JAKARTA — Trend pembelian mobil baru dan motor baru secara online atau aplikasi meningkat. Salah satunya adalah penjualan Suzuki melalui aplikasi MySuzuki pada 2022.
Pencapaian retail sales MySuzuki mengalami peningkatan 10% pada Oktober 2022 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Bahkan jika dibandingkan dengan Oktober 2021, retail sales MySuzuki berhasil naik sebesar 141%. Peningkatan tersebut didominasi oleh penjualan spare parts (onderdil) maupun Ecstar Oil pada kategori sepedamotor, kemudian disusul oleh mobil, dan outboard motor (OBM).
“Dari laporan yang dimiliki, peningkatan penjualan MySuzuki selama periode Januari hingga Oktober 2022 didominasi oleh kategori sepedamotor Suzuki yang berkontribusi sebesar 70%, kemudian disusul oleh mobil sebesar 29%, dan outboard motor sebesar 1%. Dari segi daerah cakupannya, Jawa Barat menduduki peringkat pertama dengan jumlah konsumen terbanyak yang menggunakan dan bertransaksi melalui MySuzuki kategori sepedamotor dan mobil Suzuki. Peningkatan ini menunjukan bahwa MySuzuki menjadi pilihan bagi pelanggan setia Suzuki di berbagai daerah karena memiliki beragam fitur yang memudahkan pengguna dan keamanan dalam bertransaksi,” terang Christiana Yuwantie, Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Fitur layanan yang lengkap dan aksesibilitas yang praktis, membuat pelanggan memilih dan menyukai MySuzuki untuk memenuhi kebutuhan kendaraan Suzuki miliknya. Ditambah lagi dengan kemudahan bagi pelanggan ketika akan melakukan pembayaran, bisa melalui ATM transfer, virtual account, kartu kredit, dan E-Wallet.
Agar dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas, aplikasi ini sudah terintegrasi dengan 56 dealer Suzuki di berbagai daerah, Dealer-dealer Suzuki tersebut menjadi titik pengambilan maupun pengantaran barang pesanan kepada pelanggan.
56 dealer tersebut terdiri dari 39 dealer mobil, 15 dealer sepeda motor, dan 2 dealer outboard motor yang tersebar di seluruh Indonesia dan siap melayani pemesanan spareparts, pelumas dan aksesori resmi Suzuki.
“Menghadirkan layanan yang tepat melalui MySuzuki merupakan salah satu wujud konsistensi Suzuki dalam berikan kemudahan untuk pelanggan. Kami akan terus berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan setia Suzuki, dimulai dari segi optimalisasi aplikasi MySuzuki hingga penambahan dealer yang terintegrasi di berbagai wilayah Indonesia,” tutup Christiana.
Sebagai informasi tambahan penjualan retail Suzuki di Indonesia dari Januari-Oktober 2022 mencapai 71.154 unit. Sementara periode yang sama pada tahun sebelumnya mencapai 70.623 unit. ##