Sabtu, September 27, 2025
Otobisnis.id
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others
No Result
View All Result
Otobisnis.id
No Result
View All Result

Review Aion UT, mobil listrik pertama keluarga

by Ainto Harry Budiawan
September 23, 2025
aion ut

Aion UT cocok untuk anak muda dan keluarga muda.

Share on FacebookShare on Twitter

Bandung – Dengan semakin banyaknya brand mobil listrik asal Cina, membuat para calon konsumen memiliki banyak pilihan. Terlebih untuk anak muda atau keluarga muda yang ingin kendaraan efisien, namun tetap nyaman dan punya harga kompetitif.

Aion UT sebagai pendatang baru layak untuk menjadi pertimbangan. Pasalnya dengan rentang harga Rp300 jutaan, mobil listrik hatchback ini punya ukuran yang bisa mengakomodir kebutuhan anak muda dan juga keluarga muda.

Secara spesifikasi Aion UT memiliki panjang bodi mencapai 4.270 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.575 mm. Sumbu rodanya 2.750 mm, serta memiliki ground clearance 160 mm, yang mana sudah pas untuk penggunaan sehari-hari.

Baca Juga :

Mau test ride banyak motor? Hanya di IMOS 2025

Konsumen untung besar, FIFASTRA potong cicilan motor hingga Rp12 jutaan di IMOS 2025

Melantai di Bursa Efek Hong Kong, Chery raup dana HK$9,145 miliar

Hal ini berimbas pada kelegaan interiornya, yang sanggup menampung lima orang penumpang dewasa. Kabin juga terasa lapang baik untuk penumpang baris depan dan juga baris belakang. Pengaturan jok depan seluruhnya sudah elektrik, dan baris kedua memiliki dua posisi kemiringan sandaran jok.

Untuk Anda yang memiliki anak kecil, sudah terdapat fitur ISOFIX untuk memasangan baby car seat di baris kedua. Dan terdapat fitur unik yang disebut dengan baby mirror. Apa nih fungsinya?

“Fitur ini sudah banyak dipakai di Cina, fungsi baby mirror ini untuk memantau anak yang duduk di baris kedua pakai car seat. Jadi kita bisa lebih mudah memantaunya,” terang Iqbal Taufiqurrahman, Product Planning and Strategy GAC Indonesia.

Posisi mengemudi mobil listrik ini pun termasuk ergonomis, berkat pengaturan yang fleksibel. Jok pengemudi bisa diatur naik-turun, maju-mundur dan sudut kemiringan sandaran secara elektrik. Namun untuk pengaturan setir hanya tilt saja, belum bisa teleskopik.

Jok yang berlapis kulit memberikan kesan mewah dan premium, apalagi jok baris depan ada ventilated seat. Kelegaan kabin semakin terasa leluasa berkat panoramic glass roff yang hadir untuk varian Premium.

aion ut
Interior Aion UT terasa lega.

Performa dan Handling Aion UT

Mobil listrik Aion UT dibekali dengan baterai LFP dengan teknologi Magazine Battery 3.0 yang bisa terisi daya dengan cepat, untuk 30%-80% hanya dalam waktu 24 menit saja. Tak perlu waktu lama untuk pengisian dayanya!

Varian Premium yang memiliki kapasitas baterai 60 kWh, mampu melajukan mobil ini hingga mencapai jarak 500 km (NEDC). Output tenaganya mencapai 150 kW (201 hp) dengan torsi mencapai 201 Nm yang sangat cukup untuk ukurannya.

Terdapat tiga mode berkendara yakni Comfort, Sport dan Eco yang memberikan respon berbeda pada pedal akselerator. Tentunya pada mode Eco, regenerative brake terasa kuat yang bisa menghemat dan bahkan mengisi daya baterai kala bertemu turunan panjang.

Akselerasi cepat dan sigap khas mobil listrik terasa sangat kuat pada mobil ini, meski sayangnya kami tak bisa menggapai top speed kala menjajalnya. Namun Aion UT ini bisa menggapai angka 130 km/jam dengan mudah.

Kelincahan bermanuver juga disokong berkat handling yang presisi. Roda kemudi terasa tajam dan responsif, juga memberikan efek lebih berat saat melaju kencang, namun ringan kala berjalan dikecepatan rendah.

Yang menjadi catatan adalah karakter suspensinya yang empuk demi mengejar kenyamanan. Namun kala melintasi jalan tol MBZ yang bumpy, suspensi belakang kerap terasa bottoming atau mentok yang membuat kurang nyaman penumpang baris kedua.

Struktur tubuh mobil ini menggunakan baja berkekuatan tinggi, yag membuatnya mengantongi rating 5 bintang C-NCAP. Fitur keselamatan lainnya dalam paket ADiGO (Aion Digital Intelligent Gateway and Operation), diantaranya kamera 360, sensor parkir, lane keeping assist hingga adaptive cruise control.

Dan untuk menempuh rute Jakarta-Bandung pulang pergi dengan kondisi baterai awal 97%, mobil masih bisa kembali ke Jakarta tanpa perlu mengisi daya, dan sisa jarak tempuh yang ditampilkan mencapai 140 km. Sangat efisien bukan?

Kesimpulannya, mobil listrik Aion UT ini cocok untuk digunakan oleh anak muda dan keluarga muda, berkat seabrek fitur dan teknologi yang disematkannya. Jarak tempuhnya yang jauh juga membuatnya sangat hemat dari sisi biaya pengisian daya baterai.

Aion UT varian Standard dibanderol Rp325 juta dan varian Premium Rp363 juta. Akan ada tambahan Rp3 juta untuk opsi warna dual tone. Nantinya konsumen akan mendapatkan unit yang sudah rakitan lokal, dan mulai didistribusi pada akhir Oktober mendatang.

Tags: AIONAION UTAION UT 2025GAC IndonesiaHarga AION UT Premium
Previous Post

Dua pembeda Aion UT versi Indonesia vs. China

Next Post

BlackAuto Battle Surabaya 2025 Dahsyat

Related Posts

Test Ride Motor IMOS 2025
Berita

Mau test ride banyak motor? Hanya di IMOS 2025

September 27, 2025
FIFASTRA
Berita

Konsumen untung besar, FIFASTRA potong cicilan motor hingga Rp12 jutaan di IMOS 2025

September 26, 2025
Chery Automobile
Berita

Melantai di Bursa Efek Hong Kong, Chery raup dana HK$9,145 miliar

September 26, 2025
Berita

Shad kenalkan top box TR41 dan TR46 di IMOS 2025

September 26, 2025
SKF
Berita

Bearing motor SKF direkomendasi oleh pembalap legendaris

September 26, 2025
Chery Tiggo 8 CSH
Berita

Chery ungkap hasil investigasi Tiggo 8 CSH yang mogok dan viral

September 25, 2025

TERBARU

Test Ride Motor IMOS 2025
Berita

Mau test ride banyak motor? Hanya di IMOS 2025

September 27, 2025
FIFASTRA
Berita

Konsumen untung besar, FIFASTRA potong cicilan motor hingga Rp12 jutaan di IMOS 2025

September 26, 2025
Chery Automobile
Berita

Melantai di Bursa Efek Hong Kong, Chery raup dana HK$9,145 miliar

September 26, 2025
Berita

Shad kenalkan top box TR41 dan TR46 di IMOS 2025

September 26, 2025
SKF
Berita

Bearing motor SKF direkomendasi oleh pembalap legendaris

September 26, 2025
Chery Tiggo 8 CSH
Berita

Chery ungkap hasil investigasi Tiggo 8 CSH yang mogok dan viral

September 25, 2025
ads ads ads
ADVERTISEMENT

Test Drive

aion ut
Berita

Review Aion UT, mobil listrik pertama keluarga

September 23, 2025
BYD ATTO 1
Berita

Test Drive BYD ATTO 1 dengan rute Joglosemar

Agustus 15, 2025
Mitsubishi Destinator
Berita

Mencoba Mitsubishi Destinator di GIIAS 2025

Juli 30, 2025
Suzuki Fronx 2025
Berita

Review Suzuki Fronx Hybrid

Juli 1, 2025
Otobisnis.id
  • Term Of Service
  • Disclaimer
  • Cookie Policy (EU)
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Contact Us

© 2021 otobisnis.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Manage Cookie Consent
To provide the best experiences, we use technologies like cookies to store and/or access device information. Consenting to these technologies will allow us to process data such as browsing behavior or unique IDs on this site. Not consenting or withdrawing consent, may adversely affect certain features and functions.
Functional Always active
The technical storage or access is strictly necessary for the legitimate purpose of enabling the use of a specific service explicitly requested by the subscriber or user, or for the sole purpose of carrying out the transmission of a communication over an electronic communications network.
Preferences
The technical storage or access is necessary for the legitimate purpose of storing preferences that are not requested by the subscriber or user.
Statistics
The technical storage or access that is used exclusively for statistical purposes. The technical storage or access that is used exclusively for anonymous statistical purposes. Without a subpoena, voluntary compliance on the part of your Internet Service Provider, or additional records from a third party, information stored or retrieved for this purpose alone cannot usually be used to identify you.
Marketing
The technical storage or access is required to create user profiles to send advertising, or to track the user on a website or across several websites for similar marketing purposes.
Manage options Manage services Manage {vendor_count} vendors Read more about these purposes
View preferences
{title} {title} {title}
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Mobil
  • Motor
  • Bisnis
  • Komunitas
  • Review
  • Others

© 2021 otobisnis.id

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.