SHANGHAI — Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL) meluncurkan Bedrock Chassis. Rangka dasar mobil listrik ini diklaim sebagai chassis skateboard ultra-aman pertama di dunia.
Bedrock Chassis untuk mobil listrik sanggup menahan benturan frontal 120 km/jam tanpa terbakar atau meledak. Ini menetapkan standar baru untuk keamanan chassis cerdas, yang memberikan perlindungan menyeluruh di semua skenario dan rentang kecepatan.
Dengan desain yang berpusat pada baterai, Bedrock Chassis dari CATL menggunakan teknologi integrasi Cell-to-Chassis (CTC), yang secara langsung mengintegrasikan sel baterai ke dalam chassis, sehingga memungkinkan desain struktural yang sama di antara keduanya. Dan berdasarkan pemisahan chassis dari body atas, Bedrock Chassis mampu menyerap 85% energi tabrakan kendaraan (dibandingkan dengan sekitar 60% yang diserap oleh chassis tradisional).
Melalui berbagai terobosan teknologi, Bedrock Chassis berhasil lulus uji keselamatan ekstrem ganda pertama di dunia “kecepatan tertinggi + benturan terkuat”. Pencapaian ini memungkinkan chassis lulus uji benturan tiang tengah depan 120 km/jam tanpa terbakar, meledak, atau mengalami landasan termal, yang mendefinisikan ulang tolok ukur keselamatan dalam industri.
Saat ini, kecepatan untuk uji keselamatan benturan frontal dalam C-NCAP (China New Car Assessment Program) yang umum digunakan adalah 56 km/jam, yang, saat mengalami benturan frontal pada kecepatan ini, menghasilkan energi tabrakan setara dengan jatuh dari gedung setinggi 12 meter. Sebagai perbandingan, benturan frontal pada kecepatan 120 km/jam setara dengan jatuh dari gedung setinggi 56 meter, menghasilkan energi tabrakan 4,6 kali lipat dari tabrakan pada kecepatan 56 km/jam.
Dalam uji tabrakan ujung depan yang lebih ketat, di mana mensimulasikan tabrakan dengan objek nonstandar seperti tiang listrik, pohon besar, atau hewan, area benturannya hanya 1/6 dari benturan frontal lebar penuh, yang secara eksponensial meningkatkan tekanan benturan. Pada kecepatan 120 km/jam, tekanan benturan pada chassis per satuan area dalam benturan tiang tengah frontal adalah 21 kali lipat dari benturan frontal lebar penuh 56 km/jam dalam pengujian C-NCAP.
Karena kecepatan dan intensitas tabrakan yang sangat tinggi, belum pernah ada kendaraan energi baru (NEV) yang berani menantang uji benturan ujung depan dengan kecepatan 120 km/jam. Dengan tantangan ekstrem ini, Bedrock Chassis dari CATL telah merintis jalan baru bagi industri ini.
CATL Bedrock Chassis menampilkan struktur cangkang kura-kura biomimetik tiga dimensi revolusioner, di mana rangka body dan unit energi terintegrasi, terhubung erat untuk memberikan perlindungan yang tidak dapat dihancurkan pada unit energi. Dan struktur penahan sekelas kapal induk menyebarkan gaya benturan ke berbagai jalur selama tabrakan, secara bertahap memperlambat kendaraan dan secara signifikan mengurangi kedalaman dan kecepatan rintangan yang masuk ke kabin. Pemanfaatan baja yang dibentuk panas sekelas kapal selam dengan kekuatan 2000MPa, paduan aluminium sekelas kedirgantaraan dengan kekuatan 600MPa, dan berbagai struktur penghalang semakin meningkatkan kekakuan sasis, membuatnya hampir kedap air.
Selain itu, CATL Bedrock Chassis menggabungkan desain sel baterai yang sangat aman, teknologi NP, dan film insulasi penyerap energi dengan keuletan tinggi. Dalam hal pemutusan tegangan tinggi, pemutusan seketika sirkuit tegangan tinggi tercapai dalam waktu 0,01 detik setelah benturan dan pelepasan energi tegangan tinggi sisa di dalam kendaraan selesai dalam waktu 0,2 detik, sehingga menciptakan rekor industri baru.
Khususnya, sel baterai telah menjalani pengujian yang sangat berat, termasuk pengujian benturan kereta luncur berkecepatan tinggi pada kecepatan 60 km/jam, pengujian tekukan 90 derajat, dan pengujian penggergajian terobosan, baterai tidak terbakar atau meledak di ketiga pengujian tersebut. Pengujian ini, yang semuanya merupakan yang pertama di industri oleh CATL, telah meningkatkan standar keselamatan sel baterai ke tingkat yang lebih tinggi. ##