JAKARTA — BMW iX1 eDrive20 M Sport, BMW iX1 xDrive50 Sport dan MINI Clubman Final Edition tampil di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.
BMW iX1 eDrive20 M Sport ditenagai oleh motor listrik dengan output maksimum 150 kW/204 hp (dengan peningkatan sementara) dan memiliki jangkauan 474 kilometer (WLTP).
Seperti pada semua kendaraan listrik BMW saat ini, BMW iX1 eDrive20 M Sport juga menggunakan teknologi BMW eDrive generasi kelima. Unit penggerak yang sangat terintegrasi pada gandar depan model entry-level baru menghasilkan torsi maksimum yang tersedia secara instan sebesar 250 Nm. SAV kompak full-listrik ini mampu berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 8,6 detik.
Baterai tegangan tinggi yang ditempatkan di lantai kendaraan untuk menghemat ruang, memiliki kandungan energi yang dapat digunakan sebesar 64,78 kWh. Kepadatan energinya yang tinggi, bersama dengan efisiensi motor elektrik, berkontribusi pada konsumsi daya mobil yang menguntungkan dan memberikan jangkauan yang sangat baik dibandingkan kompetitor. Unit Pengisian Gabungan pada BMW iX1 eDrive20 M Sport memungkinkan pengisian daya AC hingga 22 kW sebagai standar. Hal ini memungkinkan baterai bertegangan tinggi diisi dari nol hingga 100 persen dari kapasitasnya dalam waktu 6,5 jam. Status pengisian baterai dapat ditingkatkan dari 10 menjadi 80% dalam waktu 29 menit di stasiun pengisian cepat.
Waktu pengisian daya yang singkat antara lain disebabkan oleh perangkat lunak pengisian daya yang sangat efisien. Daya pengisian daya dapat dikontrol secara spesifik saat energi dialirkan. Selain itu, manajemen termal antisipatif memastikan bahwa suhu baterai bertegangan tinggi dikontrol secara optimal pada waktu yang tepat sebelum singgah di stasiun pengisian cepat. Saat sistem navigasi aktif, baterai secara otomatis dipra-kondisikan sebelum pengisian daya direncanakan dihentikan. Pra-pengkondisian baterai dapat diaktifkan dan dinonaktifkan secara manual oleh pelanggan kapan saja.
Pada tahun 1969, MINI Clubman pertama membuat pernyataan yang jelas, yang diungkapkan oleh desainer Roy Haynes sebagai berikut: “Kesan bahwa hanya benda jelek yang dapat berfungsi telah hilang.” Kendaraan yang penuh gaya ini menimbulkan sensasi sejak awal antara tahun 1969 dan 1981 dengan ciri khas pintu terbelah di bagian belakang. Saat itu, Mini Clubman menaklukkan pasar otomotif sebagai station wagon dengan wheelbase panjang dan bodi shooting-brake memanjang.
Untuk edisi baru tahun 2007, MINI Clubman menghadirkan interpretasi modern dari konsep shooting-brake klasik. Untuk akses ke belakang, hanya terdapat satu pintu di sisi kanan kendaraan yang terbuka ke belakang. Dengan model generasi ketiga dari tahun 2015, MINI Clubman bertambah lagi hingga kini memiliki panjang 4,25 meter dan menjadi lebih lega serta nyaman berkat jarak sumbu roda yang lebih panjang dan dua pintu samping belakang berukuran penuh.
Bersama dengan pintu belakang terpisah yang unik, MINI Clubman tetap menjadi salah satu model MINI paling serbaguna hingga saat ini. Bagasi yang luas memudahkan untuk memuat kompartemen bagasi yang saat ini mampu menampung hingga 1.250 liter.
Kini hadir secara eksklusif 1.969 unit secara global – dengan alokasi 50 unit untuk Indonesia – MINI Clubman Final Edition gabungkan nilai Clubman yang legendaris dengan tradisi brand MINI dengan elemen desain eksklusif dan karakteristik yang kuat.
Ditenagai mesin bensin empat silinder dengan teknologi MINI TwinPower Turbo yang menghasilkan tenaga 178 hp, MINI Clubman Final Edition ditawarkan dalam varian Cooper S yang selalu mengedepankan dinamika berkendara, gaya, dan kenyamanan.
Sebagai edisi khusus, MINI Clubman Final Edition tersedia dalam balutan warna Nanuq White, Enigmatic Black, dan Melting Silver. Dengan detail karismatik dalam warna Shimmer Copper, edisi terbatas ini mengacu pada sejarah desain dari bakat-bakat luar biasa. Bagian sekeliling dan sepertiga atas palang kisi-kisi radiator diberi warna edisi berkilauan, begitu pula MINI Cooper S Blade khas model dan scuttle samping. Pola grafis pada velg ringan 18 inci pada desain Final Edition Spoke 2-tone juga diberi finishing dengan pernis bening berwarna yang mengingatkan pada Copper (tembaga), memberikan rona berkilauan yang elegan.
Di bagian bawah pintu samping, garis-garis khas MINI menonjolkan bodi memanjang dari konsep shooting-brake yang ikonik. Garis-garis ini juga ditemukan di kap mesin sisi penumpang dan di sisi kanan pintu terpisah. Tulisan “Final Edition” yang berkilauan dengan elegan menunjukkan edisi khusus, begitu pula lencana “1 of 1969” di sisi pilar C. Lampu belakang Union Jack mengacu pada histori MINI Clubman asal Inggris.
Harga MINI Clubman Final Edition Rp 1.059.000.000,00, harga BMW iX xDrive50 Sport Rp 2.627.000.000,00, dan harga BMW iX1 eDrive20 M Sport Rp 1.447.000.000. Semuanya harga off-the-road. ##