LEVERKUSEN — Setelah meluncurkan Mazda CX-60, kini, Mazda Motor Europe (MME) akan meniagakan Mazda CX-80 mulai musim gugur 2024. Flagship 7-seat Mazda ini membawa teknologi PHEV (plug-in hybrid electric vehicle).
Luas, serbaguna, dan nyaman dikendarai, all-new Mazda CX-80 memadukan desain progresif yang berlandaskan estetika Jepang dengan teknologi dan fitur unggul, termasuk performa berkendara khas setiap mobil Mazda.
Dalam evolusi terbaru pendekatan desain unik Kodo Mazda, para desainer berfokus pada keanggunan dan kemurnian estetika minimalis Jepang, menghilangkan semua elementidak perlu.
Dengan panjang hampir lima meter dan jarak sumbu roda lebih dari tiga meter, all-new Mazda CX-80 lebih panjang, lebih tinggi, dan memiliki wheelbase jauh lebih panjang dibandingkan Mazda CX-60. Bersama dengan kursi baris ketiga yang dapat dilipat dua kali lipat, Mazda CX-80 akan tersedia dengan pilihan konfigurasi tiga baris, termasuk pilihan dua kursi kapten terpisah yang dipadukan dengan konsol tengah atau walk through ke baris ketiga.
Mazda CX-80 tersedia dengan dua pilihan powertrain saat peluncuran: e-Skyactiv PHEV, menggabungkan mesin bensin 4-silinder dan motor listrik dan unit diesel 6-silinder segaris e-Skyactiv D yang sangat efisien dan dilengkapi sistem hybrid ringan M Hybrid Boost 48V.
e-Skyactiv PHEV memiliki total tenaga sistem sebesar 327 PS/241 kW dan torsi 500 Nm. Akselerasinya dari 0-100 km/jam dalam 6,8 detik, memiliki kecepatan tertinggi 195 km/jam, dan menawarkan berkendara serba listrik sejauh 60 km. Menawarkan kredensial lingkungan yang luar biasa, kendaraan ini menghasilkan konsumsi bahan bakar rata-rata WLTP sebesar 1,6 l/100 km dan emisi CO2 hanya 36 g/km.
Untuk varian mesin e-Skyactiv D menghasilkan tenaga 254 PS, berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 8,4 detik dan hingga kecepatan maksimum 219 km/jam. Konsumsi bahan bakar rata-rata WLTP 5,7-5,8 l/100 km dan emisi CO2 148-151 g/km.
Kedua pembangkit tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis 8-speed dan sistem i-Activ All-Wheel Drive. Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive) juga menawarkan empat pilihan mode berkendara (plus mode EV untuk PHEV) seperti yang sudah diperkenalkan pada Mazda CX-60.
Platform Mazda CX-80 dilengkapi suspensi depan double wishbone dan suspensi belakang multi-link untuk memastikan kenyamanan berkendara tingkat tinggi, postur stabil, dan pengendalian tubuh yang mulus. Sistem penggerak semua-roda permanennya yang bias ke belakang menggabungkan stabilitas dan traksi AWD dengan karakteristik menikung netral dari pengaturan penggerak roda-belakang. Mobil ini juga memiliki kapasitas derek yang mengesankan yaitu 2.500 kg.
Rangkaian lengkap sistem bantuan pengemudi i-Activsense canggih pada Mazda CX-80 menargetkan peringkat keselamatan bintang 5 Euro NCAP. Fitur-fitur keselamatan baru yang memulai debutnya di SUV 7-seater ini meliputi Cruising & Traffic Support (CTS) dengan Unresponsive Driver Support baru, Smart Brake Support (SBS) dengan mitigasi tabrakan Head-on baru, dan Emergency Lane Keeping (ELK) dengan bantuan penghindaran lalu lintas Head-on. ##