MILTON KEYNES — Suzuki menambah varian motor adventure dengan meluncurkan Suzuki V-Strom 800RE. Varian ini menggenapi Suzuki V-Strom 800DE yang telah hadir sejak awal 2023.
Dua varian motor tersebut sama-sama untuk menjelajah, namun Suzuki V-Strom 800RE akan memberikan penawaran yang lebih fokus pada jalan raya. Sementara saudaranya lebih siap menghadapi medan off-road.
Dengan DE yang menunjukkan posisi V-Strom 800DE sebagai penjelajah ganda, penerapan RE pada model terbaru V-Strom 800 menyoroti kemampuannya sebagai penjelajah jalan raya.
Varian baru menggunakan mesin kembar paralel 776cc yang sama dengan saudaranya, dengan cam overhead ganda dan desain poros engkol 270° yang menghasilkan penyebaran torsi luas ke seluruh rentang putaran – memuncak pada 78Nm pada 6800rpm – dan gemuruh dan karakter lebih mirip dengan V-twin Suzuki yang terkenal. Tenaga puncaknya adalah 84,3PS pada 8500rpm.
Suzuki V-Strom 800RE juga menggunakan rangka utama baja yang sama, dirancang untuk keseimbangan stabilitas lintasan lurus dan handling gesit. Tabung baja sempit membantu memaksimalkan kapasitas tangki bahan bakar, yang mencapai 20 liter. Namun, V-Strom 800RE baru berbeda dari versi DE lebih tangguh, terutama dengan menukar velg jari-jari 21” dan 17” serta ban tubed dengan velg aluminium cor 19” dan 17”, dan menggunakan ban tubeless Dunlop.
Layaknya Suzuki V-Strom 800DE, suspensi berkualitas tinggi tetap diberikan oleh Showa, namun dengan fokus memberikan performa on-road yang unggul. Jarak main (suspension travel) 150mm di bagian depan dan belakang berkat garpu depan terbalik yang dapat disetel preload dan monoshock tipe link yang dapat disesuaikan untuk redaman preload dan pantulan, memberikan cengkeraman mantap di jalan dan pengendaraan mewah selama berhari-hari di atas sadel. Tenaga pengereman berasal dari kaliper Nissin empat piston yang dipasang secara radial.
Suzuki V-Strom 800RE menampilkan tinggi jok 825 mm, sementara pijakan kaki berlapis karet aluminium dipasang 14mm lebih jauh ke belakang dan 7mm lebih tinggi dari Suzuki V-Strom 800DE, dan setang aluminium meruncing. 13mm lebih rendah dan 23mm lebih jauh ke depan. Setang juga lebih sempit 15mm. Layar yang lebih tinggi dan lebar menawarkan lebih banyak perlindungan cuaca dan angin pada perjalanan yang lebih jauh.
Terletak di bawah layar terdapat layar TFT berwarna 5 inci dengan mode tampilan ganda untuk berkendara siang dan malam. Semua navigasi menu dan fitur dilakukan melalui tombol rocker yang sederhana dan mudah digunakan di stang kiri. Ada juga port USB praktis yang terletak di sisi kiri.
Layar Suzuki V-Strom 800RE yang terang dan jernih menampilkan semua informasi yang dibutuhkan pengendara, termasuk pengaturan saat ini yang dipilih dari sistem kontrol traksi tiga mode – yang juga dapat dimatikan – dan mode daya yang dipilih saat ini, dari Active (semakin sporty). dan peta throttle langsung), Basic (ideal untuk jelajah atau berkendara di kota), dan Comfort (sempurna untuk kondisi basah atau dingin). Ada juga dua pengaturan ABS, yang memberikan tingkat intervensi berbeda.
Koneksi throttle ride-by-wire memberikan nuansa alami dan koneksi ke roda belakang, sementara quickshifter dua arah yang sesuai standar – dipadukan dengan slipper clutch – membuat pergantian gigi menjadi mulus dan mulus. Ada juga bantuan rpm rendah Suzuki dan fungsi start mudah.
Suzuki V-Strom 800RE berparuh ikonik dan lampu LED penuh di depan dan belakang. Dia akan hadir dalam warna Pearl Vigor Blue, Metallic Matt Steel Green, dan Glass Sparkle Black.
Juga akan ada rangkaian lengkap aksesoris asli yang tersedia termasuk pilihan bagasi aluminium atau plastik tiga potong, pegangan berpemanas, dan dudukan tengah.
Suzuki V-Strom 800RE akan tersedia di showroom Suzuki UK pada November 2023. Harga £9,699 atau setara dengan 185 jutaan rupiah.