Schiphol-Rijk — Yamaha XMAX 2023 semakin agresif penampilannya berkat beberapa sentuhan baru, yang diklaim sebagai salah satu langkah maju terbesar dalam desain keluarga Yamaha Sport Scooter (XMAX dan TMAX) dalam beberapa tahun terakhir.
Yamaha XMAX 2023 akan tersedia dalam pilihan mesin 300cc dan 125cc. Masing-masing punya varian Standard dan varian lebih tinggi bernama Tech MAX. Semua mesin sudah memenuhi standar regulasi Euro 5 untuk dijual oleh Yamaha Motor Europe di Eropa.
Bagian depan Yamaha XMAX 2023 didesain lebih futuristik dan agresif dengan tudung (cowl) lebih bersudut dan front covers yang dirancang ulang. Headlamp dan lampu posisi dari LED berbentuk X yang radikal. Lampu-lampu buritan pun dirancang ulang dengan membentuk huruf X. Kini, dua lampu sein depan dibawa ke atas, di depan setang, sehingga lebih terlihat oleh pengendara lain.
Selanjutnya, agar lebih ergonomis dan kaki-kaki pengendara lebih mudah memijak tanah, Yamaha Motor mendesain ulang jok. Jok baru ini pun diklaim lebih mewah.
Yamaha XMAX 300 dan 125 dilengkapi dengan LCD instrument panel berukuran 4,3″ baru yang menampilkan status mesin dan lain-lain. Di atas speedometer digital, kita akan menjumpai tachometer, ikon BBM, temperatur.
Versi 125 Tech MAX dan 300 Tech MAX menghadirkan instrument panel layar TFT 4,2″ berwarna. Di atasnya ada LCD speedometer 3,2″. Pengendaran pun bisa memilih layar via tombol di setang kiri. Varian ini mengaplikasi navigasi Garmin melalui smartphone.
Yamaha Motor membenamkan mesin 125cc 1-silinder 4-katup SOHC dengan lontaran tenaga 9.0 kW (12 HP) pada 8.000 rpm dan torsi 11.2 Nm pada 6.000 rpm. Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) diklaim 41,67 km/liter (fitur Start&Stop mati) dan 43,5 km/liter (fitur Start&Stop hidup).
Jantung mekanis 292cc 1-silinder 4-katup SOHC menghasilkan tenaga 27,6 HP pada 7.250 rpm dan torsi 29.0 Nm pada 5,750 rpm. Konsumsi BBM-nya 33,33 km/liter.
Semua varian mengantongi TCS (Traction Control System) agar pengendara tetap percaya diri ketika melibas lintasan licin, pengapian nirkunci (keyless ignition), windscreen bisa diatur posisi rendah atau tinggi (1410 mm – 1460 mm), dan setang bisa dipindahkan sesuai preferensi pengemudi. Pemilik bisa menyimpan 2 helm di bawah jok.
Cakram rem depan berdiameter 267 mm dan cakram belakang 245 mm. Rem ABS ditempatkan di belakang. Suspensi depan menganut telescopic fork dengan travel 110 mm dan suspensi belakang swing arm ber-travel 95 mm.
New Yamaha XMAX 2023 kemungkinan akan dijual di Indonesia pada tahun depan. Kita tunggu saja kakak Yamaha NMAX ini. ##