Jumat, Juni 6, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Suzuki XL7 Hybrid Opsi Mengesankan untuk Keluarga

by Indra Prabowo
Juli 6, 2023
New Suzuki XL7 Hybrid
Share on FacebookShare on Twitter

JOGJAKARTA – New Suzuki XL7 Hybrid menjadi salah satu pilihan mobil irit dan ramah lingkungan ideal untuk keluarga zaman now.

Teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yang digendong oleh New Suzuki XL7 Hybrid membuat mobil menjadi lebih irit bahan bakar minyak (BBM) sekaligus menekan emisi CO2 yang menjadi penyebab pemanasan global.

Teknologi SHVS dikenalkan oleh Suzuki di Geneva Motor Show 2015, di mana mobil konsep Suzuki iM-4 — kini bernama Ignis — dilengkapi dengan SHVS. Namun, pengaplikasian pertamanya justru pada Suzuki Ertiga Diesel (SHVS-Hybrid). Pada 2017, Suzuki Ertiga Diesel (SHVS-Hybrid) dijual di Indonesia.

Baca Juga :

Wahana Honda ingatkan bikers 4 point penting agar motor prima

Sering batuk dan ngomong ngalor-ngidul, komika Dustin Tiffani jadi penyanyi

Toyota Luncurkan Fortuner Hybrid

New Suzuki XL7 Hybrid

SHVS terdiri dari 2 komponen utama Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium Ion Battery. ISG berfungsi sebagai pengganti alternator konvensional, di mana komponen ini sanggup memberikan mesin dukungan tenaga. Dengan demikian dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Sementara Lithium Ion Battery berguna menyimpan tenaga yang dihasilkan oleh ISG. Tenaga yang tersimpan tersebut akan digunakan ketika mesin membutuhkan dukungan.

“Kini semua mobil SHVS termasuk Ertiga Hybrid telah dilengkapi dengan baterai Lithium berkapasitas 10Ah, naik hampir 2 kali lipat dari baterai sebelumnya yang hanya 6Ah. Artinya, jumlah energi yang disimpan lebih besar membuat lebih lama mendayai komponen-komponen yang membutuhkan energi listrik,” ujar Harold Donnel, head of development & marketing research PT Suzuki Indomobil Sales.

Bagaimana SHVS bekerja? Ketika mobil berhenti dengan tuas transmisi di posisi N (Neutral) dan pedal tidak diinjak, maka kendaraan akan mematikan mesin secara otomatis (Engine Auto Stop). Ketika mesin mati dan mobil tidak bergerak, komponen-komponen yang membutuhkan daya listrik seperti AC, lampu, audio dan lain-lain akan mendapatkannya dari baterai sehingga tetap menyala.

ISG akan bekerja ketika pedal rem diinjak dan tuas transmisi diposisikan ke D. Komponen ini akan menyalakan mesin secara otomatis. Saat akselerasi awal, listrik yang tersimpan pada baterai akan memberikan mesin dukungan tenaga. Saat mobil sedang melaju energi baterai akan menyuplai daya ke komponen-komponen elektrik tadi sehingga tenaga mesin mobil akan fokus untuk menggerakkan mobil tanpa dibebani mendayai komponen-komponen elektrik.

Baterai akan menerima asupan daya listrik ketika mobil deselerasi (pengereman atau perlambatan). ISG secara otomatis akan mengubah energi kinetik dari putaran roda saat deselerasi menjadi energi listrik yang akan mengisi daya baterai. Semakin banyak perlambatan semakin banyak pula energi yang tersimpan dalam baterai. Sangat berguna di kota-kota besar yang macet.

Test Drive New Suzuki XL7 Hybrid – Jogjakarta

Kami berkesempatan mengendarai Suzuki XL7 Hybrid bertransmisi otomatis 4-speed di Jogjakarta.

Ketika berhenti seperti di traffic light, mesin mobil secara otomatis mati. Baterai langsung bekerja menghidupi komponen-komponen kelistrikan. Mesin secara instan hidup ketika pedal gas dipijak. Selama berhenti mobil sama sekali tidak mengonsumsi BBM dan niremisi CO2.

Satu fitur lagi yang menarik perhatian kami adalah E-mirror yang memungkinkan pengemudi melihat lingkungan depan dan belakang secara digital. Bahkan fitur ini bisa menjadi dashcam, di mana kita bisa merekam perjalanan. E-mirror menggantikan kaca spion tengah konvensional.

Seperti Suzuki XL7 sebelumnya, kami merasakan kualitas pengendaraan yang baik, suspensi dan jok terasa empuk. Setirnya tergolong ringan, tidak membutuhkan tenaga lebih besar untuk menggerakkannya.

Legroom, shoulder room dan headroom semua baris terasa lebih dari cukup. Jok baris ketiga bisa dilipat rata untuk menambah ruang bagasi.

Secara keseluruhan Suzuki XL7 mengesankan dengan teknologi hybrid dan kualitas pengendaraannya. ##

Tags: New Suzuki XL7 HybridSUZUKI XL7
Previous Post

New KIA Picanto Meluncur, Tampilan Makin Gagah

Next Post

Suzuki Invicto Kembaran Innova Zenix Resmi Mengaspal

Related Posts

Perawatan Motor
Berita

Wahana Honda ingatkan bikers 4 point penting agar motor prima

Juni 6, 2025
Dustin Tiffani
Berita

Sering batuk dan ngomong ngalor-ngidul, komika Dustin Tiffani jadi penyanyi

Juni 6, 2025
Toyota Fortuner Hybrid
Berita

Toyota Luncurkan Fortuner Hybrid

Juni 5, 2025
Vespa Sprint Tech
Berita

Vespa Sprint Tech bisa dipesan sekarang

Juni 5, 2025
Sauna Bertenaga Hidrogen Toyota
Berita

Toyota & Harvia pamer konsep sauna bertenaga hidrogen

Juni 5, 2025
Xpeng G6 dan Xpeng X9
Berita

Segera Meluncur, Ini Bocoran Harga Xpeng X9 dan G6

Juni 4, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.