MUMBAI — Tata Motors tak mau kalah dengan pabrikan-pabrikan dari luar India dalam mobil listrik. Pekan lalu, Tata Passenger Electric Mobility (TPEM) meluncurkan arsitektur acti.ev (dibaca active).
acti.ev merupakan singkatan dari Advanced Connected Tech-Intelligent Electric Vehicle dan arsitektur kendaraan listrik murni pertama Tata Motors.
Arsitektur ini akan mendukung produk-produk masa depan dari portofolio TPEM. Tata Punch.ev akan menjadi produk pertama yang berbasis pada Pure EV Architecture ini, yang akan menelurkan beragam produk dengan berbagai model dan ukuran tubuh.
“Sebagai pemimpin evolusi kendaraan listrik di India, kami bangga memasuki tahun 2024 dengan pengembangan inovatif dalam bentuk acti.ev – arsitektur Pure EV canggih buatan India yang menjanjikan menjadi trendsetter di pasar kendaraan listrik yang berkembang pesat di negara ini. Arsitektur ini telah dirancang dengan cermat untuk memungkinkan efisiensi terdepan di kelasnya, memaksimalkan ruang, kapasitas baterai, dan meningkatkan pengalaman berkendara secara keseluruhan. acti.ev adalah arsitektur listrik murni global yang siap menghadapi masa depan yang memungkinkan penerapan fitur-fitur berorientasi software, memastikan bahwa kendaraan kami tidak hanya berteknologi maju tetapi juga tahan masa depan,” kata Anand Kulkarni, Chief Products Officer, Head of HV Programs and Customer Service, Tata Passenger Electric Mobility Ltd (TPEM).
“Dengan ini, kami sangat bersemangat untuk mengumumkan peluncuran produk pertama yang dibuat dengan arsitektur canggih dan berlapis-lapis – Tata Punch.ev. Moodel ini adalah perkenalan kami dengan kendaraan-kendaraan listrik generasi berikutnya dari TPEM. Seperti halnya dengan portofolio produk-produk kendaraan listrik kami saat ini, kami yakin bahwa produk-produk masa depan yang dibuat dengan arsitektur acti.ev akan terus menarik minat komunitas kami yang terus berkembang,” imbuhnya.

Arsitektur acti.ev berbasis pilar utama Kinerja (Performance), Teknologi (Technology), Modularitas (Modulatry), dan Efisiensi Ruang (Space Efficiency). Arsitektur terdiri dari empat lapisan:
Lapisan 1 – Powertrain
acti.ev menampilkan desain paket baterai dioptimalkan, dengan sel-sel yang diuji sesuai standar global tingkat lanjut – menghasilkan peningkatan kepadatan energi sebesar 10%. Desain paket baterai ini juga menawarkan berbagai pilihan jangkauan mulai dari 300 km hingga 600 km. Arsitekturnya juga memungkinkan adanya modularitas dalam memilih opsi drivetrain yang tepat untuk produk yang sesuai, antara AWD, RWD, dan FWD. active.ve dapat mendukung pengisi daya terpasang 7,2kW hingga 11kW untuk pengisian cepat AC dan Pengisian Cepat DC hingga 150kW – sehingga menambah jangkauan hingga 100 km hanya dalam 10 menit.
Lapisan 2 – Chassis
Lapisan kedua dari arsitektur ini dapat menampung berbagai model body dengan struktur body diperkuat yang mampu memenuhi protokol keselamatan GNCAP/BNCAP di masa depan. acti.ev memaksimalkan ruang kabin dan penyimpanan dengan lantai datar tanpa terowongan transmisi, dan tambahan bagasi, sehingga memberikan lebih banyak ruang bagi para penumpang di dalam kabin. Pusat gravitasinya yang lebih rendah membantu meningkatkan dinamika dan handling berkendara.
Lapisan 3 – Arsitektur Listrik
acti.ev adalah arsitektur skalabel siap pakai di masa depan dengan kekuatan komputasi lebih tinggi dan kemampuan ADAS level 2. Arsitekturnya siap untuk kemampuan ADAS L2+ – memastikan standar keselamatan dan kemampuan navigasi lebih tinggi. Kesiapan 5G-nya memungkinkan kecepatan jaringan tingkat lanjut dengan konektivitas tanpa batas. Arsitekturnya juga akan mendukung teknologi Vehicle to Load (V2L) dan Vehicle to Vehicle Charging (V2V).
Lapisan 4 – Arsitektur Cloud
Arsitektur ini didasarkan pada arsitektur cloud masa depan yang dapat diskalakan dan menjanjikan pengalaman pengguna yang lebih baik, dengan Arcade.ev, rangkaian aplikasi dalam mobil. Selain itu, acti.ev dilengkapi dengan solusi mutakhir yang tidak hanya menjanjikan konektivitas superior namun juga pembaruan over-the-air canggih untuk perangkat lunak dan fitur-fitur lainnya.