KAWASAKI — Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) meluncurkan all-new Fuso eCanter, yang merupakan generasi kedua. Generasi pertamanya diluncurkan pada 2017.
Sejak diluncurkan 5 tahun silam, truk listrik ini telah beroperasi sebagai kendaraan eksperimental di sejumlah institusi di Jepang, Eropa, Amerika Utara, dan Selandia Baru. Generasi kedua akan dijual mulai musim semi 2023 di Jepang, dan berbagai negara lain.
MFTBC telah mengadopsi eAxle di all-new Fuso eCanter, di mana mengintegrasikan motor listrik dengan gandar belakang dan memungkinkan struktur drivetrain yang lebih ringkas. Dengan ubahan struktural ini, perluasan yang signifikan dari jajaran produk dimungkinkan.
Jajaran all-new Fuso eCanter mencakup 28 varian untuk pasar Jepang dan sekitar 80 varian untuk pasar luar negeri untuk memenuhi kebutuhan logistik yang lebih luas. Selain model 7,5 ton (GVW) saat ini, kendaraan baru ini hadir dalam kelas bobot mulai dari 5 ton hingga 8 ton untuk para pelanggan Jepang, dan mulai dari kelas 4 ton untuk model luar negeri.
Variasi kabin juga telah diperluas; MFTBC baru menawarkan kabin lebar (2.130mm) yang dapat menampung lebih banyak kargo, selain lebar kabin standar (1.700mm) yang memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk rute jalan sempit. Variasi wheelbase juga telah diperluas, dari 2.500 mm menjadi 4.750 mm.
Dengan all-new Fuso eCanter, MFTBC memperkenalkan konsep modular baru untuk baterai. Kendaraan dapat menampung satu hingga tiga baterai, berdasarkan jarak sumbu roda (wheelbase).
Kendaraan yang dilengkapi dengan baterai tunggal dengan kapasitas 41 kWh dapat menempuh jarak sekitar 80 km dengan sekali pengisian daya, sedangkan kendaraan dengan dua baterai dapat menempuh jarak sekitar 140 km, dan kendaraan dengan tiga baterai dapat menempuh jarak sekitar 200 km. Selain itu, para pelanggan Jepang memiliki akses ke fungsi V2X (vehicle-to-everything) yang memungkinkan baterai untuk memasok listrik ke rumah dan peralatan lainnya jika terjadi keadaan darurat.
Model baru ini juga dilengkapi dengan unit power take-off (ePTO) yang memungkinkan aplikasi-aplikasi tujuan khusus bagi pelanggan yang ingin mengoperasikan eCanter mereka dengan tipper, derek belakang, atau body van AC, di antara berbagai opsi lainnya.
All-new Fuso eCanter juga dilengkapi dengan fungsi khusus EV yang disempurnakan. Pengereman regeneratif dapat dikontrol pada empat tingkat, sangat berkontribusi pada penghematan daya dan peningkatan kemampuan berkendara. Selain itu, Battery Pre-Conditioning, yang memungkinkan baterai untuk dipanaskan terlebih dahulu melalui pengaturan timer selama pengisian daya AC, serta fitur Heater Cut Switch untuk menghemat konsumsi energi, baru terintegrasi. Fungsi Pemanas Hemat Energi, yang hanya menghangatkan area yang paling dibutuhkan seperti kursi dan roda kemudi.
MFTBC membekali truk listrik tugas ringan ini dengan sejumlah fitur keselamatan cangih yang telah di-upgrade. Sebut saja Active Sideguard Assist, hadir untuk pertama kalinya dalam truk tugas ringan FUSO, mengurangi risiko kecelakaan saat berbelok dengan memantau titik buta (blid spot) di sisi truk, jika diperlukan, fitur tersebut mengaktifkan sistem rem mitigasi tabrakan.
Lalu ada Active Brake Assist 5 (ABA 5), sistem pengereman darurat dengan pengenalan spasial dan deteksi pejalan kaki yang ditingkatkan.
Sistem pemantauan perhatian pengemudi, Active Attention Assist, mendukung pencegahan insiden yang disebabkan oleh kelelahan dengan pengenalan garis putih, berbagai sensor dan kamera pengenal wajah, memperingatkan pengemudi dengan bel dan tampilan dashboard. Dan, masih ada beberapa fitur keselamatan canggih lainnya.
All-new Fuso eCanter menampilkan interior dan eksterior yang dirancang baru sesuai dengan pergeseran industri transportasi ke mobilitas listrik. Truk listrik 100% ini telah ditata ulang dengan motif FUSO Black Belt di muka depan, dengan sentuhan elemen desain oranye dan biru. Lampu depan LED dan lampu daytime running, serta lampu kombinasi belakang LED terbaru, menawarkan visibilitas andal.
Revisi interior juga mengantarkan peningkatan kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang. Dashboard baru dan sedikit lebih rendah untuk memberikan lebih banyak ruang, lebih banyak ruang vertikal di dalam kabin, dan panel LCD 10 inci baru yang terhubung ke sakelar-sakelar di kemudi. “FUSO Easy Access Key” tersedia untuk pelanggan Jepang untuk hari kerja yang lebih lancar. ##