MEDAN — Peran industri keuangan atau lembaga pembiayaan mobil tidaklah kecil dalam menumbuhkembangkan industri otomotif Indonesia. Kehadiran mereka sangat memudahkan masyarakat untuk memiliki mobil secara kredit sehingga industri otomotif sangat terdukung.
Salah satu pemain terbesar di industri pembiayaan mobil adalah Astra Financial dengan sejumlah unit bisnisnya, yang secara konsisten mendukung industri otomotif, khususnya melalui pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sejak 2018.
“Astra Financial berkomitmen dalam mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia yang diwujudkan dengan kehadiran kami di GIIAS,” ucap Tan Chian Hok, Project Director Astra Financial GIIAS 2022.
Pada tahun perdananya mendukung GIIAS 2018, kelompok layanan keuangan PT Astra International Tbk ini melibatkan 5 unit bisnisnya yakni PermataBank, ACC (Astra Credit Companies), FIFGROUP, TAF (Toyota Astra Financial Services), Asuransi Astra dan Astra Life. Mereka sukses menghasilkan Rp 1,1 triliun aplikasi pembiayaan mobil melalui ACC yang membiayai mobil segala merek dan TAF untuk merek Toyota, Daihatsu, dan Lexus, serta FIFASTRA (bagian dari FIFGROUP) yang membiayai motor Honda. Sementara PermataBank menghasilkan lebih dari 6.000 pembukaan rekening baru PermataMe. Sponsorship Astra Financial di GIIAS 2018 meliputi penyelenggaraan di BSD City Tangerang, Makassar, dan Surabaya.
Tahun berikutnya (2019), Astra Financial menjadi sponsor utama GIIAS di BSD City Tangerang dan Surabaya, dengan tetap didukung oleh 6 unit bisnis seperti tahun sebelumnya.
Sebagai sponsor “Platinum” GIIAS 2021 (BSD City Tangerang dan Surabaya), Astra Financial & Logistic mengoleksi transaksi 830 miliar rupiah. Tahun tersebut didukung oleh Astra Credit Companies (ACC), Federal International Finance (FIFGROUP), Toyota Astra Finance (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, Maucash, dan AstraPay. Pameran 2020 tidak diselenggarakan karena pandemic Covid-19.
Tahun ini (2022) merupakan tahun keempat Astra Financial terlibat di GIIAS. Masih menyandang status sponsor “Platinum”, Grup mendukung penyelenggaraan di BSD City Tangerang, Surabaya dan Medan, dengan menerjunkan 9 unit bisnisnya FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), Asuransi Astra, AstraLife, AstraPay, Maucash, Moxa serta SEVA.
Hebatnya, Grup sukses melampaui target transaksi di 2 penyelenggaraan BSD City Tangerang dan Surabaya yang telah selesai digelar Agustus dan September 2022 lalu. Dan, mereka optimis GIIAS Medan 2022 akan menuai kesuksesan alias melewati target.
“Selama pameran GIIAS Medan 2022 berlangsung, kami mengharapkan kesuksesan yang sama dengan GIIAS Tangerang dan Surabaya,” ucap Tan Chian Hok.
Hal ini, katanya, didukung oleh trend industri otomotif yang membaik yang terjadi selama paruh pertama tahun ini, seperti halnya di pameran di Tangerang dan Surabaya.
Di samping itu, Grup melalui semua unit bisnisnya yang terlibat menggelar berbagai macam promo yang sangat memikat dan memudahkan para calon konsumen untuk memiliki mobil baru [silakan baca: Astra Financial Sodorkan Bunga Kompetitif Kredit Mobil Baru].
Grup melalui ACC dan TAF mengoleksi transaksi pembiayaan Rp 1,557 triliun di BSD City Tangerang, dengan 5.318 SPK kendaraan roda-4. SEVA berkontribusi pada transaksi penyaluran pembiayaan terhadap 5.100 SPK atau 95,95% dari total SPK pembiayaan roda-empat Astra Financial. Angka tersebut jauh melampaui angka yang telah ditentukan sebesar 1.850 SPK atau 253,78% di atas target. Target awal Astra Financial untuk GIIAS BSD City 2022 Rp 1,50 triliun. Sebagai informasi tambahan, pencapaian GIIAS BSD City 2022 naik 87,59% dibandingkan GIIAS BSD City 20221, yang menorehkan transaksi sebesar Rp 830 miliar.
Sementara di GIIAS Surabaya, Grup mengumpulkan 1.245 SPK (+302,92% dari target awal 411 SPK) dan nilai transaksi pembiayaan sebesar Rp 315,83 miliar (+104,24% dari target awal Rp 300 miliar).
Dengan dua penyelenggaraan GIIAS 2022 tersebut Grup mengumpulkan transaksi senilai Rp 1,873 triliun naik 80,97% dibanding GIIAS 2021 di dua kota yang sama, yakni Rp 1,035 triliun. Dan, kinerja positif ini akan dilanjutkan di Medan, di mana pameran berlangsung dari 5-9 Oktober 2022.
Kesuksesan Grup mendukung GIIAS 2022 di 3 kota tidak terlepas dari trend positif penjualan mobil baru secara nasional pascapandemi Covid-19. ##