JAKARTA — Setelah meluncurkan dan menjual secara resmi Omoda 5, Chery Automobile mengabarkan Omoda akan menjadi brand (merek) terpisah dengan Chery.
“Omoda akan menjadi brand tersendiri dengan konsentrasi di segmen crossover. Brand ini akan memiliki beberapa model. Sementara Chery akan fokus dengan Tiggo series dan Arrizo series (sedan),” ujar Shawn Xu, Presiden Direktur PT Chery Sales Indonesia (CSI) & Vice President Chery International, Senin lalu (8/5), di Jakarta.
Omoda 5 akan tersedia dalam pilihan listrik murni (battery electric vehicle) dan PHEV (plug-in hybrid electric vehicle), setelah versi mesin bensin yang dijual saat ini.
Omoda 9 akan diniagakan dalam versi mesin bensin dan PHEV. Omoda 7 pun sama dengan Omoda 9. Sedangkan Omoda 3 akan dijual dalam varian mesin bensin dan BEV.
Dalam waktu dekat Omoda 5 EV akan dijual di Indonesia. Sosok Omoda 5 EV telah diungkap di Auto Shanghai 2023, April lalu.
Selain itu, Shawn pun menginformasikan CSI akan membawa brand baru Jaecoo. Merek ini akan bermain di segmen tough SUV.
Jaecoo akan menampilkan 3 model yakni Jaecoo 5 (bensin dan BEV), Jaecoo 7 (bensin, PHEV, BEV), dan Jaecoo 9 (bensin & PHEV). Jaecoo 7 dikabarkan akan diniagakan di Indonesia.
Tidak selesai sampai di situ. Chery International akan memiliki brand Exeed dengan beberapa model ICE, PHEV dan BEV yang akan diluncurkan di China.
Selama bertahun-tahun, China telah menjadi raksasa otomotif dunia. Salah satu pemain China yang bersinar dan menjadi patokan adalah Chery dengan penjualan dunia 11,2 juta unit.
Chery telah mengekspor produk-produknya ke lebih dari 80 negara dan wilayah di seluruh dunia, sehingga menjadi eksportir pertama mobil penumpang China selama 20 tahun berturut-turut. Mengikuti inovasi teknologi, Chery saat ini memiliki 5 pusat R&D di seluruh dunia dengan tim penelitian dan pengembangan yang terdiri dari lebih dari 7.000 talenta teknis, termasuk dari perusahaan otomotif internasional terkenal global seperti GM, Ford, dan Jaguar Land Rover.
Selain itu, Chery sangat memperhatikan kualitas layanan, tidak hanya mendirikan 1500 outlet layanan di luar China, tetapi juga menjaga interaksi aktif dengan pengguna, sehingga tercipta rasa memiliki melalui co-creation dan berbagi dengan mereka. ##