Crewe – Kekaguman akan salah satu keajaiban alam di Indonesia, salah satu produsen mobil mewah asal Inggris Bentley Motors menghadirkan racikan teranyar Bentley Mulliner Batur. Dikemas sebagai grand touring coupe dua pintu, dikabarkan hanya dibuat terbatas 18 unit.
Merupakan hasil kerja tim Bentley yang dikepalai Director of Design Andreas Mindt. Diyakini Bentley Mulliner Batur menjadi showcase DNA desain terbaru bagi masa depan jajaran Bentley terutama di Battery Electric Vehicles (BEV).
Dihadirkannya proyek terbaru Bentley Mulliner Batur, sebagai keberlanjutan divisi coachbuilding Mulliner yang sudah sukses mengemas Bacalar yang secara individu dibuat sebanyak 12 unit, didesain dan dibuat oleh para tangan terampil Barchettas yang diperkenalkan kembali di Bentley.
Sama seperti Bacalar, untuk Batur merupakan nama dari sebuah danau yang terbuat secara alami. Danau Batur memiliki kedalaman 88 meter, memiliki luas 16 km persegi di kawasan Kintamani yang merupakan bagian dari pulau Bali, Indonesia, menghasilkan air yang kaya nutrisi untuk air panas dan juga pertanian.
Mengusung nama Bentley Mulliner Batur, diklaim sebagai Bentley paling kuat dihadirkan dalam hal performa. Tenaga lebih dari 740 hp dan torsi 1.000 Nm, mesin buatan tangan berkapasitas 6.000 cc, twin-turbocharger W12 yang memang sudah terpercaya sejak dua dekade terakhir.
Berbanding semenjak diperkenalkan di Continental GT tahun 2002, penyempurnaan.W12 sudah 40% lebih baik dalam hal performa, lebih irit bahan bakar 25%. Perihal transmisinya andalkan delapan percepatan kopling ganda racikan Bentley. Sistem pipa knalpot seluruhnya terbuat dari titanium, sedangkan untuk pipa gas buangnya gunakan 3D-printed bermaterial titanium menjadi yang pertama bagi Bentley.
Menyongsong elektrifikasi, Bentley juga sudah menyiapkan transformasi Bentley Beyond100. Batur ini menjadi salah satu bagian dari perayaan W12 yang tak sekadar tenaga, torsi dan penyempurnaan. Performa mesin akan disandingkan dengan sasis Bentley terbaik, suspensi udara Speed-tuned, electric active anti-roll control, eLSD, four-wheel steering dan torque vectoring.
Dikabarkan 18 unit Bentley Mulliner Batur sudah habis terpesan. Setiap unitnya akan didesain berkolaborasi dengan pemiliknya, dipandu oleh tim desain Mulliner. Konsumen diperkenankan untuk secara spesifik memilih warna dan material yang digunakan di dalam Batur, menciptakan sebuah mobil yang mencerminkan diri pemiliknya.
Setiap unitnya akan dibuat selama beberapa bulan di workshop Mulliner di fasilitas Bentley di Crewe, Inggris. Pengiriman perdana akan mulai pada pertengahan tahun 2023.
Penanganan khusus mobil yang seluruhnya dibuat oleh para tangan terampil di Bentley, bahkan hingga pengecatan untuk grafisnya. Disematkan pula tambahan aerodinamika berupa front splitter, side skirt dan diffuser belakang bisa dibuat dari serat karbon atau yang terbaru Natural Fibre composite.
Tampilan kecerahan mobil bisa dicampur terang atau gelap, satin atau mengilap hingga titanium. Pelek yang digunakan memakai ukuran 22 inci berbalut ban Pirelli, diberi kelir Black Crystal dual tone. Salah satu contoh warna adalah Bonneville Pearlescent Silver.
Detail material kabinnya juga luar biasa, dihadirkan kulit low-carbon yang didatangkan dari Skotlandia, kulit dari Italia dengan lima pilihan warna. Kemudian material Dinamica, bahan alternatif seperti suede yang mendekati kualitas kulit. Oh iya, terdapat juga material daur ulang berupa karpet yang terbuat dari limbah benang.
Client dibebaskan untuk memilih tema terang atau gelap di kabin. Beberapa kontrol pengendali seperti salah satu contoh untuk penutup ventilasi, bisa dihadirkan 3D-printed emas 18 karat. Bentley Mulliner Batur yang diperkenalkan kepada calon konsumen ini memadukan kombinasi hitam, merah dan orange, secara spesifik Beluga, Hotspur, dan Hyperactive.
Saat diajak melaju, ada empat mode pilihan berkendara Drive Dynamic Control (DDC) yang bisa dioperasikan di konsol tengah, pilihannya berupa Sport, Bentley, Comfort, dan Custom. DDC ini juga mengubah sistem 48V electric active anti-roll control, bisa menghadirkan 1.300 Nm anti-roll torque dalam 0,3 detik di tiap poros kemudi. Hal ini membuat Bentley Mulliner Batur lebih lincah saat masuk tikungan dan melesat cepat ketika gunakan mode Sport.
Menjaga agar tetap terkendali, sudah ada electronic Limited Slip Differential (eLSD) yang akan mengendalikan sasis lebih baik. Setiap roda akan memberikan cengkeraman berbeda di situasi tertentu, baik saat menikung, melakukan pengereman. Sistem pengereman gunakan Bentley CSiC (Carbon-Silicon-Carbide), berukuran 440 mm di depan dan 410 mm di belakang. Gunakan 10 piston kaliper untuk depan dan 4 kaliper di belakang. [KC]