Bongers mengatakan saling melengkapi dalam kolaborasi ini. Faktor penting adalah melakukan pengembangan komponen bersama rekanan dan bisa memenuhi kebutuhan spesifikasi motor. “Karena melalui komponen ini secara langsung berdampak pada kami dan juga buat konsumen, sekaligus memungkinkan meningkatkan performa BMW M 1000 RR di FIM EWC,” ujar Bongers.
Sebagai informasi ZF merupakan perusahaan teknologi yang menghadirkan komponen global untuk kendaraan penumpang, motor, kendaraan komersial, dan teknologi industri. ZF dan BMW sudah melakukan kerjasama beberapa tahun belakangan.
Bagian dari kerjasama tersebut adalah kustom untuk kopling balap dan suspensi untuk mobil balap BMW mulai dari F1, DTM, 24 Hours of Nurburgring atau di Formula BMW. Mulai musim ini ZF terlibat bersama BMW Motorrad Motorsport dalam pengembangan teknologi.
Adapun teknologi suspensi depan model garpu yang dipakai oleh BMW M 1000 RR terbuat dari carbon fibre composite. Teknologi komponen suspensi ini untuk kali pertama di gunakan di dunia balap, di bagian tabung luar terbuat dari serat karbon, sedangkan bagian tabung dalam hybrid terbuat dari metal carbon fibre composite. Sedangkan bagian kaki garpu dari besi yang direkatkan ke hybrid inner tube.
Keuntungan dari peranti suspensi dari ZF ini adalah bobotnya lebih ringan, sehingga bisa lebih efisien ketika balap ketahanan. Tingkat kekakuan redaman juga bisa diubah secara sistematis yang tentunya berdampak pada pengendalian motor.
Penggunaan material dan teknologi ini membuat getaran di motor bisa teredam lebih baik. Dalam pengembangan memang diuji kelenturan ketika mendapat beban ekstrem saat akselerasi hingga deselerasi. Masukan dari pembalap juga penting agar sesuai dengan tujuan hadirkan keandalan di motor.
ZF Engineer Henner Fröderking mengatakan bahwa pengembangan komponen untuk dunia balap selalu menantang dari pandangan para ahli. “Berbagai hal dari fungsi di ringkas menjadi kecil, dan kebutuhannya secara jelas berbeda dari versi produksi,” ujarnya.
Dalam pengembangannya sangat berbeda berbanding gunakan besi. Mulai dari kalkulasi desain elemen terutama kekauannya. Struktur tiap lapisan harus tepat, kemudian diuji ketahanan bobotnya, agar memberikan tingkat keamanan terbaik.
Kemampuan suspensi depan dalam memberikan redaman ke permukaan aspal menjadi hal penting bagi pembalap agar ban tetap menapak dengan baik, terutama saat menikung dan pengereman. [KC]