Kamis, Oktober 30, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Hadapi Euro 4, UD Trucks akan Andalkan Teknologi SCR

by Indra Prabowo
Januari 13, 2022
SCR
Share on FacebookShare on Twitter

Baca Juga :

AION UT mulai diserahkan oleh GAC Indonesia ke para pelanggan

BYD RACCO menyengat para pabrikan Jepang

Mitsubishi Elevance PHEV, spekulasi masa depan Pajero Sport

JAKARTA – Jelang diberlakukannya penerapan standar emisi Euro 4 kendaraan bermotor bermesin diesel di Indonesia mulai 1 April 2022, UD Trucks Indonesia menyatakan kesiapannya dengan mengandalkan teknologi selective catalytic reduction (SCR).

“Kami di UD Trucks berkomitmen untuk selalu mendukung program pemerintah, khususnya dalam pengurangan emisi kendaraan yang berpengaruh terhadap keberlanjutan di Indonesia. Seluruh bagian pengembangan riset dan teknologi kami serta dealer dan aftermarket kami telah berupaya maksimal untuk menyiapkan kendaraan komersial yang ramah lingkungan dengan berbagai program perkembangannya,” ujar Aloysius Chrisnoadhi, Vice President UD Trucks Indonesia.

Produk pertama UD Trucks Indonesia yang akan menggunakan teknologi SCR adalah UD Trucks Quester, sebuah heavy duty truck.

Pabrikan asal Jepang ini memiliki pengalaman dengan teknologi SCR sejak sekitar 17 tahun silam ketika masih Bernama Nissan Diesel.

Pada 2005 Jepang menerapkan peraturan baru gas buang jangka panjang yang paling ketat di dunia untuk semua kendaraan diesel. Dengan begitu sebelum peraturan tersebut berlaku, UD Trucks mengembangkan system pengolahan gas buang melalui katalis canggihbernama sistem SCR urea pertama di dunia untuk truk-truknya. Sistem ini pertama kali diaplikasikan pada UD Trucks Quon 2004.

“Saat ini di dunia terdapat 2 teknologi pengurangan emisi yakni SCR dan EGR (Exhaust Gas Recirculation). Jika proses mengendalikan emisi gas buang SCR berada di luar atau setelah pembakaran bahan bakar minyak (BBM) dari ruang mesin, sementara proses pengendalian emisi gas buang EGR dilakukan di dalam proses pembakaran di ruang mesin,” ungkap Handi Lim, Head of Sales Development UD Trucks Indonesia.

Menurutnya system EGR (Exhaust Gas Recirculation) mengurangi NOx dengan cara memasukkan kembali sebagian gas buang ke dalam ruang bakar untuk menurunkan temperature pembakaran. Namun, EGR memiliki beberapa kelemahan yakni konsumsi BBM menjadi tidak efisien; saluran-saluran, EGR valve, dan piston cepat kotor; lebih sensitive dengan BBM diesel bersulfur tinggi; dan lebih sensitive terhadap kelalaian perawatan berkala.

Sementara SCR mengurangi NOx dengan cara menggunakan urea (AdBlue®) dan katalis yang kemudian mengurai NOx menjadi air (H2O) dan Nitrogen (N2). SCR tidak mengganggu proses pembakaran di ruang bakar sehingga pembakaran tetap sempurna (optimal) dan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

AdBlue sendiri terdiri dari urea 32,5% dengan air deionisasi 67,5 % yang menghasilkan larutan aman dan ramah lingkungan. Pada umumnya konsumsi AdBlue antara 3%-5% dari pemakaian bahan bakar tergantung dari cara mengemudi, kecepatan kendaraan, berat muatan, dan kondisi jalan. ##

Tags: QuesterUD TrucksUD Trucks IndonesiaUD TRUCKS QUESTERUD Trucks Quon
Previous Post

Diler Mitsubishi Kedua di Aceh Resmi Dibuka

Next Post

All-new Toyota Voxy 2022 Tambah Keren dan Canggih

Related Posts

AION UT
Berita

AION UT mulai diserahkan oleh GAC Indonesia ke para pelanggan

Oktober 30, 2025
BYD RACCO
Berita

BYD RACCO menyengat para pabrikan Jepang

Oktober 30, 2025
MITSUBISHI ELEVANCE
Berita

Mitsubishi Elevance PHEV, spekulasi masa depan Pajero Sport

Oktober 29, 2025
Daihatsu K-Vision
Berita

Daihatsu hadirkan mobil hybrid dan listrik di JMS 2025

Oktober 29, 2025
Toyota Century
Berita

Toyota pamerkan solusi mobilitas dengan pendekatan Multi Pathway di JMS 2025

Oktober 29, 2025
Nissan Elgrand 2027
Berita

Nissan Elgrand 2027 pastikan para penumpang nyaman dan tidak ‘mabuk’

Oktober 29, 2025

TERBARU

AION UT
Berita

AION UT mulai diserahkan oleh GAC Indonesia ke para pelanggan

Oktober 30, 2025
BYD RACCO
Berita

BYD RACCO menyengat para pabrikan Jepang

Oktober 30, 2025
MITSUBISHI ELEVANCE
Berita

Mitsubishi Elevance PHEV, spekulasi masa depan Pajero Sport

Oktober 29, 2025
Daihatsu K-Vision
Berita

Daihatsu hadirkan mobil hybrid dan listrik di JMS 2025

Oktober 29, 2025
Toyota Century
Berita

Toyota pamerkan solusi mobilitas dengan pendekatan Multi Pathway di JMS 2025

Oktober 29, 2025
Nissan Elgrand 2027
Berita

Nissan Elgrand 2027 pastikan para penumpang nyaman dan tidak ‘mabuk’

Oktober 29, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

Jaecoo J5 EV
Mobil Baru

Review JAECOO J5 EV di lintasan aspal dan offroad ringan

Oktober 29, 2025
Jaecoo J5 EV
Mobil Baru

Jaecoo J5 EV ungkap interior jelang peluncuran

Oktober 23, 2025
Citroen C3 Aircross
Berita

Citroen C3 Aircross SUV jadi pilihan menarik di kelas Rp300 jutaan

Oktober 13, 2025
Chery Tiggo 9 CSH AWD
Berita

Chery Tiggo 9 CSH AWD mobil all-in-one untuk keluarga

Oktober 12, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.