MILAN — EICMA 2023 dijadikan oleh Suzuki Motor Corporation (SMC) untuk menampilkan Suzuki GSX-S1000GX 2024 dan Suzuki GSX-8R 2024. Dua motor baru tersebut akan dijual pada tahun 2024.
Suzuki GSX-S1000GX 2024 menjadi produk pertama pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu ini bermain di segmen sports crossover dengan rangkaian elektronik lengkap. Suzuki GSX-S1000GX merupakan motor Suzuki pertama yang mengadopsi Suzuki Advanced Electronic Suspension (SAES).
Model ini mendapat travel suspensi depan dan belakang 150mm untuk menciptakan posisi berkendara tegak, memperluas bidang pandang pengendara dan memberikan kenyamanan berkendara sepanjang hari. Perjalanan suspensi yang lebih panjang juga membantu GX menghaluskan gundukan saat berkendara di permukaan tidak rata.
Empat mode SAES yang dapat dipilih oleh pengendara: keras (hard), sedang (medium), lunak (soft), dan pengaturan pengguna yang dapat disesuaikan (customisable user) di mana menawarkan +/- tiga peningkatan pada pengaturan dasar yang dipilih yaitu keras, sedang, atau lunak.
Yang lebih membantu motor mengatasi gundukan dan gelombang adalah Suzuki Road Adaptive Stabilization (SRAS). Sistem asli yang pertama kali digunakan pada GX baru mampu mendeteksi permukaan jalan yang tidak rata berdasarkan masukan dari IMU dan sensor kecepatan roda, dan, jika diperlukan, memicu Suzuki Floating Ride Control (SFRC) untuk membantu kelancaran perjalanan. Sebagai bagian dari SFRC, SRAS juga menyesuaikan pengaturan katup throttle elektronik untuk menghasilkan respons throttle lebih lembut dan terkendali.
Pengaturan preload pegas suspensi belakang juga dikontrol secara elektronik, sehingga memudahkan pengendara menggunakan saklar setang untuk dengan cepat memilih antara otomatis atau salah satu dari empat mode yang tersedia yang menurut mereka paling sesuai dengan kebutuhan atau preferensi mereka.
Pengendara dapat memilih antara pengendara tunggal, pengendara tunggal plus bagasi, atau tandem (dengan atau tanpa bagasi). Selain itu, pengaturan preload untuk mode otomatis dapat disesuaikan dengan +/- tiga peningkatan dan tiga mode manual dapat disesuaikan dengan +/- empat peningkatan agar lebih sesuai dengan kebutuhan pengendara.
Suzuki GSX-S1000GX juga menggunakan Suzuki Drive Mode Selector versi alpha. SDMS-α menyediakan tiga mode berkendara: aktif, dasar, nyaman. Ketiga mode berkendara terintegrasi tersebut mengontrol karakteristik keluaran tenaga, serta tingkat kontrol traksi, yang pada GX terintegrasi dengan Lift Limiter (anti-wheelie) dan Roll Torque Control, serta pengaturan suspensi elektronik. Pengendara dapat memilih untuk menggunakan pengaturan default dari banyak sistem tersebut atau menyesuaikannya agar lebih sesuai dengan kebutuhan atau preferensi mereka. Ada tujuh mode kontrol traksi yang dapat dipilih – terintegrasi dengan Roll Torque Control dan Lift Limiter – dan tiga peta throttle yang dapat dipilih.
Memulai debutnya di Suzuki GSX-S1000GX adalah Roll Torque Control baru dari Suzuki. Berdasarkan data yang diterima dari IMU dan sensor kecepatan roda, sistem baru ini menghitung sudut kemiringan dan kecepatan sepeda untuk menentukan tingkat keluaran tenaga dan akselerasi yang optimal pada saat itu, misalnya saat menikung. Hal ini kemudian mengurangi keluaran torsi sebelum sepedamotor melebihi jumlah tenaga yang dianggap perlu oleh sistem untuk melewati tikungan secara efektif. Salah satu manfaat utama sistem ini adalah pengoperasian yang lancar dan berkendara tanpa gangguan. Dengan kontrol traksi reguler, sistem ini reaktif, memotong ketika roda belakang terdeteksi selip. Hal ini dapat menimbulkan perasaan tersentak-sentak atau ‘hidup dan mati’ saat listrik masuk dan keluar. Hal ini juga dapat menyebabkan suspensi belakang terkompresi dan memantul. Hal ini berkurang secara signifikan dengan diperkenalkannya Kontrol Torsi Roll, saat batas torsi ditetapkan, dan kemudian dinaikkan saat sepedamotor keluar dari tikungan dan saat kecepatan meningkat dan sudut kemiringan menurun. Ini adalah lapisan perlindungan pencegahan ekstra di mana beroperasi secara senyap di latar belakang, dengan pengaturannya ditentukan oleh tingkat kontrol traksi yang dipilih.
Melengkapi rangkaian elektronik GX yang komprehensif adalah throttle ride-by-wire, quickshifter dua arah, kontrol jelajah – diperbarui pada GX untuk memungkinkan sistem terus beroperasi saat pengendara mengganti gigi – ABS yang sensitif terhadap sudut kemiringan, Kontrol Kemiringan Ketergantungan , yang mencegah terangkatnya roda belakang saat pengereman menurun, start mudah, dan bantuan RPM rendah.
Pemantauan seluruh sistem elektronik Suzuki GSX-S1000GX 2024 dilakukan melalui layar TFT berwarna berukuran 6,5 inci, yang juga menawarkan konektivitas ponsel cerdas, memungkinkan pengendara mengakses peta, melihat kontak dan membuat serta menerima panggilan telepon, melihat kalender, dan memutar musik. Semua ini dilakukan melalui aplikasi Suzuki mySPIN gratis. Soket USB di samping kluster instrumen memudahkan pengisian daya ponsel.
Suzuki GSX-S1000GX 2024 ditenagai oleh mesin empat silinder segaris Suzuki yang sangat halus, 999cc, yang diturunkan dari superbike. Dikenal dengan tenaga lowdown dan midrange yang melimpah, ia menghasilkan tenaga 152PS pada 11.000rpm dan torsi 106 Nm pada 9.250rpm. Mesin tersebut ditempatkan pada tiang ganda, rangka aluminium yang dipadukan dengan lengan ayun aluminium — telah terbukti di balapan dari jajaran GSX-R — dan subframe ringan.
Semua itu dibalut bodywork baru yang agresif, dengan pencahayaan full LED depan dan belakang. Pelindung tangan dan rak bagasi yang luas menambah kepraktisan ekstra. Kapasitas bagasi dapat ditingkatkan dengan aksesori asli keranjang beban 36 liter.
Harga Suzuki GSX-S1000GX 2024 £14,499 (setara Rp 278,9 juta) untuk pasar UK. Para pelanggan pertama dapat menerima pengiriman tepat pada hari Natal 2023. Pilihan warna Metallic Triton Blue, Glass Sparkle Black, dan Pearl Matt Shadow Green. ##