JAKARTA – Pada 2020 Suzuki berhasil menjual 72.389 kendaraan berbasis retail sales. Kontribusi terbesar penjualan Suzuki pada 2020 didominasi produk-produk yang dirakit secara lokal dan mencapai hingga 91% dari total penjualan nasional Suzuki.
“Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari semua pihak selama tahun 2020 lalu sehingga kami dapat mempertahankan performa meski industri otomotif mengalami kontraksi. Peningkatan pangsa pasar mobil Suzuki tahun lalu juga menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan Suzuki yang tinggi. Kami akan terus menghadirkan produk-produk berkualitas dan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” ujar Dony Saputra, 4w Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.
Suzuki Carry Pick Up menjadi contributor terbesar dengan total wholesales sebanyak 37.109 unit dan retail sales sebanyak 40.697 unit. Angka ini berhasil membawa Suzuki Carry Pick Up menguasai 59,5% pangsa pasar wholesales Low Pick Up dan 61% pangsa pasar retail sales Low Pick Up.
Kontribusi penjualan Suzuki tahun lalu juga disumbang dari produk-produk lainnya yakni Suzuki XL7 dan Suzuki Ertiga.
Penjualan Suzuki XL7 menyentuk 9.827 unit wholesales dan 8.575 unit retail sales atau menyumbang 12% terhadap penjualan nasional Suzuki.
Suzuki mengklaim Suzuki XL7 sendiri menguasai 12,1% pangsa pasar wholesales MSUV (Medium SUV) dan 9,6% pangsa pasar retail sales MSUV.
Suzuki Ertiga yang berkontribusi 13,3% dengan capaian 7.516 unit wholesales dan 9.663 unit retail sales. Di segmen LMPV (Low MPV), Suzuki Ertiga menguasai 9% pangsa pasar wholesales dan 10,6% pangsa pasar retail sales.
Selain mengumumkan penjualan mobil 2020, Suzuki juga mencatatkan layanan purnajual mobil sebanyak 915.776 unit intake di 238 bengkel resmi, dan layanan purnajual sepedamotor sebanyak 390.379 unit intake di 249 bengkel resmi di seluruh Indonesia. Tingginya angka unit intake di tahun 2020 menunjukkan bahwa layanan purnajual Suzuki semakin dipercaya dan tetap menjadi pilihan konsumen.
Untuk 2021, Suzuki menargetkan pencapaian market share 13% di pasar mobil nasional. Untuk pasar ekspor, target pengapalan mobil Suzuki selama 2021 adalah sebanyak 66.500 unit baik untuk CKD maupun CBU. Selain itu, jumlah negara tujuan ekspor pun diupayakan akan ditambah. ##