MILAN – Aprilia SR GT menjadi salah satu skuter yang paling ditunggu pada 2022 mendatang. Pabrikan motor asal Italia ini akan menjual model ini dalam pilihan 125 cc dan 200 cc.
Aprilia SR GT dirancang untuk menyusuri kepadatan jalan-jalan kota dan berpetualang di akhir pekan. Model ini memperluas jajaran Aprilia Urban Mobility, jajaran kendaraan yang sangat fungsional yang melacak evolusi mobilitas perkotaan dan dirancang untuk membuat perjalanan sehari-hari semakin aman, sederhana dan menyenangkan, tetapi dengan semangat Aprilia yang murni. Aprilia Urban Mobility saat ini mencakup skuter listrik eSR1 dan eSR2 dan Aprilia SXR 50, skuter perkotaan bermesin kecil dengan konten yang biasanya disediakan untuk kendaraan kelas atas.
Dengan Aprilia SR GT, posisi berkendara aktif dan setang telanjang lebar yang terinspirasi dari sepeda motor menawarkan kontrol tertinggi, sementara travel suspension panjang dan ground clearance (175 mm) ditingkatkan memastikan segala rintangan dengan mudah diatasi saat berkendara di kota. Bagian depan dilengkapi garpu Showa dengan penyangga 33 mm dan travel 122 mm, 22% lebih tinggi dari pesaing terdekatnya, sedangkan bagian belakang dilengkapi dua peredam kejut Showa ganda dengan pegas koil dan pra-muat yang dapat diatur lima posisi, dan travel setara dengan 102 mm, 7% lebih panjang dari pesaing.
Aprilia SR GT memiliki ban berpenampang melintang yang luas dan desain tapak “segala medan”, memungkinkan pengendara untuk bertualang di permukaan apa pun, mulai dari aspal hingga bebatuan dan jalan licin.
Aprilia SR GT memiliki dimensi compact, dengan overhang dikurangi dan garis-garis dinamis tegas. Selain menampung tangki, terowongan tengah berfungsi untuk menghubungkan bagian depan dan belakang, sehingga Aprilia SR GT tampak seperti sepeda motor. Ditambah dengan plat nomor, yang diposisikan di roda belakang untuk memberi bagian ekor lebih ramping.
Posisi berkendara Aprilia SR GT lebih maju dan lebih “aktif” dibandingkan dengan skuter-skuter GT compact tradisional. Tetapi pengendara dapat mengambil posisi yang berbeda, dengan kaki lebih ke depan di pijakan kaki, untuk gaya berkendara lebih santai dan tidak terlalu melelahkan untuk jarak jauh. Kenyamanan dimungkinkan berkat pijakan kaki ergonomis, di mana bagian luarnya menyerupai bentuk pelat pelindung pada sepeda motor off-road.
Setang dipasang ke kendaraan dengan riser aluminium die-cast halus yang menyandang logo Aprilia, sedangkan paket kontrol setang yang ergonomis dan intuitif jelas berasal dari sepeda motor.
Instrumentasi sepenuhnya digital, layar LCD besar menyediakan semua data kendaraan, serta berbagai informasi perjalanan, yang dapat dipilih dengan tombol MODE di blok kontrol sebelah kiri. Jika sistem konektivitas APRILIA MIA (tersedia berdasarkan permintaan) tersedia, setelah smartphone terhubung ke kendaraan melalui Bluetooth, panel instrumen juga akan menampilkan pemberitahuan mengenai panggilan dan pesan masuk. Sistem ini juga memungkinkan manajemen panggilan menggunakan tombol konektivitas khusus di blok kontrol sebelah kanan dan penggunaan perintah vokal untuk melakukan panggilan atau memutar musik, dengan mengaktifkan daftar putar.
Di bawah jok Aprilia SR GT terdapat ruang penyimpanan 25 liter yang bisa menyimpan sebuah helm full-face dan beberapa barang lain. Tangki bensin 9 liter.
Aprilia SR GT 125 menggendong mesin 125 cc, 1-silinder, i-get, bertenaga 14,8 HP pada 8750 rpm dan torsi 12 Nm pada 6500 rpm. Aprilia SR GT 200 dibekali mesin baru 174 cc 1-silinder, bertenaga 17,7 HP pada 8500 rpm dan bertorsi 16.5 Nm pada 7000 rpm. Masing-masing mesin menampilkan konsumsi BBM 40 km/liter dan 38 km/liter.
Secara khusus, mesin baru 200 cc mengadopsi silinder aluminium dengan lapisan Nikasil (solusi yang diturunkan dari sepeda motor), piston baru dengan geometri mahkota yang diperbarui, dan kepala baru yang berkontribusi untuk mengoptimalkan efisiensi pembakaran.
Performa mesin lebih baik juga membutuhkan ekstraksi panas yang lebih efisien, sementara transmisi CVT lengkap dengan kopling yang lebih besar direvisi agar sesuai dengan kurva daya mesin yang baru.
Semua varian Aprilia SR GT dilengkapi dengan sistem Start & Stop yang dikenal dengan RISS (Regulator Inverter Start & Stop System). Sistem tidak menggunakan starter tradisional. Sebagai gantinya dengan perangkat listrik tanpa sikat yang dipasang langsung di crankshaft. Ada banyak keuntungan, paling tidak start lebih tenang, lebih ringan dan andal, serta konsumsi bahan bakar lebih rendah. Sistem Start & Stop secara otomatis mematikan mesin 1 sampai 5 detik setelah skuter berhenti (tergantung pada apakah mesin telah mencapai suhu operasi yang benar atau tidak). Sedikit putaran throttle sudah cukup untuk menghidupkan kembali mesin secara instan, dalam keheningan total, karena tidak ada starter tradisional. ##