TANGERANG — Sebagian orang masih dibayangi mahalnya biaya perawatan mobil hybrid. Namun, Suzuki mematahkannya.
Biaya perawatan mobil hybrid tidaklah mahal. Contohnya memiliki Suzuki Ertiga Hybrid atau Suzuki XL7 Hybrid.
“Biaya perawatan rutin Suzuki Ertiga Hybrid atau Suzuki XL7 Hybrid selama 5 tahun sangat terjangkau, sekitar 6 jutaan rupiah,” kata Hariadi, Asst. to Dept. Head Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Artinya jika total biaya tersebut dibagi per tahun menjadi sekitar Rp 1,2 juta. Biaya per bulan, cuma Rp 100.000-an Sangat terjangkau, bukan?
“Memiliki mobil hybrid seperti yang dihadirkan oleh Suzuki sangatlah menyenangkan. Setidaknya itulah cerita pengalaman yang kami dapatkan dari pelanggan yang telah melakukan perawatan rutin di Bengkel Resmi Suzuki,” imbuhnya.
Mobil-mobil hybrid Suzuki menganut teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yang mengawinkan mesin pembakaran internal, Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery. SHVS dikategorikan sebagai teknologi mild hybrid (hibrida ringan).
ISG berfungsi ganda yaitu sebagai motor dan generator, sehingga dapat memberikan acceleration assist saat diperlukan dan dapat mengembalikan energi listrik kembali secara otomatis saat deselerasi.
Sedangkan Lithium-Ion Battery berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang digunakan saat mesin membutuhkan dukungan tenaga maupun menjalankan berbagai perangkat kelistrikan saat mobil digunakan.
Hariadi mengatakan bahwa sejak peluncuran model pertama SHVS di Indonesia, Suzuki Ertiga Hybrid, setahun silam (2022), timnya tidak menemukan keluhan signifikan dari konsumen mengenai baterai Lithium-Ion.
“Hal ini menegaskan kualitas tinggi dari komponen kunci dalam sistem hybrid Suzuki ini. Kami garansi Lithium-Ion battery selama 8 tahun atau 160.000 kilometer,” imbuhnya.
Suzuki XL7 Hybrid dan Suzuki Ertiga Hybrid menampilkan jantung mekanis K15B 1.462cc 4-silinder 16-katup VVT MPI bertenaga 177 Kw (104.7 Ps) pada 6.000 rpm dan bertorsi 138 Nm pada 4.400 rpm, dengan opsi transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.
Satu lagi model mobil hybrid Suzuki adalah Suzuki Grand Vitara Hybrid yang beramunisi mesin bensin K15C 1.462cc 4-silinder 16-katup DUALJET bertenaga 75,8 kw pada 6.000 rpm dan bertorsi 136,8 Nm pada 4.400 rpm. Transmisinya otomatis 6-speed.
Selama 14 bulan terakhir (Mei 2022 – Juli 2023), sebanyak 12.993 unit SHVS telah terjual di Indonesia. Dan, angka tersebut akan terus bertambah seiring bergeraknya waktu.
SHVS dikenalkan oleh SIS pertama kali adalah Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, pada 2017. Inilah model pertama di kelasnya, Low MPV, yang mengadopsi teknologi hybrid.
Tiga model mobil hybrid Suzuki bisa dijumpai di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, dari 10-20 Agustus, di Indonesia Exhibition Convention (ICE) – BSD City, Kabupaten Tangerang. ##