JAKARTA — Chery Omoda 5 GT menjadi salah satu varian menarik dari keluarga Omoda 5. Pertama karena terdapat pilihan AWD (all-wheel drive) selain FWD (front-wheel drive). Kedua, kubikasi mesinnya lebih besar dari Omoda 5 (Z dan RZ).
Ketiga dari sisi harga lebih murah dari model-model AWD dari brand lain seperti Subaru, yang sudah di atas 549 juta rupiah. Harga Omoda 5 GT AWD Rp 493,800.000,00. Untuk tipe GT 2WD Rp 453.800.000,00 on-the-road DKI Jakarta.
Mesin tipe GT FWD dan AWD 1.600cc turbo menghasilkan tenaga 197 HP dan torsi 290 Nm. Sedangkan jantung mekanis tipe Z dan RZ 1.500cc turbo hanya melepaskan tenaga 145 HP dan torsi 230 Nm.
Chery menanam transmisi DCT (Dual-clutch transmission) 7-speed dengan electronic shifter di tipe AWD. Tipe Z dan RZ dengan transmisi CVT 9-speed with electronic shifter.
Tipe Z dan RZ dilengkapi dengan 2 mode berkendara (Eco dan Sport). Sementara tipe GT FWD dengan 3 mode berkendara Eco, Sport, Normal.
Tipe GT AWD menampilkan 6 mode berkendara yang terdiri dari Snow, Normal, Eco, Off-Road, Mud, dan Sport. Dengan drive mode paling banyak, memudahkan pengemudi mengendarainya di berbagai lintasan.
Beberapa waktu lalu, kami sempat mengencani Omoda 5 GT AWD di Jakarta-Lembang-Bandung-Jakarta, selama lebih dari sepekan, saat musim mudik Lebaran 2024.
Menurut kami dapur pacu 1.600cc turbo lebih enak diajak lari sprint dan marathon. Tenaganya tidak mengecewakan ketika melahap satu demi satu tanjakan di Subang – Lembang. Sementara performa keekonomisan tidak boros, terbukti catatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) sewaktu kami menghadapi kemacetan di Lembang dan Bandung saat musim mudik Lebaran 2024, bisa mencapai 8,3 km/liter – 10 km/liter.
Secara handling, Omoda GT AWD diuntungkan dengan sistem gerak semua-roda, membuatnya lebih patuh diarahkan ketika menikung. Pilihan-pilihan mode berkendara sangat membantu, ketika lintasan licin karena hujan, misalnya, kita bisa memilih mode Snow.
Untuk mendapatkan tingkat efisiensi BBM tertinggi, kita bisa memilih mode Eco. Namun, Anda akan menjumpai mesin tidak segalak mode Normal atau Sport, performa AC akan menyesuaikan dan idle start-stop akan bekerja.
Dari sisi kenyamanan, suspensinya tergolong tidak terlalu kaku. Jok-joknya cukup empuk dan desainnya dapat menopang tubuh pengemudi dan penumpang. Ruang kaki depan dan belakang tidak sempit bagi kami berpostur rata-rata 165cm. Headroom belakang tidak menekan para penumpang. Selama mengendarainya berjam-jam, kami tidak merasa fatigue.
Meski demikian, kami beberapa kali mendapati layar-sentuh 20,5″ yang berada di tengah tidak berfungsi sebagai mana mestinya alias menggantung (hang).
Kesimpulan dari perjalanan kami, Omoda 5 GT AWD menyuguhkan apa yang dimaui oleh pengemudi dan penumpang. Model ini layak untuk dipertimbangkan. ##