Tangerang — Pendatang baru QJMotor mengandalkan 4 model Fort 250, SRV 250 AMT, SRV 600 V, dan SRK 800 RR.
Dua pekan lalu kami mendapat kesempatan untuk mengendarai 4 model tersebut di kawasan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.
- QJMOtor SRV 250 AMT
Redaksi Otobisnis mendapat giliran pertama dengan menjajal QJMotor SRV 250 AMT (Automated Manual Transmission). Cruiser ini tentu menjadi yang paling menarik karena menggabungkan desain retro, modern dan kepraktisan berkendara.
Kehadiran fitur, AMT Tiptronic, memudahkan para pemula kopling karena perpindahan gigi menjadi lebih mudah hanya dengan menggerakkan jari.
Untuk menjalankan motor ini pertama kali, cukup tekan tombol “+” untuk masuk gigi satu. Saat berjalan, jika pengemudi memencet mode matic, maka tinggal mengatur gas dan rem kanan-kirinya. Namun harus diperhatikan karena pengemudi bakal merasa sedikit hentakan saat motor mengoper gigi otomatis.
Saat mengaktifkan mode manual, namun lupa mengganti gigi, motor tetap otomatis menggantikan gigi tersebut. Pada bagian dudukan kaki yang proporsional menghindari kaki pengemudi pegal jika berkendara jauh.
QJMotor SRV 250 AMT juga tampil semakin retro dengan layar bulat di depan tangki mampu mengakomodir kenyamanan berkendara sang pengemudi.
- QJMotor Fort 250
Model kedua yang kami kendarai QJMotor Fort 250. Ketika pertama kali memakainya langsung tampak berbeda karena memiliki posisi riding cukup nyaman.
Bagian lantai yang rata, tentu menjadi pembeda dengan para pesaingnya. Namun hal ini malah yang membuat skuter ini nampak lega sekaligus rileks, bisa menyelonjorkan kaki dan membawa barang. Keunggulan ini tentu membuatnya cocok untuk perjalanan jauh tanpa takut akan pegal.
QJMotor Fort 250 juga menawarkan suara yang halus dan getaran yang dirasakan begitu minim saat mesin ini menyala. Gasnya pun responsif lantaran saat diputar hanya sedikit, sudah melaju.
Motor matic bongsor ini memiliki panjang 2180 mm, lebar 805 mm, dan tinggi 2280 mm. Dimensi ini membuat jok menjadi tak terlalu tinggi dan cocok untuk tinggi normal orang Indonesia. Pengendara tak perlu dikhawatirkan kesulitan menapakan kaki ke jalan.
Manuver pun tetap terasa mudah lantaran skuter ini cukup nyaman dibawa nyalip menyalip pada kondisi macet. Tak hanya itu, skuter bongsor ini telah dilengkapi sistem keyless, jadi kamu hanya perlu mendekatkan remot lalu memutarkan kenop ke “on” yang dilanjutkan dengan menekan starter.
- QJMotor SRV 600 V
QJMotor SRV 600 V ideal bagi pengemudi yang menginginkan kebebasan saat berkendara. Desain modern dan raungan knalpot dari cruiser ini tentu membuatnya sangat menarik perhatian di jalan.
QJMotor SRV 600 V sebenarnya yang memiliki panjang 2280 mm, lebar 830 mm, wheelbase 1580 mm serta ground clearance 140 mm. Meski terbilang bognsor namun nyatanya saat berkendara lumayan ringan untuk bermanuver dan berbelok kanan atau kiri bahkan untuk memutar balik.
QJMotor SRV 600 V juga menawarkan pilihan mode berkendara yakni mode Standar yang digunakan untuk mode berkendara santai. Namun jika motor ini diajak bepergian jauh, touring misalnya, bisa juga menggunakan mode Power.
- QJMotor SRK 800 RR
QJMotor SRK 800 RR yang merupakan sportbike full fairing yang mudah dikendarai, responsif dan bertenaga. Aura motor balap sangat kental ketiga gas ditarik terdengar raungan suara mesin yang gahar.
Keunggulan yang ada pada motor ini bukan tanpa alasan karena mesin 4-silinder 16V, DOHC, 778 cc. Mesin tersebut mampu hasilkan tenaga mencapai 120 hp dengan torsi maksimum 74 Nm.
Fitur-fitur unggulan lain yakni suspensi Marzocchi, Dual Channel ABS dan TCS, serta rangka baja untuk berkendara yang nyaman dan stabil pada setiap kondisi jalan.
Menariknya lagi, QJMotor SRK 800 RR diklaim telah teruji di kejuaraan World Supersport (WorldSSP), hal ini membuktikan performanya di arena balap internasional. Meski motor full fairing ini nyatanya tetap nyaman saat dipakai di jalan raya. ##