JAKARTA — Platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) series tidaklah asing. Platform yang dikenal kuat dan tangguh ini menjadi arsitektur untuk Toyota Hilux, Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova sejak 20 tahun silam.
Platform IMV 1 untuk Toyota Hilux single cabin, IMV 2 untuk Toyota Hilux extra cabin, IMV 3 untuk Toyota Hilux double cabin, IMV 4 untuk Toyota Fortuner SUV (Sport Utility Vehicle), IMV 5 untuk Toyota Kijang Innova minivan.
Dan, terbaru, Platform IMV 0 digunakan oleh Toyota Hilux Rangga (Hilux Champ di Thailand), yang bentuknya dapat disesuaikan kebutuhan pemilik. IMV 0 tampil perdana dunia (world premiere) pada Desember 2022 di Thailand.
“Bentuknya dapat disesuaikan tanpa batas, tergantung pada kebutuhan pelanggan. Misalnya, dapat mengangkut banyak buah dan sayuran yang dipanen di ladang. Sesampainya di kota, dengan cepat berubah menjadi kios pertanian. Di alun-alun kota, dapat berubah menjadi kedai kopi atau truk makanan. Di malam hari, dapat menjadi bar atau bahkan stand DJ,” kata Koji Sato, President & CEO, Member of the Board of Directors (Representative Director) Toyota Motor Corporation (TMC), di Japan Mobility Show 2023.
Dia menambahkan, Platform IMV 0 bertujuan untuk menghadirkan masa depan mobilitas yang kita semua ciptakan bersama.
Melalui Toyota Hilux Rangga, diluncurkan pada 15 Oktober 2024 di Indonesia, Toyota menegaskan kembali ke asal mula menciptakan kendaraan pickup serbaguna yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan membuka peluang baru.
All-New Toyota Hilux Rangga hadir untuk memberikan solusi, sebuah kendaraan niaga yang tangguh dan terjangkau bagi negara-negara berkembang. Nama “Hilux” diisematkan untuk menegaskan nama besar Hilux yang telah menjadi solusi mobilitas usaha selama lebih dari 50 tahun dan menjangkau masyarakat di lebih dari 140 negara.
Model ini diposisikan sebagai pengganti Toyota Kijang pickup yang telah berkontribusi selama 30 tahun membangun ekonomi Indonesia. Nama “Rangga” berasal dari Bahasa Jawa yakni Ronggo yang berarti Pahlawan. Rangga juga adalah salah satu nama varian flagship di era Kijang Kapsul.
Hilux Rangga hadir dengan ruang kabin lebih lapang dan nyaman, sekaligus lebih aman berkat bonnet di depan. Tidak seperti kebanyakan kendaraan niaga, posisi duduk pengemudi tidak berada di atas sumbu roda, sehingga mobil lebih nyaman karena minim guncangan dan lebih senyap lantaran berkurangnya suara mesin, kemudi, dan suspensi.
Hilux Rangga hadir dengan dua pilihan mesin. Mesin bensin 1TR-FE 2.000cc menawarkan kenyamanan berkendara dengan pengoperasian yang lebih senyap. Sementara jantung pacu diesel 2GD-FTV 2.400cc bertenaga namun tetap hemat bahan bakar meski membawa muatan penuh.
Kedua pilihan mesin di atas, disandingkan dengan pilihan transmisi manual 5-speed yang memastikan ketangguhan di berbagai kondisi jalan, atau transmisi otomatis 6-speed untuk mobilitas perkotaan dan jarak jauh.
Desain kabin dan posisi duduk yang ergonomis memastikan kenyamanan pengemudi, sehingga bisa bekerja lebih produktif dan nyaman. Hasilnya, mereka dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien, aman, serta berkontribusi pada operasional bisnis lebih optimal.
Bagian dashboard didesain lebih modern dan fungsional, serta dilengkapi berbagai fitur yang kian mendukung aktivitas pengemudi. Posisi sistem kemudi rack and pinion seperti mobil penumpang, dipermudah oleh tilt steering dan power steering untuk mendukung kemudahan berkendara ketika putar arah dengan radius putar hanya 4,9 meter.
All-New Hilux Rangga memiliki panjang dek 2.305 mm dan lebar 1.700 mm, serta dek barang dibuat rata. Kendaraan niaga ini memiliki payload 1,2 ton, lebih dari cukup untuk mengangkut 56 galon air mineral. Pilihan 3 Way Deck juga semakin mendukung produktivitas untuk aktivitas bongkar-muat barang yang lebih cepat, ergonomis, dan tanpa kendala.
Pertama di kelasnya, all-new Toyota Hilux Rangga memiliki roof rack mounting point di atas kabin dengan payload 75 kg. Terdapat juga 8 hook pada tutup bak kiri dan kanan, serta 4 hook di pintu belakang, untuk mengikat barang bawaan. Fungsionalitas tinggi ini terbilang baru untuk ukuran mobil pikap.
Desain eksteriornya sendiri dibuat lebih powerful dan agresif, dengan tampilan luar ikonik bergaya retro modern. Tulisan TOYOTA pada grille dan bak belakang juga memberikan kesan lebih outstanding. Dengan tampil menonjol, kenadraan niaga ini merupakan cermin profesionalitas perusahaan dalam menjalankan bisnis.
Kendaraan ini juga dilengkapi fitur safety seperti, 3-points seatbelt, airbags, immobilizer, side body under run, cabin protector, bersama fitur ABS+EBD pada rem cakram 14 inch di depan dan rem tromol yang andal di belakang. Selain itu, adanya bonnet juga mampu meredam tabrakan frontal.
Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC) menjadi standar di tipe High Diesel A/T yang membantu pengemudi mengendalikan kendaraan di jalan sulit, ketika hujan, atau saat membawa muatan berat. Keamanan berkendara yang prima memberikan rasa tenang dan memastikan kelancaran operasional bisnis.
Setiap mobil niaga Toyota mengadopsi value Quality, Durability, and Reliability (QDR) yang tinggi. Menggunakan mesin, chassis, dan drivetrain (termasuk transmisi, propeller shaft, dan gardan) yang sama dengan Hilux, memastikan kemampuannya melaju di berbagai medan dengan daya tahan yang sudah terjamin.
Menurut Chief Engineer of the All New Hilux Rangga, Jurachart Jongusuk, kendaraan baru ini merupakan investasi jangka panjang bagi para pemiliknya.
“Berkat kualitas, daya tahan, dan keandalannya, All-New Hilux Rangga merupakan investasi jangka panjang yang memberikan nilai tambah. Mobil niaga ini tidak hanya mampu bertahan lebih lama, tetapi juga serbaguna dan membutuhkan biaya perawatan yang lebih rendah dibandingkan kendaraan lain. Sehingga membantu perusahaan menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi tanpa mengurangi utilitas dan usia pakai,” ujar Jurachart Jongusuk.
Harga Toyota Hilux Rangga dari Rp 188,7 juta (Cab-Chassis 2.0 Standard M/T) hingga Rp 304,5 juta (Pick Up 2.4 Diesel High A/T). ##